Monday, December 7, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Memberikan nomor telepon ketika akan mendaftar atau masuk ke akun WhatsApp memang sebuah langkah yang wajib dilakukan. Namun hal ini mungkin tidak disukai oleh sebagian orang, terutama mereka yang sangat menjunjung tinggi privasi. Apakah Anda termasuk salah satunya?

menyembunyikan nomor whatsapp untuk privasi
menyembunyikan nomor whatsapp untuk privasi

Sesuai prosedur, WhatsApp akan meminta pengguna memasukkan nomor telepon untuk memulai layanannya. Selain itu, nomor telepon tersebut juga bisa dilihat oleh sesama pengguna WhatsApp. Bagaimana cara menyembunyikan nomor wa tersebut dari orang lain?

Cara Menyembunyikan Nomor WhatsApp

Pernahkah Anda menghubungi orang yang tidak Anda simpan kontaknya di ponsel? Hal ini bisa Anda lakukan apabila orang tersebut satu grup dengan Anda. Ketika Anda membuka profilnya, nomor telepon tertera jelas di sana.


Bukankah hal tersebut berbahaya dan bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab? Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyembunyikan nomor telepon dari tampilan profil WhatsApp. Caranya tak terlalu sulit apabila Anda mengikuti tutorial di bawah:


  1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  2. Klik titik 3 yang ada di bagian kanan atas layar untuk menampilkan menu.
  3. Pilih menu Settings.
  4. Setelah itu, klik pada submenu Account lalu klik lagi di Privacy.
  5. Klik pada About.
  6. Di sana akan muncul 3 opsi berbeda yaitu Everyone, My Contacts, dan Nobody. Secara default, opsi pertamalah yang aktif. Artinya, semua orang bisa melihat nomor telepon beserta status Anda.
  7. Sebaiknya Anda pilih opsi kedua, My Contacts untuk membagikan informasi tersebut hanya kepada orang yang nomornya sudah Anda simpan.
  8. Anda juga dapat memiliki Nobody untuk tidak menampilkan informasi nomor telepon serta status kepada siapa pun. Pilihlah opsi ini untuk menyembunyikan nomor WhatsApp.

Menampilkan Nomor Lain di Profil WhatsApp

Cara di atas memang cukup efektif untuk menyembunyikan nomor WhatsApp dari orang asing. Sayangnya, orang yang memiliki kontak Anda masih dapat mendeteksi bahwa Anda juga memiliki akun WhatsApp.


WhatsApp memang selalu meminta nomor telepon aktif ketika Anda mendaftarkan diri pada aplikasi chatting ini. Namun hal ini tidak berarti Anda tak bisa menyembunyikan nomor Anda saat ini dari semua kontak.


Untuk menyembunyikan nomor saat ini, Anda perlu menyiapkan satu buah SIM card cadangan beserta ponsel cadangan. Ponsel yang digunakan di sini tidak harus smartphone. Anda bisa menggunakan feature phone asalkan bisa dipakai untuk menerima SMS. Berikut ini tutorialnya.

Pilihan ganti nomor wa di android
Pilihan ganti nomor wa di android
  1. Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah SIM card yang nomornya belum pernah dibagikan kepada siapa pun.
  2. Setelah itu, Anda copot pemasangan atau uninstall aplikasi WhatsApp dari ponsel.
  3. Lepas SIM card lama yang terpasang pada ponsel utama. Jika ponsel Anda harus dilepas baterainya ketika akan mengambil SIM card, sebaiknya matikan terlebih dahulu dayanya.
  4. Pindahkan SIM card lama ke ponsel cadangan dan pastikan bisa menangkap sinyal serta menerima SMS.
  5. Masukkan SIM card baru ke ponsel utama lalu nyalakan ponsel.
  6. Jika kartu belum terdaftar, dan harus melakukan registrasi memakai NIK dan Nomor KK.
  7. Setelah itu, pasang kembali aplikasi WhatsApp.
  8. Buka aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor lama Anda untuk mendaftar.
  9. Masukkan kode verifikasi yang masuk melalui SMS di ponsel cadangan.

Dengan cara di atas, Anda tetap menggunakan nomor lama untuk WhatsApp, sementara nomor baru yang Anda pakai saat ini tak diketahui oleh siapa pun. Dengan kata lain, Anda sudah berhasil menyembunyikan nomor dan membuat akun WhatsApp dengan nomor lain. Sangat mudah, bukan?

Next article Next Post
Previous article Previous Post