Thursday, April 8, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Perkembangan teknologi text-to-speech yang begitu pesat membuat produk-produk yang menggunakan program semacam ini tumbuh dengan subur. Shouter sebagai salah satu aplikasi favorit untuk membuat ringtone WhatsApp bisa menyebutkan nama pengirim pesan adalah salah satu contoh implementasi dari program tts ini.

Buat kamu yang belum tahu, sebenarnya tidak sulit membuat nada dering WhatsApp untuk menyebutkan siapa pengirim pesan sehingga kamu sudah tahu lawan bicara tanpa harus membuka layar hp. 
membuat nada dering whatsapp dengan nama
membuat nada dering whatsapp dengan menyebutkan nama
Syaratnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan ponsel berbasis Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan semacamnya yang sudah mendukung sistem text-to-speech. Untuk melihat apakah perangkat Android kamu sudah support TTS, silakan buka Pengaturan (Settings), klik Bahasa dan masukan (Language and input), lalu lihat ada bagian Speech (Text-to-Speech) atau tidak pada tampilan menu tersebut. Jika ada, maka ponsel kamu sudah bisa menikmati fitur nada dering yang dapat menyebutkan nama pengirimnya.

Cara Buat Ringtone Wa dengan Voice Name

Langsung saja, lewat tutorial singkat ini, kami akan memberikan langkah-langkah mudah membuat nada dering WA yang ada namanya, berikut tahapan yang perlu kamu lakukan:

  1. Install aplikasi Shouter di Android, gunakan salah satu dari tautan berikut:
  2. Setelahnya, akan muncul Notification Access (Important) needed, pilih YES dan izinkan akses notifikasi untuk aplikasi Shouter.
  3. Jika aplikasi Shouter sudah berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih menu App Notification yang ada di bagian bawah aplikasi.
    pilih app notification
    pilih app notification
  4. Centang pada kotak disamping tulisan Enable dan klik menu Select Apps untuk memilih aplikasi yang akan menggunakan notifikasi dari Shouter.
    Klik enable dan pilih aplikasi WhatsApp
    Klik enable dan pilih aplikasi WhatsApp
  5. Scroll ke bawah hingga muncul aplikasi WhatsApp pada daftar Select Apps dan berikan centang pada kotak disamping aplikasi WA tersebut.
  6. Sampai pada tahap ini, kamu sudah dapat menikmati nada dering WhatsApp yang akan menyebutkan nama kontak pengirim pesan WA yang masuk.
  7. Untuk menyesuaikan suara serta kalimat yang diucapkan, kamu bisa mengatur di menu App Notification, lalu pilih Voice Setting, dan ubah pengaturan suara atau pengucapan notifikasi sesuai selera.

Troubleshoot TTS Aplikasi Shouter di Android

Bagaimana, mudah saja bukan? Terkadang, di beberapa hp Android, bisa saja kamu belum mengatur fitur Text-to-Speech secara optimal. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings atau Pengaturan
  2. Klik menu General Management atau Manajemen Umum
  3. Pilih Language and input atau Bahasa dan input
  4. Klik menu Text-to-speech atau Teks-hingga-bicara seperti panduan gambar dibawah ini
    pengaturan text-to-speech di android
    pengaturan text-to-speech di android
  5. Pilih Preferred engine atau Mesin TTS yang diutamakan dengan Google Text-to-speech Engine
  6. Atur pilihan Bahasa, kecepatan bicara, serta pitch suara sesuai selera

Jika pengaturan tersebut sudah kamu sesuaikan seperti panduan diatas, seharusnya suara notifikasi Shouter untuk ringtone WhatsApp kamu sudah lebih nyaman untuk didengarkan. Sayangnya, apabila menu Text-to-speech tidak muncul pada pengaturan Language and input di hp Android kamu, maka kemungkinan besar ponsel kamu belum dapat menggunakan fitur nada dering WhatsApp yang disertai dengan nama ini. Jadi, silakan kamu cek lagi dan coba di ponsel lainnya yang sudah mendukung teknologi TTS untuk menerapkan cara diatas, selamat bereksperimen!

Next article Next Post
Previous article Previous Post