Tuesday, April 20, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Buat kamu yang senang dengan dunia sinematografi, pasti tahu dengan jenis video timelapse. Trik membuat video dengan memanipulasi kecepatan frame ini mulai populer seiring dengan berkembangnya platform social sharing seperti Instagram dan TikTok.
tangkapan foto dari video timelapse
tangkapan foto dari video timelapse
Jika kamu ingin membuat video timelapse bermodalkan hp saja, kamu berada di artikel yang tepat. Pada tulisan ini, Fedora akan mengulas beberapa tips yang dapat kamu gunakan dalam membuat video timelapse menggunakan smartphone. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat video timelapse terlihat lebih profesional walau hanya diambil menggunakan kamera ponsel:

  1. Tentukan object atau point of interest yang ingin kalian rekam, bisa berupa jalan tol, laut, pergerakan awan dan sebagainya.
    jalan raya selalu menjadi objek timelapse yang menarik
    jalan raya selalu menjadi objek timelapse yang menarik
  2. Siapkan alat bantu untuk menopang hp agar tidak mudah berpindah posisi, kamu bisa gunakan alat seperti tripod, gorillapod, atau bahkan tangan kamu sendiri jika sudah terbiasa.
  3. Pilih mode timelapse di kamera Android atau iPhone yang kamu gunakan, jika tidak terlihat opsi tersebut, klik menu More di aplikasi kamera, lalu pilih fitur Timelapse atau Hyperlapse.
    Menu timelapse pada kamera android
    Menu timelapse pada kamera android 
  4. Klik tahan di layar hp kamu hingga muncul AE/AF Lock pertanda kamera mengunci fokus (lock exposure).
  5. Tekan tombol rekam yang berwarna merah dan tunggu hingga lingkaran timelapse penuh.
  6. Voila! video timelapse profesional yang kamu buat dengan kamera ponsel sudah siap kamu gunakan.

Bagaimana, tidak sulit bukan menggunakan fitur timelapse di ponsel untuk menghasilkan video yang cukup profesional? Jangan lupa, semakin sering kamu berlatih, kemampuan cinematic kamu lambat laun akan semakin meningkat. Jadi, jangan remehkan kemampuan kamera hp jika kamu memang ingin berlatih menjadi ahli sinematic profesional. Makin semangat? Selamat mencoba dengan spot terbaik kamu masing-masing guys!


Next article Next Post
Previous article Previous Post