Tuesday, April 27, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
WhatsApp atau WA sebagai aplikasi instant messaging terpopuler saat ini memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan penggunanya. Diantara fitur yang banyak digunakan saat ini ialah pengiriman pesan suara atau biasa disebut voice note.

Sayangnya, jika kamu mengirim voice note lewat aplikasi WA lalu kamu mengunduh file audio tersebut, kamu akan mendapatkan file dalam format OGG atau biasa disebut juga sebagai open container format. Walaupun jenis file ini bisa dibilang terbuka untuk beragam audio player, namun tidak semua pemutar suara kompatibel dengan format OGG. Oleh karenanya, terkadang kamu membutuhkan aplikasi untuk dapat mengubah file dalam format OGG ini ke dalam format mp3 yang lebih umum digunakan.
konversi voice note wa ogg dalam format mp3
konversi voice note wa ogg dalam format mp3

Pada tutorial singkat berikut, Fedora akan memberikan panduan sederhana cara menggunakan OGG to mp3 converter tanpa harus menginstall aplikasi lain di ponsel Anda. Berikut langkah-langkah untuk mengubah file dalam format OGG ke format mp3 secara online dan gratis:

  1. Unduh file voice note di aplikasi WhatsApp menggunakan laptop ataupun ponsel.
  2. Ingat-ingat dimana kamu menyimpan file OGG tersebut 
  3. Buka situs konversi ogg ke mp3 gratis seperti aconvert.com/audio/ogg-to-mp3 atau convertio.co/ogg-mp3.
  4. Pilih file dengan mengklik tombol Choose Files lalu pastikan format asal serta format file hasil konversi sudah sesuai (MP3), setelahnya, klik tombol Convert Now! untuk memulai proses konversi.
    Convert ogg to mp3 online
    Convert ogg to mp3 online

  5. Tunggu hingga proses konversi selesai, lalu cek ke bagian bawah halaman tersebut untuk melihat file audio hasil konversi. Tekan icon Download untuk mengunduh file dalam format MP3 atau klik tanda silang untuk membatalkan file yang sudah diupload.
    download file hasil konversi ogg ke mp3
    download file hasil konversi ogg ke mp3

  6. Simpan file hasil download tadi di perangkat yang kamu gunakan dan kamu sudah bisa langsung memainkan mp3 tersebut yang berasal dari file OGG seperti voice note aplikasi WhatsApp. 

Dengan cara diatas, kamu dapat menyimpan serta memutar file audio dari voice note WhatsApp yang cukup panjang sekalipun tanpa khawatir suara berhenti karena layar ponsel kamu mati. Karenanya, audio MP3 tersebut dapat  kamu putar di perangkat lainnya seperti mp3 player, laptop, maupun PC.


Next article Next Post
Previous article Previous Post