Thursday, February 11, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

WhatsApp sebagai aplikasi chatting paling populer saat ini tentu memiliki banyak fungsi, diantaranya fitur photo sharing yang memungkinkan Anda untuk berbagi momen terbaru kepada kolega dan grup keluarga. Sayangnya, pada beberapa kamera terutama untuk smartphone generasi terbaru seperti Samsung S8, perbedaan resolusi hp dan aplikasi WhatsApp kadang memungkinkan tampilan kamera tidak penuh seluruh layar.

mengatasi kamera whatsapp tidak full screen
mengatasi kamera whatsapp tidak full screen

Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang telah teruji dapat mengatasi kasus kamera WhatsApp tidak full-screen di hp Anda:

Update WhatsApp dengan versi terbaru

Jika Anda menggunakan WhatsApp versi lama, ada kemungkinan software yang digunakan sekarang tidak kompatibel dengan hardware kamera hp Anda. Oleh karenanya, pastikan WhatsApp yang digunakan adalah versi terbaru dengan melakukan pengecekan berkala atau dengan mengunjungi halaman aplikasi WhatsApp baik di Android ataupun di iOS:


  1. Play Storeplay.google.com/store/apps/whatsapp
  2. App Storeapps.apple.com/us/app/whatsapp-messenger/

Ubah Pengaturan Resolusi Smartphone

contoh tampilan kamera whatsapp tidak fullscreen
contoh tampilan kamera whatsapp tidak fullscreen / xda-developers.com

Untuk beberapa smartphone versi terbaru, Adakalanya resolusi layar yang terlalu tinggi membuat WhatsApp belum mendukung resolusi atau ukuran layar tersebut. Oleh karenanya, yang perlu Anda lakukan adalah mengubah resolusi layar hp Anda mengikuti standar WhatsApp yang ada saat ini. Berikut cara mengubahnya:

  1. Masuk ke pengaturan smartphone Anda atau ke menu "Settings" pada kebanyakan hp dalam mode bahasa Inggris.
    menu pengaturan di smartphone android
    menu pengaturan di smartphone android

  2. Pilih menu "Display" dan cari pilihan opsi "Screen Resolution". Pilih menu tersebut agar Anda dapat membuat mode layar hp Anda kompatibel dengan software kamera WhatsApp.
  3. Ubah pengaturan resolusi layar ke dalam mode FHD atau pilih opsi "Set screen to FHD+". Untuk beberapa gadget high-end, biasanya mode default resolusi layar menggunakan mode WQHD+ 2960x1440, ubah versi WQHD tersebut ke dalam mode FHD+ dengan cara diatas.
  4. Buka aplikasi WhatsApp dan nikmati kamera WA yang sudah bisa dalam mode layar penuh kembali.

Jika cara diatas belum berhasil, ada baiknya kamu melakukan tips terakhir, namun cara ini tidak seefektif kedua cara diatas yang telah dijelaskan sebelumnya.

Cara Alternatif Mengembalikan Kamrea WhatsApp Fullscreen

Jika kedua cara diatas belum berhasil, ada kemungkinan saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, handphone Anda tidak membukanya selayar penuh. Untuk mengembalikannya, Anda bisa masuk seperti cara kedua, hanya saja, di bagian "Display" Anda bisa memilih opsi "Full Screen Apps".

Disana akan tertera semua aplikasi yang terinstall di device Anda. Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi WhatsApp dan atur agar aplikasi WA tersebut memiliki mode default full-screen sebagaimana pengaturan seperti gambar dibawah ini:
opsi whatsapp fullscreen di android
opsi whatsapp fullscreen di android

Pilih opsi "full screen" seperti ditunjukkan panah berwarna merah diatas. Setelahnya, device android Anda akan menjalankan aplikasi WhatsApp selalu dalam mode satu layar penuh dan mode kamera yang Anda gunakan tidak akan terpotong seperti sebelumnya.

Itulah 3 trik cara mengatasi kamera WhatsApp yang tidak full-screen, jika kamu punya pengalaman pribadi atau ada masukkan dari tutorial yang kami berikan diatas, silakan tinggalkan lewat kolom komentar ya!
   

Next article Next Post
Previous article Previous Post