Wednesday, March 10, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Tanya Veronika Asisten Virtual sebagai layanan customer care yang hadir 24/7 dinilai sangat memudahkan pelanggan Telkomsel dalam bertransaksi serta mendapatkan info seluler terkini. Asisten virtual Telkomsel yang diluncurkan pada bulan Agustus 2017 ini, hanya butuh waktu singkat untuk langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia sebagai target pasar utama operator plat merah tersebut.

Dengan hadirnya Tanya Veronika, virtual assistant yang mengkombinasikan teknologi chatting platform, neuro linguistic programming, hingga pelayanan berbasis customer centricity menjadikan Telkomsel semakin menguatkan posisinya sebagai operator seluler yang selalu terdepan dalam implementasi teknologi di tanah air. 

Di tahun 2021, tentu ada banyak perubahan dan improvement yang dilakukan Telkomsel untuk memastikan asisten virtualnya memiliki fitur-fitur yang mumpuni demi kepuasan pengguna baik itu pelanggan kartuHalo, SimPATI, Kartu As, dan Simpati LOOP. Lewat tulisan ini, kamu akan tahu betapa Telkomsel terus bekerja untuk menghadirkan layanan pelanggan yang siap melayani dari Sabang hingga Merauke.

Fakta Menarik Tanya Veronika Asisten Virtual

Dibalik kesuksesan peluncuran chatbot Tanya Veronika, ternyata ada beberapa hal menarik yang mungkin belum diketahui kebanyakan orang. Penasaran apa saja fakta menarik Tanya Veronika Asisten Virtual? Yuk simak ulasan lengkap hasil observasi tim Fedora berikut ini.

Pengembangan Platform Chatting Tanya Veronika Lewat 6 Channel Sekaligus

Di awal rilis publik asisten virtual ini, Tanya Veronika atau yang lebih dulu diperkenalkan sebagai GraPARI Virtual hanya mendukung tiga platform chatting untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan yaitu leat LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.
awal peluncuran tanya veronika tahun 2017
awal peluncuran tanya veronika tahun 2017 via Telkomsel.com
Semakin meningkatnya fleksibilitas serta beragamnnya selera pelanggan, Telkomsel pada tahun 2020 menghadirkan Veronika langsung di 6 platform berbeda, 3 platform lainnya yaitu WhatsApp, Website Telkomsel, serta aplikasi MyTelkomsel. Dengan adanya enam pilihan channel ini, tentu Tanya Veronika asisten virtual Telkomsel akan lebih mudah untuk diakses pelanggan apapun aplikasi chatting favorit mereka.

Hasil Kolaborasi dengan Startup Tech Asli Indonesia

Buat kamu yang belum tahu, cukup banyak startup lokal yang bergerak dibidang artificial intelligence. Kata.ai sebagai salah satu startup tech yang unggul dibidang ini langsung ditunjuk oleh perusahaan Telkomsel untuk membantu mengembangkan platform asisten virtual Tanya Veronika. Hal ini tentu dapat membuat kita bangga bahwa tidak selamanya teknologi canggih harus kita impor dari luar negeri.
kolaborasi Telkomsel dengan startup lokal via Kata.ai
Asisten virtual Veronika hasil kolaborasi Telkomsel dengan startup lokal / Kata.ai

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel ini sekaligus menjadi bukti bahwa karya anak bangsa tetap masih sejalan dengan perkembangan teknologi di era digital disruption sekarang ini. Tidak sampai disitu, adanya kerjasama ini juga membuktikan dukungan Telkomsel terhadap kemajuan ekosistem startup dalam negeri. Semakin bangga menjadi pelanggan Telkomsel ya!

Solusi Utama jika Kartu SIM Telkomsel Kamu Rusak atau Hilang

Salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi para generasi millenial adalah ketika kehilangan ponsel baik itu ketinggalan maupun dicuri orang. Untungnya, saat ini Anda tidak perlu capek-capek lagi mengurus ke GraPARI jika mengalami musibah seperti itu. Sungguh tidak lucu meminta orang yang baru kehilangan gawai untuk mengantri serta menunggu lama hanya untuk mengganti kartu yang harus diurus dengan segera.
ganti kartu telkomsel di tanya veronika
ganti kartu Telkomsel di Tanya Veronika
Dengan adanya asisten virtual Tanya Veronika, kamu akan mendapat solusi instan untuk mengatasi kartu Telkomsel yang hilang dengan mengetik hilang nomor atau yang semacamnya. Cukup dengan mengakses Veronika dan mengetikkan chat tersebut, kamu sudah akan mendapatkan prosedur untuk mengganti kartu Telkomsel yang hilang atau rusak secara online tanpa harus datang dan mengantri ke GraPARI terdekat. Berikut contoh solusi ganti kartu terbaru yang disarankan asisten virtual Veronika saat ini jika kartu Telkomsel kamu hilang atau rusak: 
Email ke cs@telkomsel.co.id dengan Subjek: Ganti Kartu 0812xxxxxx [nomor ganti kartu]
Lampirkan:
1. Foto diri memegang e-KTP
2. Foto/copy e-KTP
3. Foto/copy Kartu Keluarga

