Friday, August 27, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Smartphone dengan merek yang sama biasanya memiliki jenis nada dering yang sama. Hal ini sebenarnya cukup membingungkan karena Anda mungkin saja bisa terkecoh dengan nada dering orang lain. 

sound of text wa suara natural dan robot
sound of text wa suara natural dan robot

Supaya tidak bingung lagi, Anda dapat membuat nada dering sendiri dengan suara unik. Misalnya menggunakan kalimat tertentu. Nah, untuk membuat nada dering semacam ini, Anda membutuhkan tools text to speech atau sound of text yang dapat mengubah teks menjadi suara.

Mengenal Situs Soundoftext.com 

Salah satu situs yang sudah terkenal dengan fitur text to speechnya adalah Sound of Text. Situs ini dapat dikunjungi melalui alamat soundoftext.com. Layanan yang ditawarkan oleh Sound of Text adalah mengubah teks menjadi suara dalam beberapa bahasa.


Sound of Text dibuat oleh seorang pengembang bernama Nick Pierson. Dirinya menggunakan Text to Speech (TTS) engine milik Google dalam membangun situs Sound of Text. Oleh karena itu, dukungan bahasa dan suara yang dihasilkan pun sama seperti TTS Google.


Perbedaannya adalah Sound of Text dapat menghasilkan audio dalam bentuk MP3. Pengguna dapat mendownload dan menyimpan file audio tersebut untuk digunakan sesuai kebutuhannya.


Awalnya, Nick Pierson mengembangkan situs tersebut untuk dirinya sendiri. Namun akhirnya Pierson memutuskan untuk mempublikasikan Sound of Text hingga sekarang dapat digunakan oleh ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.


Jika ingin terhubung dengan pengembang Sound of Text, Nick Pierson, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini:


  • Alamat email: contact@soundoftext.com
  • Patreon: https://patreon.com/nickpierson
  • Twitter: https://twitter.com/SoundOfTextApp
tentang situs soundoftext com
tentang situs soundoftext com
Pengguna Sound of Text dapat menikmati layanan di dalam situs tersebut secara gratis. Meski begitu, Nick Pierson juga membuka donasi untuk siapa pun yang ingin memberikan apresiasi kepada situs TTS tersebut.

Sound of Text Suara Google

Selain Sound of Text, sebenarnya di internet masih ada beberapa situs lain yang memiliki fitur serupa. Di bawah terdapat 3 contoh situs yang dimaksud antara lain Voice of Text, Voicemaker, dan Botika TTS. 


Secara umum, semua situs ini memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu menghasilkan audio dari sebuah teks. Namun ada beberapa hal yang membedakannya, yaitu pilihan efek suara. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya.

Voiceoftext.com 

Voice of Text merupakan salah satu situs yang menawarkan layanan Text to Speech. Sama seperti Sound of Text yang sempat dibahas sebelumnya, situs ini juga menggunakan Text to Speech engine kepunyaan Google.

suara google 63 bahasa
suara google 63 bahasa

Keunggulan dari Voice of Text adalah dukungan multiple languages. Contoh dari multiple language yang dimaksud yaitu bahasa Jawa dan Sunda. 


Dengan memilih bahasa tersebut, Anda akan mendapatkan audio dengan pengucapan dan logat yang cukup khas dari kedua bahasa daerah tersebut. Logat dan pengucapan yang dihasilkan dari kedua pilihan bahasa tersebut sama sekali berbeda dengan bahasa Indonesia.


Tool ini dapat Anda manfaatkan jika ingin membuat nada dering WA atau voice over menggunakan bahasa daerah. Jika ingin menggunakan Voice of Text, Anda dapat mengaksesnya melalui link berikut ini.



Audio yang dihasilkan oleh Voice of Text dapat didengarkan terlebih dahulu dan didownload jika Anda membutuhkannya.

Voicemaker.In 

Bosan dengan suara dari text to speech yang begitu-begitu saja? Sekarang sudah ada situs bernama Voicemker. Jika dibandingkan dengan situs lain, Voicemaker bisa dibilang sudah melangkah jauh di depan.


Voicemaker tak cuma situs yang bisa mengubah teks menjadi audio dalam berbagai bahasa dan bisa didownload oleh pengguna. Di samping dukungan bahasa yang lengkap, Voicemaker juga menyediakan opsi jenis suara. Ada suara wanita, pria, bahkan anak-anak dan bayi.


