Wednesday, March 3, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Buat kamu yang senang bergelut dalam dunia filmografi, pelayanan publik, serta pemasaran bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan tools Speech to Text. Pada umumnya, orang akan langsung mengasosiasikan tools STT dengan Google Translate sebagai platform paling populer. Tapi tahukah Anda, bahwa salah satu startup tech asal Indonesia, Botika, berhasil membuat tools berbasis teknologi Natural Neural Network dengan pengucapan bahasa Indonesia yang lebih mudah dipahami dan lebih nyaman didengar oleh telinga.

SaaS berbasis AI - Botika Online
SaaS berbasis AI - Botika Online

Aplikasi suara buatan yang disediakan Botika ini juga dapat diakses secara gratis hingga batasan 10.000 karakter, Selain gratis dan kualitas suara yang mumpuni, aplikasi Botika Text to Speech juga menyediakan dua pilihan gaya berbicara, kedua opsi tersebut adalah:


  • Suara wanita dewasa yang cenderung lebih profesional
  • Suara wanita muda dengan pengucapan relatif cepat

Lewat halaman Text to Speech Botika, Anda juga dapat melihat contoh-contoh hasil suara yang di-generate dari tulisan yang kamu masukkan mulai dari pengumuman di pusat perbelanjaan, antrian customer care, hingga voice over untuk keperluan promosi.

Cara Menggunakan Text to Speech Botika 

Tidak sulit untuk mengubah tulisan menjadi suara dengan software as a service Botika yang diesiakan secara gratis. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Siapkan tulisan yang ingin kamu ubah dalam bentuk suara, kamu bisa memadukan bahasa Indonesia dengan istilah dalam bahasa Inggris yang dapat diubah menjadi pengucapan yang cukup fasih di Botika.
  2. Buka halaman botika.online/TextToSpeech dan scroll ke bawah hingga kamu menemukan kolom untuk mengisi teks yang ingin dikonversi.
  3. Salin dan tempel tulisan yang sudah kamu siapkan pada kolom besar berwarna putih yang ada di halaman tersebut, lalu setelahnya kamu bisa memverifikasi Captcha dengan tap pada kotak kosong disamping tulisan I'm not a robot.
    Text to speech Botika
    Text to speech Botika
  4. Pilih opsi download pada icon berlogo cloud atau tombol play untuk memutar suara yang dihasilkan.
  5. Cek suara yang dikeluarkan dan cocokkan dengan tulisan yang kamu masukkan. Perbaiki kesalahan pengetikan jika typo pada teks yang yang diinput.
  6. Simpan file mp3 audio tersebut di perangkat kamu jika sewaktu-waktu ingin kamu gunakan

Cara Ganti Nada Dering WA dengan Suara Botika

Sampai pada tahap ini, kamu sudah memiliki file audio dalam format mp3 dari tulisan yang tadi kamu konversi. Sekarang, file audio ini dapat juga kamu gunakan sebagai nada dering notifkasi di aplikasi WhatsApp loh, ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti petunjuk dibawah ini:

  1. Simpan file mp3 yang kamu unduh tadi di ponsel kamu
  2. Pindahkan file mp3 tersebut ke folder Notifications menggunakan aplikasi File Manager di ponsel kamu
  3. Jika kamu sulit menemukan folder tersebut, atur file mp3 secara manual dengan cara masuk ke Settings > Ringtone > Klik Icon + > Pilih File mp3 lalu klik Done seperti panduan gambar dibawah ini.
    cara atur ringtone di hp android
    cara atur ringtone di hp android

  4. Setelahnya, kamu tinggal memasang file mp3 tersebut sebagai nada dering notifikasi WA dengan cara membuka aplikasi WhatsApp dan masuk ke pengaturan dengan mengklik tombol titik tiga di pojok kanan atas aplikasi
  5. Setelah masuk ke pengaturan WhatsApp, cari menu Notification, klik Notification tone, lalu pilih file mp3 di bagian cutom tone yang tadi kamu siapkan untuk jadi nada dering WA
    cara ubah nada dering wa
    cara ubah nada dering wa

  6. Tutup jendela pengaturan notifikasi dan kamu sudah selesai memasang nada dering WA dengan suara Google natural dari Botika text to speech.  

Mudah saja bukan menggunakan aplikasi text to speech dari Botika untuk jadi nada dering WhatsApp? Sayangnya, jika kamu menggunakan software ini tanpa masuk sebagai akun terdaftar, kamu hanya bisa memasukkan maksimal 170 karakter pada kolom teks yang disediakan. Sedangkan untuk harga Botika STT versi berbayar, dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Paket TTSHargaPenghitungan
Gratis hingga maksimal 10.000 karakterGratisHingga 10.000 karakter
0 sampai 4.000.000 karakterRp1.000.000 / 1.000.000 KarakterPer bulan
> 4.000.000 karakterKontak BotikaPer bulan

Dengan adanya aplikasi yang dapat mengubah tulisan Indonesia ke dalam bentuk suara yang terdengar natural, tools Botika ini akan semakin memudahkan banyak sektor bisnis yang bergerak di bidang ini. Hal lain yang membuat kita bangga adalah Botika ini merupakan perusahaan asli Indonesia yang berisi pengembang-pengembang handal dari dalam negeri.
pengembangan teknologi botika
Sejarah pengembangan teknologi Botika / Botika.online

Selain mengembangkan software text to speech, perusahaan yang fokus dalam pengembangan aplikasi berbasis kecerdasan buata ini juga mengembangkan platform lainnya seperti chatbot multi-platform, image and voice recognition, voice bot, serta speech to text. Anda dapat mempelajari lebih lanjut melalui situs Botika.online untuk melihat apa saja layanan dan aplikasi yang mereka sediakan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post