Tuesday, October 13, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Produk teknologi masa kini semakin hari terus berkembang. Jika dulunya Anda harus menggunakan kabel ketika akan menyalurkan musik ke audio player, saat ini sudah ada DAP atau digital audio player. Perangkat ini bisa dipindah dan dihubungkan tanpa menggunakan kabel. Salah satu produk DAP terbaik dan cukup banyak diminati konsumen adalah Fiio M5.

Spesifikasi Fiio M5

Mengapa banyak yang memilih Fiio  M5? Hal ini tentu saja karena banyak keunggulan yang dimiliki seri Fiio ini. Fiio sendiri merupakan produk DAP yang diproduksi perusahaan asal China. Seri M5 memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan merk Shanling yang mengunggulkan desain produknya.


Fiio M5 memiliki berat produk 38 gram. Dimensi perangkat sedikit lebih tebal daripada Shanling. Untuk dimensi layarnya, yakni 2.4 inci dengan resolusi 240 x 240 pixel. Layar M5 berupa layar sentuh, sehingga memudahkan pengguna dalam mengontrol dan melakukan pengaturan manual.


Desain Fiio M5 memiliki body mewah karena pada bingkainya menggunakan perpaduan kaca dan logam. Pada bagian atas, terdapat beberapa tombol seperti volume rocker, lubang jack 3.5 mm (output S, line out dan headphone), dan tombol power. Tidak lupa juga dilengkapi mikrofon sebagai tempat input dan output suara agar lebih jelas.


Pada bagian bawahnya, dilengkapi dengan tempat kartu slot microSD beserta port USB-C. Ketika Anda membeli produk ini, Anda akan diberikan penutup plastik sebagai pelindung perangkat dari berbagai goresan yang mungkin terjadi.


Memori eksternal untuk Fiio M5 bisa mencapai 2TB. Format audio yang bisa didengarkan melalui Fiio M5 di antaranya APE,FLAC, DSD, MP3, WMA, WAV, hingga Apple Lossless. Chip DAC yang digunakan pada produk ini adalah AK4377 dan didukung decoding audio 384kHz per 32 bit dan DSD128. Impedansi untuk headphone yang tersambung ke M5 antara 16 hingga 100 Ohms.


Spesifikasi:

  • Daya baterai: 550 mAh (Sebagai pemancar 8 jam, sebagai penerima 2 jam)
  • Sinyal pemancar: Codec SBC, LDAC, aptX
  • Sinyal penerima: AAC, aptX HD, aptX, dan SBC

Harga Terbaru Fiio M5

Pada umumnya, DAP yang berkualitas bagus pasti dibanderol di harga lebih dari Rp2.000.000,-. Namun, untuk beberapa produk dari China, misalnya Fiio, Anda bisa mendapatkan DAP mulai dari Rp1.000.000,- saja. Untuk DAP Fiio seri M5 dijual antara kisaran Rp1.500.000,- hingga Rp2.700.000,-. Perbedaan harga tergantung dari seri M5 biasa atau M5 Ultra.

Fiio m5 review dan spesifikasi / Tokopedia
Fiio m5 review dan spesifikasi / Tokopedia

Agar mendapatkan harga murah, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu di pasar barang-barang digital. Anda bisa langsung datang ke beberapa toko offline atau melihatnya melalui situs e-commerce terpercaya.

Review Kelebihan dan Kekurangan Fiio M5

1. Kelebihan

· Mudah Dioperasikan

Sudah sangat jelas jika M5 menjadi DAP yang sangat mudah dioperasikan. Bentuknya yang mungil, ringan, dan sudah layar sentuh akan lebih memudahkan penggunanya dalam menjalankan setiap fitur yang ditawarkan.

· Navigasi Mudah dan UI Bersih

Sistem navigasi untuk perangkat Fiio M5 dibuat sesederhana mungkin agar lebih mudah digunakan. Jika Anda ingin melakukan pengaturan, Anda hanya perlu memencet beberapa tombol di bagian atas dan bawah. Selain itu, kondisi UI juga bersih, dikarenakan tidak adanya memori internal yang menyertai.

· Dukungan Bluetooth

Untuk memudahkan penyambungan antara Fiio M5 dengan smartphone, laptop, komputer, dan semacamnya, maka produk ini telah didukung adanya fitur Bluetooth. Kinerja bluetooth tidak hanya berfungsi sebagai pemancar, tetapi juga bisa menjadi penerima.

· Format File Beragam

Beberapa DAP kadang kala masih terhalang dengan pengaturan format. Namun, untuk M5 ini, Anda bisa memutar segala macam audio dengan berbagai macam format. Tidak hanya MP3 saja, format WAV, dan APE pun bisa diputar.

· Performa Bagus dan Nyaman

Bentuk desain yang elegan dan kinerja yang bagus, membuat performa Fiio M5 banyak disukai oleh penggunanya. Hal ini karena para pengguna merasa nyaman dan senang saat mendengarkan musik dari m5.

· Menghitung Jumlah Gerakan Olahraga

Jika Anda suka olahraga fitness, Anda bisa memakai fitur timer untuk menghitung jumlah gerakan yang sudah dilakukan. Dengan adanya timer ini, waktu olahraga Anda bisa tepat waktu dan sesuai instruksi yang telah diberikan.

tampilan unit Fiio M5
tampilan unit Fiio M5

2. Kekurangan

· Tidak Ada Memori Internal

Harga Rp1.500.000,- seharusnya sudah mendapatkan paket komplit. Namun, Fiio M5 ini tidak dilengkapi memori internal, sehingga Anda diharuskan membeli microSD. Kapasitas microSD, mulai dari 8 GB hingga 2 TB.

· Daya Tahan Baterai Hanya 3 Jam

Meskipun memiliki daya baterai 550 mAh, namun jika digunakan sebagai sinyal penerima, produk ini hanya bertahan selama 2 hingga 3 jam saja. Durasi yang cukup singkat ini tentu saja kurang memberikan kepuasan saat mendengarkan musik atau saat melakukan perekaman suara.


Bagi Anda yang sedang mencari DAP dengan harga di bawah Rp2.000.000,-, tetapi ingin adanya fitur lengkap, Anda bisa memilih Fiio seri M5. Produk ini sangat memudahkan penggunanya karena bisa dibawa ke mana saja dan desainnya sangat modern.

Next article Next Post
Previous article Previous Post