Friday, September 17, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Siapa bilang bahwa aplikasi Facebook banyak dijadikan sebagai platform chatting atau berbagi informasi saja? Ternyata kegunaan dari Facebook tidak hanya itu saja, melainkan Facebook menjadi media sosial yang mempunyai banyak fitur.


Dengan adanya fitur tersebut, maka dapat dijadikan sebagai kanal marketing agar bisa melancarkan bisnis online. Terlebih lagi di negara Indonesia ini Facebook menjadi aplikasi paling penting untuk mengiklankan sebuah produk.

Apa Itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel merupakan kode yang terpasang di situs website Anda. Melalui kode inilah maka dapat melacak konversi Facebook Ads, membangun audience yang tepat, dan optimasi iklan digital sesuai yang dilakukan.

mengenal cara kerja fb pixel dan penggunannya
mengenal cara kerja fb pixel dan penggunannya

Tidak sampai di situ saja, Anda juga dapat menetapkan target ulang bagi orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan situs Anda. Sementara kode yang digunakan oleh Facebook Pixel ini yaitu cookie. Kode inilah yang bisa melacak pengunjung situs. Dengan begitu, maka pengiklan dapat lebih sesuai.


Kode pixel itu sendiri bisa digunakan untuk melakukan pelacakan dari perilaku pengguna pada saat kembali mengunjungi situs. Ternyata Facebook Pixel Ini bisa melacak page view, pembelian, penambahan barang ke keranjang, waktu yang dihabiskan oleh pelanggan selama berada di situs web.

Bisa juga untuk Scroll Deb dan masih banyak lagi. Dengan adanya Facebook Pixel ini, maka pemasangan iklan secara online dapat dikatakan lebih relevan dan efektif. Dengan begitu, iklan produk yang ditampilkan tepat pada sasaran berdasarkan orang yang mencarinya.

Manfaat Facebook Pixel

Seperti penjelasan di atas bahwa Facebook Pixel ini memberikan banyak manfaat bagi dunia marketing. Facebook Pixel menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan conversion rate pada iklan di Facebook. Dengan begitu, maka bisa memperoleh ROI atau Return of Investment yang lebih baik lagi.


Untuk informasi lebih lengkapnya berikut ini manfaat dari penggunaan Facebook Pixel:

1. Melakukan Pelacakan Konversi

Poin pertama yang bisa diperoleh dari Facebook Pixel yaitu cara melihat bagaimana orang berinteraksi pada situs Anda setelah melihat iklan yang ditampilkan di Facebook. Facebook Pixel bisa melacak pada saat pelanggan menggunakan perangkat yang berbeda.


Dengan cara inilah maka Anda dapat mengetahui apakah mereka seringkali menggunakan smartphone atau komputer pada saat melakukan pembelian. Tentu saja informasi ini sangat berguna untuk melakukan perancangan strategi yang tepat di dunia marketing.

2. Optimasi Iklan Facebook

Optimasi iklan pada Facebook bisa dilakukan melalui Facebook Pixel. Tujuannya supaya bisa sesuai dengan tujuan bisnis yang tepat.

3. Retargeting

Retargeting Facebook data yang ada di fitur Facebook ini bisa membuat Anda lebih mudah menampilkan iklan secara khusus, yang ditujukan kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs Anda pada saat pengunjung menunjukkan ketertarikan di suatu produk.


Facebook Pixel inilah yang akan menampilkan iklan di situs lain. Dengan begitu, maka membuat pengunjung tersebut kembali berpikir untuk melakukan pembelian melalui situs Anda tersebut.

4. Optimasi Iklan Facebook

Sebenarnya optimasi iklan Facebook bisa dilakukan melalui Facebook Pixel supaya bisa sesuai dengan tujuan bisnis. Tidak sampai di situ saja, Facebook Pixel juga bisa mengumpulkan data pembelian pelanggan, termasuk jumlah uang yang mereka keluarkan.

Cara Menggunakan Facebook Pixel

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan supaya Anda tidak merasa bingung pada saat harus mengembangkan bisnis melalui iklan yang tepat pada sasaran. Untuk membuat dan cara menggunakannya silahkan simak ulasan berikut:

1. Membuat Pixel

Pada tahap pertama Anda harus membuat pixel terlebih dahulu dengan cara:


  1. Langkah yang perlu dilakukan di awal adalah membuka Facebook event Manager.
  2. Setelah itu, klik menu hamburger atau garis tiga yang ada di pojok atas kiri.
  3. Apabila sudah menemukannya, pastikan pilih pixel.
  4. Klik icon tersebut dan secara otomatis muncul pop-up Windows yang akan menampilkan keuntungan jika menggunakan Facebook Pixel.
  5. Selanjutnya klik tombol hijau dengan tulisan buat pixel.
    cara buat pixel baru di facebook bisnis
    cara buat pixel baru di facebook bisnis
  6. Jika tombol tersebut sudah Anda klik, maka langkah berikutnya yaitu memasukkan data agar bisa memulai membuat Facebook Pixel.
  7. Facebook secara otomatis meminta Anda untuk menginput nama pixel maupun url situs.
  8. Isilah kolom sesuai keinginan dan klik tombol buat pada pojok bawah kanan berwarna biru.
  9. Untuk nama pixel dimasukkan dan harus merepresentasikan bisnis.
  10. Apabila sudah membuat 1 pixel untuk satu iklan maka Anda bisa mengaturnya dengan Facebook bisnis Manager.

2. Menambahkan Kode Pixel

Menambahkan kode pixel bisa dilakukan melalui situs agar bisa bekerja mengumpulkan informasi. Hal ini sangat penting untuk melakukan penginstalan dari beberapa kode yang ada di halaman situs website. Namun, hal ini tergantung dari platform situs yang sedang digunakan. Secara umum, kamu hanya perlu memasukkan barus kode Facebook pixel diantara tag <head> dan </head> pada kode html sebuah laman situs. 

contoh penyematan kode fb pixel di head
contoh penyematan kode fb pixel di head

Di platform WordPress, kamu dapat memasukkan kode diatas menggunakan plugin Insert Headers and Footers by WPBeginner, Ad Inserter, Woody Snippet, dan yang semacamnya. Facebook Pixel itu sendiri memberikan tiga penawaran yaitu tag Manager atau integration, instalasi kode manual maupun email instruksi agar instruksi instalasi dikirimkan ke pihak developer.

3. Melacak Event

Event merupakan elemen yang perlu dilacak saat menggunakan Facebook Pixel. Ada 17 event skala standar yang dapat dipilih. Misalnya registrasi lead, pembelian, penambahan informasi, pembayaran, penambahan barang ke whitelist, menambahkan barang ke keranjang.


Selain itu, juga pencarian, check-out, mengontak bisnis, melihat konten, kustomisasi produk, mencari lokasi, donasi, mencoba trial, membuat jadwal, berlangganan, dan melakukan aplikasinya.


Walaupun Anda sudah memastikan bahwa tes traffic sudah terlacak oleh Facebook Pixel, namun Anda harus melakukan pengecekan juga, apakah pixel tersebut telah melacak data dari pengguna secara baik dan benar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan penginstalan Facebook Pixel helper. Sekian tutorial cara kerja Facebook Pixel, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post