Friday, October 30, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pernahkah Anda mendengar mengenai text to speech (TTS)? Teknologi “teks berbicara” yang tengah ramai diperbincangkan. Sebenarnya TTS ini sudah muncul sejak 70 tahun yang lalu. Namun kemunculannya mulai menarik perhatian sejak banyaknya video Youtube Indonesia dengan gaya TTS dari Google Translate.


Sederhananya, text to speech adalah sistem atau teknologi yang bisa mengubah teks menjadi suara dengan otomatis. Di beberapa negara, sistem ini sudah digunakan dalam aktivitas sehari-hari hingga untuk keperluan bisnis. Saat ini pun tidak sulit untuk menemukan layanan text to speech, namun yang mendukung bahasa Indonesia masih bisa dihitung jari. Tapi tidak perlu khawatir, kami sudah berhasil merangkumnya untuk Anda.

5 Text To Speech dalam Bahasa Indonesia

Berikut kami rangkum 5 layanan text to speech yang populer dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya banyak digunakan, layanan ini juga memiliki tingkat ketepatan yang cukup baik. Apa sajakah layanan tersebut? simak pembahasannya berikut ini ya!

daftar aplikasi text to speech
daftar aplikasi text to speech

Artikel terkait: Sound of Text, Cara Mudah Konversi Teks ke dalam Suara

  1. Google Translate

Rasa-rasanya semua orang sudah sangat dekat dengan layanan milik Google yang satu ini. Selain sebagai translator online terpopuler, Google Translate juga memiliki fitur text to speech. Tidak main-main, fitur ini juga mendukung lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. 


Selain support untuk digunakan oleh jenis perangkat apa pun (laptop, komputer, smartphone), Google Translate juga memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Cukup sederhana, pertama Anda perlu memilih preferensi bahasa menjadi bahasa Indonesia. Selanjutnya tuliskan kalimat yang ingin disuarakan. Terakhir, dengarkan dengan klik tombol “listen” yang berada di sebelah kiri ikon mic. 

Dukungan text to speech di Google Translate
Dukungan text to speech di Google Translate

Sebagai catatan, kalimat yang Anda tulis sebaiknya tidak melebihi 1500 karakter. Karena Google Translate memiliki batasan karakter yang bisa disuarakan. Jika ingin lebih jumlah yang telah ditetapkan, Anda hanya tinggal menggunakan fitur lebih dari 1 kali. Meskipun memiliki batasan jumlah kata, Google Translate termasuk dalam layanan penyedia text to speech terbaik dengan intonasi nada yang tidak terlalu datar dan terus mengalami pengembangan setiap waktu. 

  1. ResponsiveVoice.org

Selain Google Translate, ada pula ResponsiveVoice yang juga merupakan layanan text to speech terbesar dan mendukung penggunaan bahasa Indonesia. Layaknya text to speech pada umumnya, ResponsiveVoice menggunakan suara wanita sebagai narator. 

pilihan suara beragam di responsive voice
pilihan suara beragam di responsive voice

Intonasi nada yang dibawakan narator dinilai hampir mirip dengan suara asli. Setiap tulisan yang disuarakan nyaman didengar. Beberapa pengguna bahkan menilai artikulasi dengan nilai 9/10. Kelebihan lain terletak pada kemudahan penggunaan, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi dan hanya tinggal menggunakan web ResponsiveVoice.


Hanya saja kekurangannya terletak pada titik dan koma yang dibacakan. Narator pada ResponsiveVoice akan berhenti setiap 16 kata tanpa adanya koma maupun titik. Hal inilah yang menjadikan beberapa kalimat kurang pas saat dibacakan. 

  1. Oddcast.com

Oddcast merupakan layanan text to speech berbasis web, sama seperti ResponsiveVoice.  Jadi Anda tidak perlu download aplikasi tertentu. Namun, intonasi dan artikulasi yang dihasilkan lebih datar jika dibandingkan dengan ResponsiveVoice. Sama seperti Google Translate, Oddcast memiliki batasan jumlah kata yang dibacakan. 


Namun kelebihan lain yang diberikan oleh Oddcast ialah adanya fitur yang mampu memodifikasi suara yang dihasilkan. Maka tidak salah jika layanan satu ini termasuk yang banyak digunakan. 

  1. Google text speech 

Jika sebelumnya berbasis web, Google Text Speech termasuk dalam layanan dalam bentuk aplikasi, khususnya pengguna Android. Google Text Speech bisa digunakan ke dalam aplikasi apa saja yang ada pada Android. Misalnya saja dalam pocket yang umum digunakan untuk menyimpan artikel favorit.

Tautan aplikasiplay.google.com/store/apps/google.tts

Aplikasi Google Text Speech akan sangat membantu Anda yang sedang malas membaca, namun ingin memperoleh informasi dari artikel. Sistem text to speech yang akan membacakan artikel tersebut untuk Anda. Artikulasi dan nada yang disuarakan terdengar menyerupai pembawa berita di Televisi. 

  1. Narrator's Voice

Aplikasi android lain yang bisa Anda gunakan ialah Narrator’s Voice. Aplikasi ini gratis sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh siapa saja. Layanan text to speech ini memiliki kelebihan dibandingkan layanan lain yakni adanya variasi narator dari berbagai negara berupa Amerika, China, Inggris, hingga Rusia. Jadi pengguna bisa menyesuaikan dengan suara yang diinginkan. Tentunya akan lebih menarik bukan?

narrators voice di google play
Narrators voice di google play

Namun, untuk narator Indonesia masih menggunakan suara wanita seperti narator pada Google Translate. Akan tetapi masih ada ciri unik lain yang dimilikinya yaitu menyuarakan kalimat yang ditulis serta memungkinkan untuk mengunduh rekaman hasil suara tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mendengarkannya kapan saja dan di mana saja.


Tautan aplikasiplay.google.com/store/apps/narrador


Bagaimana cara mengunduhnya? mudah saja, Anda hanya perlu menekan tombol download  yang terletak di bawah kolom teks. kemudian secara otomatis, hasil rekaman tersebut akan tersimpan di handphone Anda. Itulah mengapa Narrator Voice termasuk yang paling populer digunakan, terutama pada video di Youtube. 


Itulah 5 rekomendasi layanan text to speech yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan setiap hari. Dari ke-5 daftar di atas, manakah yang sudah Anda coba?

Next article Next Post
Previous article Previous Post