Monday, March 8, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Dengan semakin tingginya kebutuhan untuk beraktivitas jarak jauh, tentu penggunaan virtual meeting dengan aplikasi seperti ZOOM dan Google Meet akan semakin tinggi. Seiring dengan tren baru tersebut, tidak jarang kita pada akhirnya membutuhkan fitur yang lebih mumpuni dengan membeli akun Zoom tipe premium.
online conference dengan akun zoom berbayar
online conference dengan akun zoom berbayar
Sayangnya, bantuan atau tim support dari platform satu ini tidak cukup mudah untuk ditemukan. Jika kita masuk ke situs resminya di Zoom.us, kolom bantuan chatbot dibagian bawah hanyalah asisten virtual yang akan menjawab dengan respon seadanya atau bahkan tidak menjawab apa yang kita inginkan. Oleh karenanya, lewat tulisan ini, tim Fedora akan memberikan beberapa cara agar Anda dapat menghubungi tim dukungan Zoom yang berupa customer care real person untuk menjawab beberapa kebutuhan terkait akun Zoom Premium ataupun yang masih bertipe Basic.

Cara Kontak Zoom Support

Perlu diketahui, walaupun cara kontak Zoom support ini dapat kamu lakukan secara langsung, namun pihak Zoom sebenarnya hanya melayani bantuan untuk Paid Account alias akun Zoom Premium. Oleh karenanya, jika kamu menghubungi sebagai akun gratisan, ada baiknya yang Anda tanyakan adalah seputar pembayaran atau bagaimana cara untuk upgrade account Zoom dan sebagainya. Intinya yang menunjukkan bahwa pertanyaan kamu mengandung intensi untuk berlangganan akun Zoom berbayar.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut cara mudah untuk menghubungi layanan dukungan Zoom support yang hanya bisa dilakukan lewat browser (tidak bisa via aplikasi):

  1. Masuk dengan akun Zoom kamu di situs Zoom.us, lalu buka halaman Zoom Technical Support pada tautan berikut ini: support.zoom.us/hc/en-us/articles/201362003.
  2. Scroll ke bawah hingga terdapat tulisan Zoom Support Team Contact Options dan Paid Account Users, selanjutnya perhatikan tautan berwarna biru pada tulisan web case support dan klik tautan tersebut. Jika kamu tidak menemukannya, perhatikan yang ditunjuk tanda panah pada gambar dibawah ini. Jika kamu kesulitan dalam menemukan tautan tersebut, cukup klik link berikut: support.zoom.us/hc/en-us/requests/new. Pastikan kamu sudah dalam posisi login akun Zoom.
    zoom support contact
    zoom support contact

  1. Setelah mengklik tautan diatas, kmau akan dibawa ke halaman kontak untuk membuat form pertanyaan kepada pihak dukungan layanan dari Zoom.us. Selanjutnya, pilih tipe pertanyaan yang ingin diajukan, jika dalam hal ini kamu ingin menanyakan perihal pembayaran ataupun refund credit yang ada dalam akun Zoom kamu, pilih opsi Billing.
    opsi zoom support request
    opsi zoom support request 

  2. Selanjutnya, lengkapi formulir yang berisi kolom pertanyaan, jenis pengaduan, serta unggah lampiran file yang relevan dengan masalah di akun Zoom kamu. Klik Submit setelah semua kolom terisi penuh.
    lengkapi formulir pertanyaan zoom support
    lengkapi formulir pertanyaan zoom support

  3. Setelahnya, kamu tinggal menunggu respon dari pihak Zoom, jika kamu menghubungi dengan akun Zoom Indonesia, ada kemungkinan persoalan Anda akan segera dijawab oleh pihak Zoom Video Communications cabang Asia Tenggara dalam 2x24 jam.
  4. Cek email yang tertaut dengan akun Zoom secara berkala atau masuk ke halaman https://support.zoom.us/hc/en-us/requests untuk melihat jawaban serta status laporan kamu. Tandai pesan request dengan SOLVED jika permasalahan akun Zoom kamu telah terselesaikan.
    histori kontak dengan zoom support
    histori kontak dengan zoom support

Dengan panduan diatas, tentu saat ini kamu tidak akan kesulitan lagi untuk menghubungi pihak dukungan layanan dari Zoom Video Communications. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar billing atau bahkan refund, proses pengembalian Zoom credit Anda juga bisa dikembalikan ke metode pembayaran yang digunakan sebelumnya melalui kartu kredit ataupun PayPal dalam 3-5 hari kerja.

Fitur-fitur Akun Zoom Premium

Mengapa kamu penting menggunakan akun Zoom Premium jika memang bekerja jarak jauh selama pandemi? Setidaknya berikut fitur-fitur Zoom berbayar yang membuat pengalaman melakukan virtual meeting jadi lebih nyaman dibandingkan dengan Zoom versi gratisan:

  • Group meetings bisa dilakukan hingga 30 jam
  • Bisa menambah peserta meeting hingga 1000 akun dengan add-on Large Meetings
  • Live streaming otomatis ke akun media sosial seperti YouTube
  • Kapasitas rekaman meeting hingga 1GB

Tentu masih ada banyak lagi keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan akun Zoom versi Premium. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu dapat langsung mengakses website Zoom.us dan melihat daftar Plans yang disediakan. Bagaimana, dengan tutorial yang kami berikan diatas, lebih mudah bukan mengelola pengaturan akun Zoom Anda sekarang?

Next article Next Post
Previous article Previous Post