Wednesday, June 9, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Buat kamu yang senang dengan natural language alias teknologi yang memungkinkan robot untuk berkomunikasi layaknya manusia, pasti sudah tidak asing lagi dengan suara Google. Aplikasi Text to speech yang banyak dikembangkan oleh perusahaan teknologi satu ini memang sedang digandrungi dan menjadi tren baru akhir-akhir ini.

Cara Membuat Suara Google

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa kamu bisa membuat suara Google lewat bantuan beberapa platform populer seperti Telegram dan TikTok, bahkan kamu bsia membuatnya hanya lewat browser tanpa harus menginstall aplikasi apapun. Penasaran? Berikut 3 cara bikin suara Google lewat beberapa aplikasi berbeda:

Bikin Suara Google di Telegram

bikin suara google di telegram
bikin suara google di telegram
Siapa sangka, selain dapat digunakan untuk saling chat dengan sesama teman, Telegram juga memiliki chatbot yang memungkinkan untuk mengubah tulisan kamu ke dalam bentuk suara dalam beragam bahasa. Sayangnya, bahasa yang didukung oleh robot text-to-speech di Telegram ini belum mendukung bahasa Indonesia.


Berikut cara mudah mengubah teks menjadi suara Google di telegram:

  1. Pertama, buka aplikasi Telegram atau jika kamu sudah memiliki akun, kamu bisa login di browser Laptop/PC di url https://web.telegram.org/
  2. Gunakan kolom search atau pencarian yang terletak di bagian atas aplikasi lalu cari @TTSBot atau jika kamu kesulitan, langsung saja masuk ke kolom caht menggunakan tautan https://t.me/TTSBot 
    ttsbot suara google di telegram
    ttsbot suara google di telegram
  3. Pastikan akun yang kamu pilih sesuai dengan profil yang kami tampilkan lewat gambar diatas. Jika sudah benar, klik tombol START untuk memulai percakapan dengan TTSBot
  4. Jika sudah muncul Menu, klik pilihan Speak lalu ketikkan kata-kata yang ingin kamu ubah menjadi suara di kolom chat lalu tekan tombol Kirim (Send)
  5. Setelahnya, akan muncul file audio yang dapat kamu unduh atau putar untuk mendengarkannya secara langsung. Tekan tombol Download untuk menyimpan file audio tersebut atau tekan Play untuk memutarnya saja.
  6. Selesai, tulisan kamu sudah berhasil diubah ke dalam bentuk suara Google

Ubah Teks menjadi Suara Google di TikTok

Cara selanjutnya untuk membuat suara Google adalah dengan menggunakan aplikasi TikTok. Buat kamu yang belum tahu, mulai tahun 2020, TikTok menghadirkan fitur text to speech yang memungkinkan pengguna mengubah tulisan yang mereka masukkan ke dalam konten video TikTok menjadi pengucapan suara robot.

Fitur ini menjadi sangat booming di awal-awal kemunculannya karena tidak semua akun TikTok langsung mendapatkan fitur tersebut. Untuk menggunakannya, pastikan aplikasi TikTok kamu sudah versi terbaru agar dapat menerapkan cara bikin suara Google di TikTok berikut ini:

  1. Buat sebuah konten TikTok baik dari video yang sudah ada atau langsung menggunakan kamera ponsel yang kamu gunakan
  2. Pilih menu Text untuk menambahkan tulisan pada konten TikTok kamu
  3. Tekan tombol Done setelah selesai mengetikkan teks yang akan diubah menjadi suara nantinya
  4. Klik kembali tulisan yang sudah kamu ketik tadi dan tunggu hingga muncul pilihan Text-to-speech. Klik opsi tersebut dan tunggu hingga muncul suara Google dari teks yang kamu ketikkan

Mudah bukan membuat suara Google di aplikasi TikTok? Sayangnya, dengan cara ini kamu tidak dapat mengunduh suara tersebut dalam bentuk file mp3 melainkan hanya bisa dipasang langsung pada konten yang kamu unggah. Masih belum puas? Mungkin kamu bisa coba cara alternatif ketiga untuk membuat suara robot Google tanpa harus install aplikasi apapun.

Buat Suara Google Tanpa Aplikasi

Cara ketiga untuk membuat suara Google ini bisa dibilang sebagai cara paling mudah. Selain kamu tidak perlu menggunakan aplikasi apapun kecuali internet browser, cara ketiga ini juga memungkinkan kamu untuk membuat suara Google dalam bahasa Indonesia. Penasaran bagaimana cara kekrjanya? Berikut cara paling mudah membuat suara Google yang bisa kamu lakukan:
cara bikin suara google dengan soundoftext
cara bikin suara google dengan soundoftext
  1. Buka soundoftext.com
  2. Scroll ke bawah hingga muncul kolom Text dan ketikkan tulisan yang ingin kamu ubah menjadi suara
  3. Pilih bahasa pada kolom Voice. untuk teks bahasa Indonesia, kamu bisa pilih opsi Indonesian
  4. Klik tombol Submit untuk mengubah teks ke dalam bentuk suara
  5. Lihat pada kolom Sounds di bagian bawah, disana akan terdapat opsi untuk memutar (PLAY) atau mengunduh file audio dari suara yang dihasilkan dalam format MP3 (DOWNLOAD). 

Mudah saja bukan membuat suara Google dengan cara yang sudah tim Fedora sampaikan diatas? Oiya, jika kamu ingin membuat nada dering sendiri dengan suara Google untuk aplikasi WhatsApp misalnya, kamu dapat menggunakan cara ketiga dengan bantuan tool soundoftext. Selanjutnya, kamu tinggal mengunduh suara Google dalam format MP3 dan memasangnya sebagai nada dering di bagian pengaturan notfikasi WhatsApp. Selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post