Banyaknya pilihan suara ini membuat banyak pengguna menyukai Voicemaker. Suara yang dihasilkan juga tidak terdengar membosankan karena pengguna dapat memilih penutur yang berlainan. Situs ini memiliki beberapa nama berbeda untuk laki-laki dan perempuan dengan jenis suara berbeda pula.


Tak berhenti sampai di situ, rupanya Voicemaker ini lebih kompleks daripada yang Anda bayangkan. Pengguna diberi beberapa opsi sebagai beriku untuk mengatur audio yang dihasilkan.

fitur-fitur variasi sound of text keren di voicemaker
fitur-fitur variasi sound of text keren di voicemaker

  • Voice effect: breathing, soft, wispered
  • Pauses: 0,5s, 1s, 2s, 3s, 4s, dst
  • Emphasis: strong, moderate, reduced
  • Speed: x-slow, slow, medium, fast, x-fast
  • Pitch: x-low, low, medium, default, high, x-high
  • Volume: x-soft, soft, medium, loud, x-loud

 Berbeda dengan situs-situs sebelumnya, Voicemaker membatasi fiturnya untuk layanan gratis. Tapi Anda akan mendapatkan seluruh fiturnya dengan layanan premium yang berbayar. Hal ini dirasa sangat wajar mengingat fitur yang disediakan juga sangat lengkap.

Botika TTS 

Tahukah Anda bahwa ada pengembang asal Indonesia yang memiliki situs Text to Speech? Nama situsnya adalah Botika Text to Speech atau bisa disebut dengan Botika TTS. Jika ingin menggunakannya, Anda dapat mengakses melalui link https://botika.online/TextToSpeech/.

pilihan suara wanita natural di botika tts
pilihan suara wanita natural di botika tts

Situs TTS satu ini mempunyai keunikan tersendiri yang terletak pada pilihan jenis suara. Ada dua jenis suara yang dapat dipilih pengguna, yaitu mature proffesional dan youngster fast. Uniknya, kedua suara tersebut adalah suara wanita yang enak didengar.


Jenis suara pertama adalah mature proffesional yang ditujukan untuk kebutuhan resmi. Contohnya memberikan pengumuman nomor antrean di bank atau memberikan pengumuman. Sedangkan jenis suara youngster fast adalah suara wanita muda dengan pengucapan lebih cepat.

Sound of Text Robot Voice

Teknologi Sound of Text atau Text to Speech selalu mengalami perkembangan yang pesat setiap harinya. Saat ini, Anda tak hanya dapat menghasilkan suara manusia menggunakan tools TTS. Ada dua situs bernama Vo.codes dan Uberduck.ai yang dapat menghasilkan suara robot.


Jenis suara ini sangat unik dan menarik untuk dipakai sebagai nada dering Whatsapp. Penasaran seperti apa fitur yang disediakan oleh dua situs tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Vo.codes 

Salah satu pelopor Text to Speech menggunakan suara karakter terkenal adalah Vo.codes. Situs ini menyediakan puluhan karakter yang dapat dipilih penggunanya. Suara yang dihasilkan pun sangat mirip dengan suara karakter tersebut.

buat suara google tokoh anime spongebob
buat suara google tokoh anime spongebob

Di situs tersebut, Anda dapat memilih suara Spongebob Squarepants, karakter kuning dalam serial kartun yang berjudul sama dengan namanya. Anda dapat menuliskan berbagai kalimat dan mengubahnya menjadi suara Spongebob yang ceria.


Tampilan Vo.codes sangat sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna. Di landing page atau halaman awalnya, Anda akan langsung bisa memilih nama karakter yang akan dipakai. Selanjutnya, ketik teks yang akan diubah menjadi suara. Klik Speak untuk memproses dan mendengarkan suaranya.


Jika ingin mendownload suara yang sudah Anda buat sebelumnya, klik menu Result yang ada di bagian atas halaman utama tersebut. Selanjutnya, klik tombol Download.


File audio yang dihasilkan dari Vo.codes adalah WAV, bukan MP3 seperti kebanyakan situs sejenis. Meski begitu, audio tersebut masih dapat Anda pakai untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk membuat ringtone di smartphone.

