Sunday, May 2, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Terhitung mulai 1 Mei 2021, hampir semua blog yang dimotori oleh platfrom Blogger tidak bisa menampilkan gambar baik untuk thumbnail maupun gambar di dalam artikel. Lewat tulisan ini, Fedora Tutorial sebagai salah satu blog yang dimotori oleh platform Blogger ingin berbagi sedikit cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gambar tidak muncul di Blogger/Blogspot.
image not found di platform blogger
image not found di platform blogger

Jika dianalisis penybebabnya, gambar hilang secara tiba-tiba dari Blogspot bukanlah dikarenakan error dari pihak Google sebagai penyedia layanan baik itu layanan Picasa maupun Google Photos. Penyebab image tidak tampil di Blogger adalaah karena domain 1.bp.blogspot.com secara tiba-tiba masuk dalam daftar blocklist di Internet Positif (trustpositif.kominfo.go.id). Berikut bukti bahwa image hosting Blogger masuk dalam daftar domain yang diblokir:

1.bp.blogspotc.om yang diblokir Kominfo
Domain 1.bp.blogspot.com yang diblokir Kominfo

Di satu sisi, sebenarnya hal ini adalah kabar baik karena gambar yang hilang di Blogger hanya terjadi jika diakses dari Indonesia, sedang jika kamu menggunakan VPN atau mengaksesnya dari provider internet di luar negeri, gambar Bloggger yang hilang ini sama sekali tidak terjadi.

Solusi Gambar yang Hilang di Blogger

Lalu bagaimana cara mengatasi gambar postingan yang tidak muncul di platform Blogger baik itu menggunakan domain Blogspot.com maupun blogger custom domain? Ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini, cara pertama bisa terbilang cukup mudah karena dapat kamu lakukan sendiri dalam waktu relatif singkat. Sedangkan cara kedua, membutuhkan partisipasi pihak kedua alias Kominfo untuk menghapus 1.bp.blogspot.com dari daftar domain yang diblokir.

Cara Pertama, Rename 1.bp.blogspot ke 2.bp.blogspot.com

Cara paling mudah untukk mengatasi image missing atau error di platform Blogger adalah dengan mengganti domain tempat kamu menyimpan gambar di Blogspot. Jika kamu membuat posting dari dasbor Blogger dan diupload langsung dari editor artikel, maka hampir dapat dipastikan gambar yang kamu masukkan akan di-load dengan awalan domain berikut: 1.bp.blogspot.com.

Solusinya, rename setiap domain 1.bp.blogspot.com menjadi 2.bp.blogspot.com, 3.bp.blogspot.com atau 4.bp.blogspot.com. Dengan cara tersebut, dapat dipastikan gambar yang tadinya tidak muncul akan kembali terlihat secara normal tanpa ada perubahan kualitas baik piksel maupun ukurannya. Berikut contoh url gambar yang menggunakan 1.bp.blogspot.com dengan subdomain cdn blogger picture dengan nomor yang lain:


Dari simulasi sederhana diatas, dapat disimpulkan cara efefktif dan insstan untuk mengatasi masalah gambar tidak muncul adalah dengan me-rename setiap gambar yang di-load dari 1.bp.blogspot.com ke subdomain angka alternatif sepertii yang telah dijabarkan diatas. 

Untuk melakukannya, kamu hanya cukup menggunakan teks editor sederhana seperti notepad ataupun tools replace text secara online seperti www.unit-conversion.info/texttools/replace-text dan mengganti semua kata 1.bp.blogspot.com menjadi 2.bp.blogspot.com maupun subdomain lainnya hingga angka 4. Dengan cara ini, gambar akan muncul kembali seperti sediakala di blog maupun postingan Blogger kamu.
mengubahh domain image hosting blogger
mengubah domain image hosting blogger

Solusi Gambar Blogger Tidak Muncul dengan Whitelist Internet Positif

Walaupun cara diatas terbilang cukup efektif dan cepat untuk dilakukann, tetap saja jika kamu memiliki ratusan bahkan ribuan postingan Blogger, tidak mudah untuk dapat mengganti nama domain iamge hosting Blogger satu-satu. Solusi lain yang bisa kamu lakukan adalah kembali pada penyebab utama masalah ini yaitu adanya blokir Kominfo untuk domain gambar dari blogspot.

Jadi, solusi yang bisa kamu lakukan adalah membuat laporan kepada tim Trust Positif untuk memasukkan domain 1.bp.blogspot.com ke dalam whitelist atau menghapus domain tersebut dari daftar domain yang diblokir internet positif. Untuk melakukannya, kita dapat secara bersama-sama menghubungi kontak Trust Positif Kominfo lewat WhatsApp ataupu email dibawah ini:

  • Telepon: +62 21 3845786
  • Whatsapp: +62 8119224545
  • Email: aduankonten@kominfo.go.id
komplain blocklisted domain di trustpositif
komplain blocklisted domain di trustpositif

Ataupun membuat laporan baru di portal Aduan Konten agar pihak otoritas terkait bisa membuka kembali domain 1.bp.blogspot.com untuk diakses di Indonesia karena domain tersebut bukanlah provider layanan ilegal, melainkan hanya bagian dari platform user generated content milik Google yang bisa digunakan siapa saja. Sekian tutorial untuk mengatasi masalah gambar yang tidak muncul di platform Blogger baru-baru ini, semoga bermanfaat sobat Fedorans!

Next article Next Post
Previous article Previous Post