Wednesday, April 7, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pengecekan NISN menjadi sangat penting bagi siswa karena NISN menjadi salah satu persyaratan untuk memperoleh bantuan kemdikbud. Bantuan ini berupa uang tunai yang tentu sangat bermanfaat di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Terdapat tiga cara untuk mengecek NISN, salah satunya bisa menggunakan QR Code sehingga sangat praktis dan mudah untuk dilakukan.

3 cara terbaru cek nisn di tahun 2021
3 cara terbaru cek nisn di tahun 2021

Inilah 3 Cara Cek NISN dengan atau Tanpa Koneksi Internet

Menggunakan Nama

Cara pertama untuk mengecek NISN adalah menggunakan nama. Cara ini tergolong cukup praktis karena hanya menginput identitas dan data pendukung. Untuk mengecek NISN menggunakan nama, pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil. Hal ini sangat penting untuk memastikan proses pengecekan NISN nantinya berjalan dengan lancar.


Setelah itu, bukalah browser dan masuk ke situs pengecekan data kemdikbud untuk NISN yaitu https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/caribynama/. Pastikan huruf besar dan kecil harus sesuai dan jangan diubah agar situsnya bisa terbuka dengan lancar.

Cek NISN dengan Form Caribynama
Cek NISN dengan Form Caribynama

Jika situs tersebut telah terbuka, masukkan data-data yang diminta yaitu: nama lengkap sesuai KTP atau akta kelahiran, tempat tanggal lahir, dan nama gadis ibu kandung. Untuk nama ibu kandung bisa diisi dengan huruf kecil saja. Setelah itu, masukkan kode verifikasi captcha dengan checklist notif ‘I’m not a robot’. Data dan informasi NISN akan ditampilkan dengan jelas.


Cara ini sangat berguna bagi siswa yang lupa NISN sehingga kesulitan mengeceknya. Meski simpel, pengisian data-data di atas harus diperhatikan dengan baik. Jika sampai salah memasukkan data, akan ada notif bahwa data tidak ditemukan. Jadi, pengisian harus dilakukan dari awal kembali sehingga cukup merepotkan.

Menginput NISN dan Nama Gadis Ibu Kandung

Cara kedua untuk mengecek NISN adalah dengan menginput nomornya secara langsung. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Namun, situs untuk menggunakan cara ini berbeda dan langkah-langkahnya lebih simpel daripada yang pertama.

cara mengecek nisn dengan nomor NISN
cara mengecek nisn dengan nomor NISN

Untuk menggunakan cara ini, pastikan kondisi internet stabil agar prosesnya bisa berjalan lancar. Bukalah browser dan masuklah ke situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Tunggu hingga halamannya terbuka. Setelah itu, input NISN dan juga nama gadis ibu kandung pada kolom yang tersedia. Jika sudah menginput, silahkan verifikasi captcha dengan ceklis opsi ‘i'm not a robot’.


Apabila data yang diinput benar, maka data NISN akan ditampilkan dengan lengkap dan jelas. Hal inilah yang membuat cara ini begitu simpel dan mudah. Tetapi, jika data yang dinput salah, maka terdapat notifikasi yang meminta input ulang. Jadi, pastikan NISN dan nama gadis ibu kandung yang diinput sudah benar sehingga tidak perlu menginput ulang kembali.

Menggunakan QR Code

Cara ketiga untuk mengecek NISN adalah menggunakan QR Code. Cara ini memiliki keunggulan, yaitu bisa dilakukan tanpa menggunakan internet atau offline. Hal ini bisa dilakukan untuk berjaga-jaga jika sinyal internet lemah atau kedua situs di atas mengalami gangguan. Jadi, siswa bisa melakukan pengecekan NISN di mana saja.


Untuk melakukan cara ini, siswa tinggal mengecek data NISN menggunakan salah satu dari kedua cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika data sudah ditampilkan, scroll ke bagian bawah dan perhatikan QR Code yang ada di sana. Setelah itu, download QR Code tersebut dengan cara klik kanan pada kotak QR tersebut lalu klik Save image. Jadi, siswa sudah memiliki data NISN berbentuk QR Code yang bisa dicek secara offline.

QR code untuk data NISN Kemdikbud
QR code untuk data NISN Kemdikbud

Jika ingin mengecek QR Code yang sudah didownload, gunakan aplikasi scan QR Code yang sudah tersedia untuk berbagai platform atau langsung dengan kamera smartphone Android versi 10 keatas. Program QR scanner ini akan menggunakan perangkat kamera Anda untuk melakukan scanning QR Code NISN yang sudah didownload. Ketika QR Code NISN sudah selesai discan, data NISN akan ditampilkan dengan lengkap dan jelas.

Cek QR Code dengan Kamera Android
Contoh Cek QR Code dengan Kamera Android

Itulah 3 cara mengecek NISN yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Dengan koneksi internet yang baik serta browser, cara pertama dan kedua bisa dilakukan. Jika menggunakan QR Code, pengecekan bisa dilakukan kapanpun bahkan tanpa perlu membutuhkan jaringan internet asalkan sudah menyimpan file imagenya. Jadi, dari ketiga cara tersebut bisa dipilih salah satunya sesuai kebutuhan masing-masing.

Next article Next Post
Previous article Previous Post