Monday, October 26, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Dalam beberapa tahun terakhir, perangkat Internet of Things (IoT) telah memasuki pasar dan memiliki penggemar tersendiri. Perangkat IoT yang paling populer adalah sistem speaker pintar. Sistem ini terdiri dari perangkat perintah suara nirkabel dengan asisten virtual terintegrasi. Perangkat ini digunakan untuk meningkatkan fungsi rumah Anda. 


Sebelumnya, Amazon Echo menduduki posisi pertama sebagai speaker pintar favorit. Namun sekarang telah ada berbagai speaker pintar dengan merek berbeda sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Lalu, bagaimana menentukan speaker pintar yang terbaik untuk rumah Anda? Simak dibawah ini untuk mengetahuinya.

Fokus pada ukuran, kualitas suara, dan harga

Selain memiliki kecerdasan buatan, sistem perangkat ini juga memiliki tiga spesifikasi utama yang wajib Anda pertimbangkan yaitu ukuran, kualitas audio, dan harga. Secara umum, speaker yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah cenderung memiliki kualitas audio yang buruk pula. Namun, apabila memiliki harga yang lebih tinggi, maka kualitasnya pun akan meningkat. 

poster kampanye amazon echo
poster kampanye amazon echo

Dengan biaya yang pas-pasan, Anda akan menemukan speaker kecil yang lebih murah seperti Google Nest Mini dan Amazon Echo Dot. Kedua perangkat ini memiliki kualitas audio yang tidak bagus baik untuk memutar umpan balik lisan, alarm, serta musik. Tetapi jika Anda hanya menginginkan fitur asisten digital, keduanya adalah perangkat yang direkomendasikan untuk Anda beli. 


Kemudian, dengan harga yang lebih tinggi, ada beberapa opsi yang memiliki berbagai kualitas audio dan taraf kecerdasan asisten AI. Contoh speaker dengan kualitas yang baik adalah Apple HomePod, Google Home Max, Sonos One, dan Amazon Echo Studio. Selain itu, masih ada pilihan alternatif, yaitu speaker dengan harga yang tidak terlalu mahal dengan kualitas yang cukup. 

satu set perangkat speaker pintar
satu set perangkat speaker pintar

Pada kategori ini, terdapat speaker Google Home yang tampak funky dan Amazon Echo terbaru. Keduanya tersedia dalam berbagai warna dan memiliki ukuran sebesar termos air. Amazon juga menawarkan pilihan lain dengan kisaran harga menengah yaitu Echo Plus dengan bentuk yang lebih besar. 

Cek kompatibilitas

Meski ukuran, audio dan harga adalah tiga pertimbangan wajib, tetapi Anda juga perlu memperhatikan beberapa kemampuan lain untuk menentukan speaker mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. jika Anda berencana untuk menghubungkan speaker Anda dengan perangkat lainnya, maka Echo Dot dan Nest Mini adalah pertimbangan yang bagus. Echo Dot memiliki Bluetooth dan jackline sebesar 3,5 mm sehingga membuatnya lebih fleksibel. 


Penggemar Smart Home juga harus menentukan apakah speaker yang mereka inginkan cocok dengan pengaturan saat ini atau yang akan data. Memastikan speaker Anda dapat mengatur perangkat lainnya adalah suatu keharusan. Amazon misalnya, menyediakan daftar perlengkapan pintar yang dapat bekerja sama dengan speaker Echo dan Sonos One. 

Pertimbangkan fitur bonus

Saat Anda memikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari speaker pintar, sebaiknya tinjau pula kemampuan bonus yang dibanggakan oleh beberapa perangkat ini. Misalnya, Anda mungkin ingin mencari produk dengan dukungan multi-pengguna yang memiliki kemampuan mengenali suara orang yang berbeda. Ini sangat berguna untuk menyampaikan informasi yang sesuai. Fitur seperti ini tersedia di Google Home dan rangkaian speaker Amazon Echo. 


Speaker Google mengubah pengaturan perangkat secara otomatis sesuai berdasarkan suara mereka. Sedangkan pada speaker Echo Anda harus memberi tahu Alexa untuk beralih akun setiap kali mengucapkan perintah tertentu. 

Memilih asisten AI

Tentu saja, Anda tidak hanya memikirkan kualita suara saja. Kecerdasan seorang pembicara adalah hal yang lebih penting daripada kemampuan audionya. Asisten AI on-board seharusnya juga mempengaruhi keputusan Anda. Alexa, Siri, dan Asisten Google semuanya sangat mumpuni, namun pilihan seperti itu tidak relevan. Faktor yang lebih penting untuk Anda pertimbangkan adalah ekosistem perusahaan mana yang mampu membuat Anda tertarik dan sesuai dengan gaya hidup Anda. 

foto google home terbaru
Produk google home terbaru

Seperti yang Anda pikirkan, perangkat keras suatu merek akan bekerja efektif dengan perangkat lunak dari pabrikan yang sama. Pengguna Apple dapat dapat berdampingan secara nyaman dengan perangkat MacBook dan iPhone. Begitu pula antara pengguna Amazon Fire dan Kindle. Hal ini juga terjadi pada pengguna speaker pintar. Pabrikan perangkat ponsel pintar yang Anda gunakan juga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih asisten AI.

Perhatikan keamanan

Dari speaker pintar yang terjual secara luas, Amazon Echo adalah layanan asisten cerdas yang dikendalikan oleh suara Alexa. Meski speaker pintar ini sangat mudah digunakan, namun masalah privasi Amazon Echo dan Alexa membuat banyak pengguna khawatir. Sistem speaker pintar seperti Amazon Echo dikendalikan oleh suara. Karena ini, maka Alexa berada dalam mode “mendengarkan” setiap saat. Banyak pengguna Alexa percaya bahwa Amazon Echo merekam setiap kata yang didengarnya. 


Selain itu, ada masalah privasi lainnya yang melibatkan Alexa. Apabila seseorang meretas Amazon Echo, tindakan tersebut dapat membuka pintu untuk penyadapan ilegal. Memanfaatkan jaringan pribadi virtual adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan speaker pintar dan mencegah mata-mata oleh asisten AI. Anda dapat memilih penyedia perangkat lunak VPN yang dapat diterapkan pada ruter untuk menambah lapisan keamanan semua perangkat pintar yang tersambung dengan internet. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post