Monday, February 22, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

CorelDraw merupakan perangkat lunak pengolah gambar vektor terpopuler setelah Adobe Illustrator. CorelDraw biasa digunakan untuk membuat logo, brosur, dan berbagai desain vektor lainnya. Fitur-fitur yang tersedia di CorelDraw cukup user-friendly sehingga memudahkan siapa pun yang baru saja akan belajar CorelDraw. CorelDraw dikembangkan Corel Corporation sehingga software ini memiliki nama lain Corel's Graphic Suite.


Di CorelDraw, teman-teman dapat menerapkan efek dan transformasi ke sebagian besar elemen, termasuk teks. Misalnya, kalian dapat melengkungkan teks pada desain grafis yang dibuat. Kontrol kotak teks tidak memiliki opsi lengkungan, jadi dalam penerapannya perlu menggunakan metode yang berbeda.


Salah satu fitur utama, seperti penulis sebutkan sebelumnya di atas, adalah CorelDraw menyediakan UI ramah yang dapat dipelajari untuk digunakan dengan cepat, sehingga untuk pemula dapat memperluas kreativitas mereka dan para profesional dapat membuat beberapa desain atau layout yang memukau.

CorelDraw memiliki alat serbaguna seperti node shaping, mesh fill, dan lain-lain yang serbaguna dan selalu dipakai hampir di semua tempat dalam mendesain. Menjadi perangkat lunak grafik vektor tidak membuat piksel desainnya menjamin pencetakan berkualitas tinggi. Karenanya banyak printer definisi tinggi diprogram untuk menerima file format Corel untuk pencetakan.


Sayang sekali, CorelDraw merupakan perangkat lunak berbayar, namun jangan khawatir CorelDraw memiliki fitur free-trial atau uji coba gratis selama lima belas hari yang bisa teman-teman nikmati.

membuat teks melingkar di coreldraw
membuat teks melingkar di coreldraw

Pada artikel kali ini, teman-teman akan belajar bagaimana cara membuat tulisan melengkung di CorelDraw. Cara membuat tulisan melengkung di CorelDraw hampir sama seperti di Adobe Photoshop, yuk simak baik-baik tutorialnya di bawah ini:


  1. Pertama, buka software CorelDraw versi berapa pun. Untuk artikel ini, menggunakan CorelDraw X7. Lalu buat lembar kerja baru atau CTRL + N. Maka akan muncul lembar kerja baru.
  2. Langkah kedua, pilih Ellipse Tool yang berada di kotak tool di sebelah kiri. Untuk membuat lingkaran tampak proporsional, kalian dapat menekan tombol Shift pada keyboard. Untuk tutorial kali ini menggunakan lingkaran yang agak lonjong supaya teman-teman lebih mengerti perbedaannya.
    ellipse tool di corel
    ellipse tool di corel
  1. Setelah lingkaran dibuat, pilih Text Tool yang berada di kotak tool sebelah kiri. Kemudian klik pada bagian garis lingkaran seperti yang ditunjukkan pada gambar panah di bawah ini. Teman-teman bisa memulai dari sudut mana saja yang penting berada di garis atau dekat dengan garis.
    Text tool di garis lingkaran
    Text tool di garis lingkaran
  1. Mulailah menulis kalimat yang teman-teman inginkan.
    tulis kalimat yang diinginkan
    tulis kalimat yang diinginkan
  1. Apabila teman-teman ingin menghilangkan shape lingkaran kalian bisa mengikuti petunjuk di bawah. Klik ikon yang tertunjuk pada panah.
    cara hilangkan shape di corel
    cara hilangkan shape di corel
  1. Kemudian akan muncul kotak sebagai berikut. Ubah Width menjadi None, kemudian klik OK.
    atur outline pen menjadi 0
    atur outline pen menjadi 0
  1. Maka hasilnya akan sebagai berikut, mudah sekali bukan? Apabila ingin menebalkan garis lingkaran, lakukan cara yang sama, tapi Width ubah menjadi lebih tebal.
    teks melengkung di CorelDraw
    teks melengkung di CorelDraw
CorelDraw pertama kali dirilis tahun 1989 dan langsung memikat hati para penggiat seni grafis. Sampai saat ini, software tersebut masih digunakan oleh banyak orang, dengan versi terbaru yakini CorelDraw Graphic Suite 2020, yang dirilis pada tahun lalu.

CorelDRAW terutama dirancang untuk sistem operasi Windows. Ada beberapa rilis untuk macOS dan macOS X, tetapi penjualan yang buruk mengakibatkan penghentian versi tersebut. Ada juga port ke Linux pada tahun 2000, yang membutuhkan versi Wine yang dimodifikasi untuk menjalankan perangkat lunak tersebut. CorelDraw tersedia untuk diunduh di situs web resmi CorelDraw. Para pengguna dapat mencoba perangkat lunak dengan versi uji coba gratis, para pengguna juga dapat membeli langganan tahunan, atau mereka dapat membelinya dengan biaya satu kali.


CorelDraw terkenal di industri dan kalangan penggiat desain grafis/seni grafis bukan tanpa sebab, fitur serbagunanya dalam desain grafis baik untuk web, periklanan, dan cetak belum dapat ditandingi berbagai perangkat lunak lain.


CorelDraw juga dapat digunakan untuk mengedit foto, asalkan tidak untuk manipulasi foto yang rumit. Salah satu fitur menonjol dengan perangkat lunak ini adalah kompatibilitas dengan aplikasi serupa seperti Adobe Illustrator dan Photoshop dan dengan printer industral, karena desain dapat dengan mudah dicetak langsung dari dialog aplikasi. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post