Wednesday, November 4, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Selain dimanfaatkan sebagai wadah kreativitas. Belakangan ini YouTube lebih populer sebagai media penghasil cuan. Semua orang berbondong-bondong membuat akun baru di YouTube, posting konten yang menarik dan viral kemudian dapat berubah menjadi pundi-pundi dana bulanan dengan adanya program AdSense. 

Cara mudah optimasi youtube channel
Cara mudah optimasi youtube channel

Sayangnya, populer di YouTube bukan perkara gampang. Sebanyak apapun konten video yang Anda upload jika kurang berkesan tidak akan trending dan ditonton banyak orang. Tapi itu dahulu, karena kini Anda bisa memanfaatkan tools populer TubeBuddy untuk meningkatkan traffic penonton. 

Tutorial Menggunakan TubeBuddy 

Pada dasarnya, menggunakan TubeBuddy untuk mengoptimasi channel YouTube kita bukanlah perkara sulit. Syaratnya cukup sediakan browser Chrome atau Firefox pada smartphone atau laptop Anda. Selengkapnya simak step by step berikut ini.

  1. Unduh Aplikasi TubeBuddy

Sebelum menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada TubeBuddy, pertama-tama Anda harus terhubung terlebih dahulu pada tools tersebut. Unduh TubeBuddy secara langsung melalui www.tubebuddy.com atau gunakan ekstensi yang terdapat pada Firefox dan Chrome. Anda yang ingin terhubung via android atau iPhone. Dapat mengunduh aplikasi TubeBuddy melalui Play Store atau App Store. 

ekstensi tubebuddy di chrome
ekstensi tubebuddy di chrome diunduh lebih 1 juta pengguna

  1. Masukan Email

Usai menginstall TubeBuddy, silahkan sign up atau login menggunakan email Anda. Sangat direkomendasikan untuk memakai email yang sama dengan email YouTube Anda. Sehingga kedua akun bisa langsung teroptimasi secara otomatis. 

  1. Cara Menemukan Keyword YouTube Populer by TubeBuddy

Usai terhubung pada TubeBuddy, Anda hanya perlu menyesuaikan diri ingin menggunakan fitur apa yang tersedia di tools tersebut. Seperti fitur riset keyword ini yang memungkinkan Anda menemukan kata kunci populer pada YouTube. Perhatikan tutorial singkatnya berikut ini:


  • Pertama, silahkan Anda masuk ke channel atau akun YouTube Anda. Pastikan jika channel Anda sudah memiliki beberapa video yang diposting untuk mempermudah proses pencariannya.
  • Setelah itu pilih icon TubeBuddy yang tampak pada halaman YouTube Anda untuk kemudian pilih Keyword Explorer. 
  • Terakhir, Anda cukup menuliskan kata kunci di kolom pencarian Keyword Explorer. Misalnya kecantikan atau kosmetik. Dan secara otomatis TubeBuddy akan menampilkan kata kunci populer dari keyword yang Anda input. 

Di atas hanya satu dari sekian banyak cara menjalankan TubeBuddy. Selain menggunakan fitur Keyword Explorer pengguna tools ini juga dapat memanfaatkan fitur lainnya termasuk Tag Explorer, Topic Planner dan sebagainya. Yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan TubeBuddy adalah kesiapan channel YouTube.

tubebuddy sebagai layanan terdaftar di YouTube
tubebuddy sebagai layanan terdaftar di YouTube

Jika channel Anda belum memiliki satu video pun, aplikasi ini tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Pastikan login ke alamat email yang tepat agar terhubung dengan dashboard YouTube yang tepat. 

Fitur-Fitur Menarik TubeBuddy

Sebelumnya telah disebutkan beberapa fitur yang tersedia pada tools atau aplikasi TubeBuddy. Agar Anda lebih memahami fungsi dari masing-masing fitur tersebut. Simak pemaparannya berikut.

  1. Tag Explorer

tiru tag video youtube kompetitor
tiru tag video youtube kompetitor

Sama seperti Instagram yang menambahkan tag tertentu pada tiap postingannya. YouTube pun memiliki tag yang dimanfaatkan para pengguna untuk menemukan video-video menarik dengan mudah. Melalui TubeBuddy, Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan tag-tag populer yang digunakan oleh YouTuber terkenal. Makin banyak tags populer yang Anda input pada sebuah video, makin populerlah video atau konten YouTube tersebut.

  1. Best Time to Publish

Dari namanya saja Anda mungkin bisa memperkirakan apa fungsi atau tujuan utama fitur ini. Fitur ini membantu pengguna YouTube untuk menentukan tanggal atau hari terbaik mengunggah konten videonya. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh YouTuber pemula untuk meningkatkan traffic pengunjung konten YouTube-nya. 

  1. Competitor Tracking

Menemukan konten unik yang benar-benar inovatif di YouTube merupakan hal yang sulit. Alhasil, kadangkala Anda harus mengupload konten YouTube yang sama atau satu tema dengan channel milik orang lain seperti konten mukbang atau tutorial makeup dan sebagainya.


Tujuan dari fitur ini tidak lain sebagai mata-mata yang membantu Anda menganalisis kondisi terbaru dari channel YouTube kompetitor. 

  1. Tag List

Dalam satu akun atau channel YouTube terkadang banyak sekali kategori video yang muncul. Misalnya Anda upload video kesehatan hari ini lantas mengunduh video bisnis satu minggu kemudian. Dengan memanfaatkan Tag List, Anda dapat menyesuaikan video berdasarkan pada kategorinya masing-masing.


Sehingga video yang terunggah tampak lebih rapi. Subscriber channel Anda pun bisa menemukan video yang ingin mereka tonton dengan lebih mudah karena sudah dikategorikan dengan baik. 

  1. Video Topic Planner

Salah satu alasan utama YouTuber pemula mengunduh dan menggunakan TubeBuddy karena aplikasi ini mampu mencarikan ide konten yang baik dan populer. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memanfaatkan fitur Video Topic Planner ini. 

video topic planner di tubebuddy
video topic planner di tubebuddy

Melalui fitur ini, Anda dapat melihat apa saja video yang sedang trending di YouTube. Bahkan melihat popularitas video berdasarkan pada komentar, topic, atau jumlah viewers penonton. Melalui fitur ini, sesulit apa pun Anda menemukan ide konten yang baru rasanya akan menjadi 2x lebih mudah. 

  1. Data Insight

Fitur lainnya yang tidak kalah penting dan banyak disukai pengguna TubeBuddy adalah Data Insight. Fitur ini memudahkan Anda untuk me-riset video yang paling banyak dilihat oleh pengguna YouTube. Atau melihat data insight channel. 


Itulah cara menjalankan tools atau aplikasi TubeBuddy berikut penjelasan singkat mengenai fitur-fiturnya. Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi ini atau baru berencana untuk menggunakannya. Pahami terlebih dahulu seluruh informasi yang telah dijelaskan di atas.

Next article Next Post
Previous article Previous Post