  • Uberduck.ai 

Satu lagi situs yang menyediakan suara dari berbagai karakter adalah Uberduck.ai. Jika dibandingkan head to head dengan Vo.codes, Uberduck ini memiliki keunggulan pada pilihan suara karakter yang jumlahnya jauh lebih banyak.

buat suara google bayi di uberduck
buat suara google bayi di uberduck

Uberduck.ai punya persediaan suara dari berbagai serial dan film kartun seperti Dora the Explorer, Yugi Oh, Winnie the Pooh, Madagascar, dan masih banyak lagi. Di samping itu, Uberduck juga punya suara dari Youtuber yang terkenal di dunia, contohnya Angry Video Game Nerd, Daily Dose of Internet, dll.


Sayangnya, Uberduck.ai masih belum memiliki suara dari serial dan film kartun Jepang, Doraemon. Tapi Anda bisa memilih suara tokoh atau karakter lain yang mirip dengan Doraemon jika ingin membuat suara robot kucing berwarna biru tersebut.


Meski memiliki persediaan jenis suara yang cukup lengkap, sebagian pengguna merasa kurang nyaman menggunakan situs ini. Pasalnya, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan login untuk menggunakan fitur text to speech. Berbeda dengan situs lain yang tak memerlukan hal ini.

Tutorial Pasang Nada Dering Sound of Text WA di Android

Anda sudah dapat membuat nada dering yang unik menggunakan beberapa situs yang telah dijelaskan di atas. Pertanyaannya sekarang adalah sudahkah Anda bisa menambah dan mengubah ringtone pada Whatsapp? 


Jika belum caranya, jangan khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan dengan sangat lengkap. Perhatikan secara detail sebelum Anda mengikutinya.


  1. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah file audio yang sudah Anda download dari salah satu situs di atas. Pastikan Anda sudah mengetahui letak file tersebut.
  2. Sekarang buka menu Settings yang ada di smartphone Android Anda.
  3. Pilih menu Sound.
  4. Selanjutnya klik pada menu Default notification sound.
  5. Scroll ke bawah dan klik pada opsi Add ringtone.
  6. Anda akan diarahkan ke penyimpanan. Buka folder tempat Anda menyimpan file audio tadi dan pilih filenya.
  7. Jika sudah selesai memilih file, sekarang buka Whatsapp.
  8. Buka menu Settings dan pilih Notifications.
    ubah nada dering default di wa
    ubah nada dering default di wa
  9. Klik Notifications tone atau Ringtone yang ingin diganti.
  10. Pilih nama ringtone yang baru ditambahkan tadi dan klik OK.

Tutorial Pasang Nada Dering Sound of Text WA di iPhone

Pengguna iPhone juga dapat mengganti ringtone Whatsappnya dengan mengikuti tutorial di bawah ini:


  1. Siapkan PC. Di sini Anda dapat menggunakan PC Windows.
  2. Install aplikasi iTunes pada PC tersebut dan buka aplikasinya setelah selesai install.
  3. Klik menu di kiri atas kemudian pilih Add Files to Library. Pilih file yang akan dipakai.
    menu add file to library di itunes
    menu add file to library di itunes
  4. Setelah file masuk di iTunes, klik kanan dan pilih Create AAC Version.
  5. Klik kanan lagi pada file tersebut dan pilih Show in Windows Explorer.
  6. Ubah ekstensi file tersebut dan ganti menjadi m4r.
  7. Kembali ke iTunes, kali ini pilih kategori Tones. Jika muncul file yang tadi, artinya Anda berhasil.
  8. Hubungkan iPhone ke PC menggunakan kabel USB.
  9. Drag file ke iPhone dan lakukan sinkronisasi.

Sekarang cek iPhone, apakah audio tadi sudah benar-benar menjadi ringtone di perangkat tersebut. Jika sudah ada, lanjutkan dengan cara ini.


  1. Buka menu Settings.
  2. Pilih Sound.
  3. Klik Ringtone.
  4. Pilih audio yang tadi sudah ditambahkan.

Dengan mengubah ringtone di menu tersebut, nada dering Whatsapp di iPhone juga akan terganti secara otomatis. Sekarang tak perlu terkecoh lagi dengan nada dering di smartphone orang lain karena Anda memiliki nada dering yang berbeda dan unik dengan mengikuti tutorial sound of text whatsapp diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post