Wednesday, March 24, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Apa itu Twibbon?

Twibbon, apa itu twibbon? Twibbon merupakan gambar dengan ukuran kecil yang dapat dioverlay untuk mendukung sebuah campaign. Pada umumnya twibbon dioverlay di jejaring sosial media seperti Facebook dan Twitter. Seiring dengan perkembangan zaman, twibbon tidak hanya digunakan di Twitter dan Facebook namun merambah di Instagram dan fungsinya juga tidak hanya untuk mendukung sebuah campaign lagi, tapi untuk memeriahkan sebuah acara, mengenalkan suatu barang atau jasa dan lain sebagainya.

contoh twibbon
contoh twibbon 

Cara membuat twibbon cukup mudah. Twibbon bisa dibuat dengan perangkat lunak apa pun, seperti Adobe Photoshop maupun Adobe Illustrator. Kalian tidak memiliki komputer atau laptop untuk mengunduh software tersebut? Jangan khawatir, tutorial kali ini penulis akan memberikan tutorial lengkap cara membuat twibbon di PicsArt.

Mengenal PicsArt

PicsArt adalah aplikasi pengeditan foto dan video yang cukup lengkap. PicsArt tersedia dengan berbagai ribuan filter, stiker, font, dan berbagai elemen lainnya baik yang berbayar maupun gratis, PicsArt membantu membuat gambar dan video lebih mennonjol dari yang lain. Kalian dapat membuat tampilan feed Instagram yang lebih menarik, mempercantik selfie, membuat fanart, dan lain sebagainya. 


Setiap bulan, lebih dari 150 juta pembuat aktif bulanan membuat, mencampur ulang, dan berbagi hampir satu miliar gambar di PicsArt, menjadikannya salah satu koleksi konten open source terbesar di dunia dengan foto, latar belakang, stiker yang dapat diedit, dan lainnya secara gratis maupun berbayar.

Cara Membuat Twibbon dengan PicsArt

Dengan PicsArt, kalian hanya perlu menyediakan smartphone dan memori yang cukup untuk mengunduh aplikasi tersebut.


  1. Langkah pertama, unduh aplikasi PicsArt di Google Play Store. Kalian cukup mengetik PicsArt dan hasilnya akan muncul. Tekan install/unduh. Tunggu sampai unduhan selesai.
  2. Buka aplikasi PicsArt, buat akun terlebih dahulu. Setelah selesai, kalian bisa mengunggah foto kalian yang ingin dibuat twibbon. Cara mengungangganya adalah klik ikon "+" pada bagian bawah layar, kemudian pilih All Photos dan pilih foto yang kalian inginkan.
    memulai edit foto dengan picsart
    memulai edit foto dengan picsart
  3. Kemudian crop foto tersebut dengan cara pilih Tools yang tersedia di bagian kiri bawah.
  4. Kemudian pada menu bawah pilih Shape Mask, Buat latar bermotif seperti tampak pada gambar berikut.
    pilihan tools dan shape mask
    pilihan tools dan shape mask
  5. Kemudian pada menu di bawah pilih menu draw. Lalu Add Shape, buat lingkaran dengan Stroke berwarna biru. Atur berada tepat di tengah-tengah bidang, Lalu klik tanda centang yang berada di pojok kanan atas. Terakhir tambahkan teks, atur teks menjadi melengkung seperti di bawah ini.
    membuat gambar model twibbon di picsart
    membuat gambar model twibbon di picsart
  6. Maka hasil akhirnya adalah seperti ini. Kalian bisa mengkreasikannya dengan menambahkan filter, shape, atau elemen-elemen lainnya yang ada di PicsArt.
    contoh hasil akhir foto twibbon
    contoh hasil akhir foto twibbon

PicsArt merupakan aplikasi editing foto yang lumayan lengkap. Selain terdapat aplikasinya, PicsArt juga memiliki laman website yang juga dapat dibuat untuk editing foto atau sekedar membuat desain twibbon maupun desain sederhana lainnya. Walaupun terdapat versi websitenya, PicsArt memiliki fitur yang lebih lengkap pada versi mobile-nya. Untuk membuat twibbon, kamu juga dapat menggunakan web apps yang menyediakan template instan seperti Twibbonize yang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia.


PicsArt tersedia untuk Android, iOS, dan sebagai aplikasi Windows untuk perangkat seluler dan desktop. Aplikasi PicsArt ini gratis untuk digunakan, dan ada banyak pilihan konten gratis yang bagus, tetapi berbayar untuk elemen-elemen seperti stiker maupun clipart dengan harga kurang lebihnya sekitar satu dolar atau lima belas ribu rupiah. PicsArt juga memiliki fitur free-trial atau uji coba gratis selama empat belas hari yang di mana kita dapat menikmati fitur premium PicsArt lainnya secara gratis.


Selain itu, teman-teman juga dapat berlangganan di PicsArt. Untuk berlangganan, PicsArt juga terdapat fitur cancel atau batal berlangganan. Jika kalian telah berlangganan dengan perangkat Android, Teman-teman dapat membatalkan langganan melalui Google Play. Dengan pengecualian, jika membatalkan langganan selama uji coba gratis, kalian akan tetap memiliki akses ke semua fitur premium hingga periode uji coba gratis berakhir. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post