Thursday, June 10, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Belakangan, cukup banyak netizen Indonesia yang menggunakan text to speech engine untuk merubah teks ke dalam bentuk suara. Sebagai salah satu suku mayoritas di Indonesia, bahasa Jawa spontan menjadi pilihan favorit untuk dihasilkan menggunakan robot speech engine.

sound of text bahasa jawa
sound of text bahasa jawa

Lewat tulisan ini, Fedora akan memberikan tips buat kamu yang ingin membuat suara Google atau sound of text dalam bahasa Jawa dengan cara berbeda. Jika sebelumnya kamu mengetahui bahwa cara membuat suara Google Jawa adalah dengan Google Translate, hasil yhang kamu dapat mungkin belum terlalu memuaskan. Ditambah, Google Translate hanya mendukung suara dengan gender wanita.

Cara Membuat Sound of Text Jawa

Ingin tahu bagaimana cara membuat sound text Jawa dengan gender pria dengan pengucapan yang lebih natural? Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:


  1. Siapkan tulisan bahasa Jawa yang ingin diubah ke dalam bentuk suara. Jika belum memilikinya, kamu bisa menerjemahkan dulu kata-kata dalam bahasa Indonesia menggunakan Javanese Translator dari Google berikut.
  2. Buka halaman Voice Maker dan copy-paste teks bahasa Jawa tadi pada kolom Text yang tersedia.
  3. Pada pilihan AI Engine, biarkan centang pada pilihan default yaitu Standard TTS
  4. Untuk opsi Language and Regions, pilih Indonesian yang paling mendekati pengucapan bahasa Jawa
  5. Selanjutnya, perhatikan kolom Voices untuk menentukan persona suara, pilih opsi Henry, Male yang dapat menghasilkan logat paling mirip dengan aksen orang Jawa
  6. Perhatikan kolom pengaturan Voice Settings di bagian kanan bawah aplikasi dan atur Voice Pitch di angka -25% (minus dua puluh lima persen) agar karakter suara yang dihasilkan agak berat seperti aksen medhok Jawa pada umumnya.
    cara pengaturan sound of text logat jawa
    cara pengaturan sound of text logat jawa
  7. Jika semua pengaturan sudah sesuai petunjuk diatas, klik tombol Convert to Speech untuk mengubah teks kamu menjadi suara Google bahasa Jawa.
  8. Dengarkan suara sound of text bahasa Jawa yang dihasilkan dan tekan tombol Download MP3 untuk mengunduh file audio tersebut.

Jika sudah selesai, selamat mendengarkan suara hasil konversi dari tulisan yang tadi telah kamu masukkan. Lebih mirip dengan pengucapan orang jawa asli dibandingkan dengan text-to-speech Jawa versi Google Translate bukan?

Kalau kamu masih belum puas dengan hasilnya, kamu juga dapat bereksperimen dengan pengaturan lain seperti mengubah kecepatan bicara ataupun persona voice hingga mendapatkan kombinasi yang paling cocok dengan pengucapan orang Jawa. 

Apapun itu, dengan tools Voice Maker yang kami rekomendasikan diatas, kamu dapat lebih bebas untuk membuat nada dering WhatsApp seperti menggunakan suara robot Pria dalam bahasa Jawa. Sangat unik bukan membuat nada dering sendiri dengan bahasa daerah dan kalimat yanng kamu buat sendiri? Jika penasaran dengan hasilnya, langsung saja praktekkan cara diatas dan jangan lupa bagikan tips ini ke teman-teman kamu ya! 

Next article Next Post
Previous article Previous Post