Thursday, June 24, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

iPad OS 15 membawa banyak sekali fitur-fitur baru. Seperti fitur audio spasial, shareplay, notifikasi focus, live text, app privacy report, dan masih banyak lagi. Untuk tampilan layar, mereka memperkenalkan tampilan layar beranda baru dengan widget yang sudah terintegrasi, app library, catatan cepat, panggilan FaceTime, pengalaman Safari yang didesain ulang dan masih banyak lagi.


Agar lebih mengenal iPad OS 15, simak beberapa informasi lebih detailnya di bawah ini:

Mengenal Fitur-Fitur Terbaru iPad OS 15

Fitur-fitur ada pada iPad OS 15 sebenarnya adalah fitur iPad OS 14 yang direbranding atau juga bisa disebut sebagai peningkatan dari versi terdahulu. Berikut ini adalah beberapa fitur iPad OS 15 yang perubahannya paling disorot:


Fitur Menu Multitasking

Berada di bagian atas aplikasi, pengguna bisa spilt view atau slide over untuk melakukan akses cepat ke layar utama, selain itu Anda bisa membuka beberapa jendela, dan keutamaan dari fitur ini Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi sekaligus.

fitur multitasking iPad OS 15
fitur multitasking iPad OS 15

Fitur Catatan Cepat

Anda bisa membuat catatan di mana saja, kapan saja dengan akses yang sangat mudah dan cepat di seluruh sistem.


Fitur Focus

Focus adalah filter yang dapat menyaring notifikasi berdasarkan apa yang ingin difokuskan pengguna. Misalnya Anda ingin memfokuskan notifikasi alarm jam kerja, memblokir notifikasi untuk bersantai dan sebagainya. Anda juga bisa membuat Focus khusus untuk notifikasi tertentu.


Fitur Live Text

Ia bisa mengenali teks dalam foto yang dapat disorot, dicari, atau disalin oleh pengguna. Yang awalnya hanya bisa salin teks dari catatan, kini kita bisa menyalin teks dari foto.


Fitur Audio Spasial

Fitur ini membantu pengguna yang melakukan video call, memperoleh hasil audio sesuai dengan keadaan pengguna yang melakukan video call tersebut. Hanya saja suara kebisingan atau latar belakang yang mengganggu akan diisolasi sehingga suara yang terdengar sangat jelas dan jernih.


Fitur SharePlay

Pengguna bisa berbagi media bersama saat melakukan video call. Pengguna juga bisa berbagi tautan yang juga dapat dibuka untuk perangkat Android dan Windows.


Fitur yang Ada di Safari

Ada beberapa perubahan, khususnya pada tampilan Safari. Seperti munculnya desain tab bilah baru, bilah alat, pencarian, dan grup tab yang memudahkan dalam pencarian.


Fitur Terjemahan

Perangkat akan menerjemahkan otomatis ucapan orang, terjemahan tulisan teks dan tulisan tangan. Semua bisa langsung diterjemahkan dalam satu kali deteksi.

Kumpulan Seri iPad yang Bisa Menginstall iPad OS 15

Jika Anda adalah para pengguna iPad seri ini, bisa dipastikan Anda dapat melakukan upgrade pada perangkat Anda. Berikut adalah beberapa daftar serinya:


  • iPad Pro 2015
  • iPad Pro 2017
  • iPad Pro 2018
  • iPad Pro 2020
  • iPad Pro 2021
  • iPad Air 2
  • iPad Air 3
  • iPad Air 4
  • iPad 2017
  • iPad 2018
  • iPad 2019
  • iPad 2020
  • iPad Mini 2015
  • iPad Mini 2019
Tampilan iPadOS 15
Tampilan iPadOS 15
Jika seri iPad yang Anda gunakan ada di antara daftar di atas, segera lakukan instalasi dan manfaatkan OS terbaru yang makin canggih dari iPad OS 15 ini.

Lalu bagaimana cara instalasinya?

Cara Instal iPad OS 15

Anda cukup membuka pengaturan, pergi ke opsi 'Umum' lalu masuk ke menu Pembaruan Perangkat Lunak. Lihat apakah di sana ada pembaruan atau tidak. Jika sudah tersedia, maka Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya sesuai instruksi yang sudah diberikan oleh mereka.


Tapi jika Anda ingin menginstal iPad OS 15 sebelum itu, maka Anda bisa mengunduh versi beta (perangkat lunak pra-rilis). Kemungkinan bakal ada bug atau error karena ini hanya versi beta alias belum sepenuhnya selesai. Jadi sebaiknya instal yang sudah jadi saja.

Next article Next Post
Previous article Previous Post