Dukungan Portal F.A.Q di TDWVA.Telkomsel.com

Tidak semua bisa selesai lewat WA! Mungkin kata-kata itu yang cocok menggambarkan alasan Telkomsel menghadirkan portal F.A.Q yang secara spesifik dapat diakses melalui Tanya Veronika. Jika ada beberapa pertanyaan kompleks yang membutuhkan penjelasan cukup panjang, Veronika Telkomsel akan memberikan tautan berisi beberapa tanya jawab yang relevan dan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang kamu hadapi.
portal tdwva faq telkomsel veronika
portal tdwva faq telkomsel veronika
Dengan adanya dukungan dari portal yang secara khusus diperuntukkan bagi pengguna layanan Veronika, pemecahan masalah serta kendala yang kamu hadapi saat mengakses Veronika akan jauh lebih solutif. Berikut contoh format url dari FAQ tanya Veronika yang dapat kamu akses saat sedang menggunakan asisten virtual: tdwva.telkomsel.com/va-ui/faq-ui

Mendukung Transaksi secara Otomatis

Dengan adanya asisten virtual Tanya Veronika, tidak hanya info kartu yang bisa kamu dapatkan secara instan melainkan juga transaksi produk-produk Telkomsel. Fitur transaksi via chat yang terintegrasi langsung dengan dompet digital LinkAja membuat Veronika benar-benar seperti asisten yang memudahkan setiap kebutuhan pelanggan.

Syaratnya pun tidak sulit, kamu hanya membutuhkan akun LinkAja yang terdaftar dengan nomor Telkomsel untuk dapat bertransaksi lewat platform chatting bersama Tanya Veronika. Uniknya, kamu tidak perlu membuka aplikasi LinkAja selama proses transaksi berlangsung, cukup #LewatChatBisa penuhi kebutuhan pulsa dan data nomor Telkomsel kamu.

Dapat Memahami Bahasa Sehari-hari

Berbekal teknologi neuro-linguistic programming atau NLP, Tanya Veronika tidak hanya mampu membaca pesan singkat namun juga memahami bahasa sehari-hari. Dengan bantuan kecerdasan buatan, bahasa yang tidak sesuai kaidah kbbi pun dapat direspon dengan baik sebagaimana contoh percakapan dibawah ini.
veronika dengan bahasa sehari hari
Akses Veronika dengan bahasa sehari hari
Dengan integrasi kemampuan AI yang cukup mumpuni ini, tentu pengalaman berkomunikasi dengan asisten virtual Telkomsel akan menjadi lebih hidup. Terbukti dengan bantuan Veronika, rata-rata conversion rate dari pembelian paket dan pulsa ada di angka 45%, tentu angka rasio ini termasuk tinggi untuk sebuah layanan chatbot.

Dapat Mengindentifikasi Nomor Pelanggan Telkomsel secara Otomatis

Salah satu fitur yang membuat Tanya Veronika ini berbeda adalah tidak diperlukannya verifikasi nomor pelanggan jika kamu mengakses lewat chat menggunakan nomor Telkomsel. Hal ini tentu berbeda dengan cara layanan operator seluler lewat aplikasi yang biasanya membutuhkan verifikasi kode OTP terlebih dahulu sebelum login.

Cukup gunakan WhatsApp yang menggunakan nomor Telkomsel untuk mengakses Veronika, maka fitur-fitur layanan asisten virtual bisa langsung kamu manfaatkan. Kapan lagi kamu bisa semudah ini mengakses informasi produk dan layanan seputar nomor seluler kamu semudah ini jika bukan di Telkomsel Veronika?

