Friday, April 2, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Dengan massive-nya penggunaan aplikasi pesan instan dan informasi berbasis aplikasi, praktis teks atau tulisan saat ini telah menjadi media utama untuk berkomunikasi. Sayangnya, tidak semua orang nyaman untuk membaca tulisan yang panjang serta ukuran font yang kadang tidak sesuai. Oleh karenanya, teknologi text to speech saat ini hadir untuk menjawab permasalahan tersebut dengan kemampuan mengubah tulisan menjadi suara dengan bantuan robot pintar.

Fitur freeTTS - Text to Speech Online

aplikasi text to speech online di freeTTS
aplikasi text to speech online di freeTTS
FreeTTS - Text to Speech Converter dapat menjadi pilihan tepat sebagai aplikasi yang didukung dengan teknologi text-to-speech dari artificial intelligence milik Google Cloud. Dengan menggunakan salah satu produk AI terbaik, tentu cukup banyak keunggulan yang dimiliki Freetts.com yang tidak dimiliki oleh tools voice generator lainnya. Diantara fitur yang dapat kamu manfaatkan dengan adanya Free TTS ini adalah sebagai berikut:

  • Dapat digunakan pada platform Windows ataupun Mac
  • Konversi teks langsung dalam format .mp3
  • Jaminan layanan gratis dan aman
  • Mendukung SSML (Speech Synthesis Markup Language)
  • Didukung teknologi machine learning ala Google
  • Tidak perlu akun login untuk menggunakannya

Cara Memakai freeTTS Online

Cukup menarik bukan fitur yang ditawarkan tools text to speech satu ini? Untuk lebih memahaminya, kamu dapat langsung mencoba mengubah teks menjadi suara dengan langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Siapkan dokumen atau teks yang akan kamu ubah ke dalam bentuk audio. Pastikan teks kamu tidak lebih dari limt mingguan yaitu 6000 karakter (sekitar 800 kata), setelahnya copy atau salin teks tersebut.
  2. Selanjutnya, buka situs freetts.com dengan tagline "Text to Mp3 Free Online"
  3. Silakan paste atau tempel teks yang sudah disiapkan tadi pada kolom yang ada di tengah halaman freeTTS (lihat gambar)
    text to speech converter di freetts
    text to speech converter di freetts

  1. Pilih bahasa dari suara yang akan dihasilkan serta gaya bicara sesuai keinginan Anda pada pengaturan yang ada dibawah kolom tulisan, setelahnya, cukup klik tombol Convert yang ada di sebelah kanan bawah. 
  2. Tunggu beberapa saat dan setelah itu, akan muncul audio player untuk memutar suara dari tulisan yang kamu masukkan. Jika dirasa cukup, Anda dapat mengunduh file audio tersebut dalam format mp3 dengan mengklik tautan Click to download audio yang berwarna biru (lihat gambar).
    download audio dalam format mp3
    download audio dalam format mp3
Bagaimana, mudah saja bukan menggunakan free text to speech converter dengan freetts.com? Daripada penasaran, mengapa tidak kamu coba secara langsung saja dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Kamu dapat mengetikkan pesan WhatsApp ataupun nama kamu sendiri untuk mendengarnya dalam versi audio dengan bantuan web ini.

Dukungan Teknologi SSML freTTS dari Google Cloud

Uniknya, ada beberapa fitur markup bahasa yang bisa kamu manfaatkan dengan dukungan teknologi SSML (Speech Synthesis Markup Language). Teknologi yang dimiliki oleh Google Cloud ini dapat membantu kamu menghasilkan suara yang lebih natural dengan penekanan tertentu sehingga suara yang dihasilkan lebih hidup. Diantara fitur SSML Google yang bisa kamu aplikasikan lewat tools freeTTS ini adalah sebagai berikut:

  • Fitur pause selama beberapa detik sesuai keinginan
  • Pengucapan tanggal
  • Pengucapan berurut; pertama, kedua, dan seterusnya
  • Penekanan dengan level kuat, sedang, dan lemah

Untuk daftar lengkap SSML yang didukung oleh freeTTS dapat kamu lihat pada tabel dibawah ini:
daftar ssml di freetts.com
daftar ssml di freetts.com
Cukup lengkap bukan gaya bicara yang bisa kamu kustomasi dari teks yang kamu miliki? Sayangnya, jika kamu belum memiliki akun di freeTTS.com, kamu hanya dapat mengonversi maksimum 6000 karakter. Jika membutuhkan kuantitas yang lebih dari itu, kamu harus berlangganan layanan Free TTS dengan sistem pay as you go. Berikut harga layanan di Free TTS yang dapat melayani hingga 10 juta karakter dengan masa berlaku 1 tahun:
harga layanan freetts premium
harga layanan freetts premium

Kontak Support FreeTTS dan Review Pengguna

Untuk lebih jelas mengetahui ketentuan serta layanan dari freeTTS, tidak ada salahnya kamu untuk menghubungi langsung lewat email resmi mereka di support@freetts.com. Review atau ulasan pengguna freeTTS juga bisa dibilang cukup baik dengan rating 3.7 dari 8 review berdasarkan Trustpilot. Dari ulasan-ulasan yang diberikan, nampaknya kamu bisa memaksimalkan fitur gratisan dari freeTTS.com sebelum mencoba berlangganan paket yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan, sistem zona member dari freeTTS yang mungkin belum begitu sempurna sehingga beberapa member premium merasa kurang puas dengan layanan berbayar yang disediakan. Apapun itu, menggunakan aplikasi berbasis SaaS (software as a service) yang mampu mengubah teks ke dalam beragam bentuk suara yang dapat dikustom secara gratis merupakan suatu keuntungan tersendiri mengapa kamu perlu mencoba freeTTS ini. Semoga berhasil dan kreasikan sesukamu suara yang ingin kamu buat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post