Dapat Memberikan Penawaran Terbaik

Memasuki akhir bulan tidak jarang kita butuh untuk memperketat pengeluaran, salah satunya untuk membeli paket data dan pulsa yang mungkin luput dari radar pengeluaran bulanan kita. Oleh karenanya, tidak ada salahnya kamu untuk meminta penawaran paket dengan harga miring kepada asisten virtual ini.


Cukup dengan mengetik internet murah, Tanya Veronika akan memberikan daftar paket internet dengan harga maksimum Rp50.000 yang bisa kita gunakan. Dengan trik ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari paket kuota murah secara manual pada menu USSD ataupun melihat paket yang tersedia di aplikasi MyTelkomsel. Semakin gampang aja bukan menjadi pelanggan Telkomsel.

Melayani Beragam Add-ons layanan Telkomsel

Buat kamu yang menggunakan kartu Telkomsel sekedar untuk berkomunikasi atau menjadi sarana akses daring selama tren work from home ini, tentu kamu belum tahu bahwa layanan ekstra dari Telkomsel tidak kalah mengasyikkan untuk menutup kejenuhan. Lewat bantuan Tanya Veronika Asisten Virtual, ada banyak layanan hiburan yang bisa kamu aktivasi, berikut beberapa layanan yang mungkin cocok untuk kamu:
personalisasi nsp dari telkomsel
personalisasi NSP dari telkomsel
  • Aktivasi Nada Sambung Pribadi atau NSP Telkomsel. Gunakan NSP untuk nomor Telkomsel kamu dengan bantuan Veronika, cukup ketik daftar nsp telkomsel dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  • Daftar akun Wifi.id. Jaringan internet publik nirkabel yang tersedia di banyak tempat di seluruh Indonesia ini dapat kamu gunakan dengan bantuan Veronika. Cukup ketikkan daftar wifi.id di kolom chat dengan asisten virtual dan lakukan sesuai instruksi yang diberikan.
  • Beli saldo Google Play. Siapa yang tidak tahu Google Play, gudang aplikasi yang semakin populer berkat kehadiran game mobile populer ini dapat kamu isi saldo nya dengan bantuan Tanya Veronika. Tulis google play di kolom chat, maka kamu akan mendapatkan jawaban detail mengenai tahapan yang harus kamu lakukan selanjutnya untuk mengisi sldo deposit di akun Play Store kamu.

Memberlakukan Jeda Waktu pada Saat Tertentu

Walaupun Tanya Veronika pada dasarnya merupakan chatbot yang dapat merespon secara instan, kenyataannya ada beberapa kasus dimana bisa saja Anda tidak dapat respon yang tepat saat berkomunikasi dengan Veronika jika tidak sesuai dengan aturan main yang ada. Sebagai contoh, saat memasukkan kode OTP pada verifikasi awal, kamu hanya memiliki kesempatan 3 kali untuk dapat mengetikkan kode OTP yang dikirim lewat SMS. Jika ketiga kode tersebut salah, maka layanan Veronika akan terblokir selama 5 menit dan bisa kamu gunakan kembali setelah jeda 5 menit tersebut.

Sama halnya apabila Tanya Veronika tidak mendapatkan jawaban dari kamu selama 10 menit atau lebih, maka permintaan terakhir kamu tidak akan diproses dan kamu harus mengulang kembali perakapan dari awal sesuai dengan kebutuhanmu. 

Penutup: Layanan Asisten Real Human Tanya Veronika

Sebagai fitur terakhir yang kami ulas, disini keseriusan Telkomsel dalam mengembangkan platform asisten virtual perlu diapresiasi. Dengan Tanya Veronika, Anda juga dapat berkomunikasi langsung dengan asisten non-virtual alias pegawai customer care asli. Dengan mengetik bicara dengan cs, kamu dapat meminta Veronika untuk menghubungkan langsung dengan pegawai Telkomsel yang sedang bertugas.

Dengan hadirnya fitur ini, lengkaplah sudah Tanya Veronika menjadi GraPARI virtual yang bisa kamu andalkan sebagai pelayanan pelanggan yang selalu siap membantu kapanpun dibutuhkan. Segala kebutuhan yang berkaitan dengan ponsel kamu, sejatinya sudah dapat dipenuhi sebagian besar dengan kehadiran asisten virtual Tanya Veronika. 

Masih ragu menjadi pelanggan Telkomsel untuk mencoba fitur baru ini? Saran kami, segera daftar dan aktivasi nomor Telkomsel kamu agar dapat langsung berkomunikasi dengan asisten virtual sebagai partner kebutuhan seluler sehari-hari.

Next article Next Post
Previous article Previous Post