Friday, September 25, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kegiatan tukar tambah merupakan kegiatan yang sudah lama dijalankan oleh banyak orang saat menjual perangkat elektronik terutama ponsel. Barang tersebut memang memiliki harga yang disesuaikan dengan lamanya pemakaian dan kualitasnya, jika berhubungan dengan barang seken. Tak hanya dalam transaksi umum saja, transaksi online di Tokopedia rupanya juga melayani tukar tambah.


Sudah banyak orang yang mencoba melakukan kegiatan tukar tambah (tt) ponsel di Tokopedia dengan mudah. Namun, sebelum itu hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang diberlakukan Tokopedia untuk kegiatan tukar tambah tersebut. Hal ini disebabkan kegiatan tersebut tidak bisa dilaksanakan secara sembarangan.

Tukar Tambah HP di Tokopedia? Baca Syarat dan Ketentuannya Dulu

Sebelum melakukan transaksi tukar tambah hp di Tokopedia, Anda harus mengetahui dan memerhatikan secara seksama syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan hak dan kewajiban pengguna secara hukum mengenai transaksi jual beli di Tokopedia.

Publikasi fitur TT di Tokopedia
Publikasi fitur TT di Tokopedia / seller.tokopedia.com

Syarat dan ketentuan transaksi tukar tambah tersebut merupakan salah satu bentuk kesepakatan antara pengguna aplikasi Tokopedia dengan marketplace tersebut yang tertulis dalam perjanjian yang sah.


Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang diberlakukan Tokopedia mengenai transaksi tukar tambah HP:


  1. Transaksi tukar tambah HP hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah melakukan pendaftaran akun di situs atau aplikasi Tokopedia.
  2. Fitur tukar tambah yang disediakan oleh Tokopedia perlu dipahami dan disetujui oleh setiap pengguna, termasuk Laku6 yang merupakan penyedia layanan transaksi tukar tambah beserta pengiriman HP tersebut.
  3. Laku6 memiliki hak untuk melakukan penolakan terhadap ponsel atau HP bekas yang tidak memiliki IMEI dan tidak terdaftar dalam database pemerintah. Hal ini diterapkan sebagai salah satu upaya mematuhi Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia No. 11 Tahun 2019 mengenai Pengendalian alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Yang Tersambung Ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).
  4. Fitur Tukar Tambah di Tokopedia hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang berdomisili di beberapa wilayah yang telah ditentukan oleh pihak Tokopedia.
  5. Setiap kerugian yang timbul sebagai akibat dari transaksi tukar tambah yang dilakukan harus disepakati oleh pengguna sebagai tanggung jawab pribadi dan pihak Tokopedia tidak dilibatkan dalam hal tersebut.
  6. Pembatalan transaksi tukar tambah dapat dilakukan oleh Tokopedia jika melanggar ketentuan hukum dan/atau ketentuan situs, meliputi:
  • Pembatalan transaksi
  • Pembatalan manfaat promo
  • Pengembalian dana
  • Penahanan dana
  • Penutupan akun pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya
  • Pengenaan sanksi/penalti/denda
Cek fisik sebagai syarat tukar-tambah hp
Cek fisik hp sebagai syarat tukar-tambah

Harap untuk para pengguna yang hendak menggunakan fitur Tukar Tambah di Tokopedia untuk memahami syarat dan ketentuan di atas sebaik-baiknya.


Referensi terkait: seller.tokopedia.com/edu/fitur-tukar-tambah

Ketentuan Pembayaran dan Pengiriman Tukar Tambah HP

Ada beberapa ketentuan yang diberlakukan Tokopedia untuk transaksi tukar tambah di aplikasi ini, di antaranya:


  1. Ponsel bekas yang sudah terverifikasi oleh pembeli akan diberi harga taksiran oleh Laku6.
  2. Harga yang ditampilkan pada halaman pembayaran Tokopedia menjadi cerminan potongan harga yang akan didapatkan pembeli.
  3. Nominal yang tertera di halaman pembayaran harus dibayar oleh pembeli dengan tidak mengurangi atau menambahnya, menggunakan metode pembayaran yang tersedia.
  4. Kesalahan pembayaran yang tidak sesuai dengan nominal yang muncul pada halaman pembayaran tidak menjadi tanggung jawab pihak Tokopedia, termasuk pembayaran yang tidak sesuai dengan ketentuan metode pembayaran yang tersedia.
  5. Pengiriman barang tukar tambah dengan Laku6 akan disesuaikan dengan alur metode pengiriman yang berlaku dan pembeli harus menyetujuinya.
  6. Pembayaran yang telah diverifikasi maupun barang yang telah diserahkan ke kurir menjadi tanda pesanan tidak dapat dibatalkan bagi pembeli yang hendak mengajukan pembatalan transaksi.
  7. Jika pembeli hendak mengajukan pembatalan setelah pengiriman dilakukan, maka akan dikenakan biaya pembatalan. Pembatalan tersebut bisa disebabkan karena: a). Adanya perbedaan IMEI ponsel bekas terdaftar dengan IMEI ponsel bekas pada kurir. b). Pembeli tidak hadir di tempat sesuai kesepakatan kurir dan pembeli. c). Penolakan ponsel baru saat ditukar di gerai oleh pembeli.
  8. Biaya pembatalan akan dikenakan dengan cara pemotongan biaya pengembalian ke akun Tokopedia.
  9. Pembeli hanya bisa melakukan komplain ponsel baru jika terdapat cacat produksi dan bukan dari kesalahan pembeli.
  10. Ponsel baru yang tidak sesuai pesanan maupun ada cacat di dalamnya dan pembeli ingin membatalkan transaksi, maka tidak dikenakan biaya pembatalan.
  11. Ponsel bekas pembeli sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembeli. Apabila terdapat data-data yang masih melekat pada ponsel bekas tersebut, seperti data pribadi dan informasi lainnya,  maka bukan menjadi tanggung jawab pihak Tokopedia.

Adanya syarat dan ketentuan mengenai transaksi tukar tambah ponsel di Tokopedia diharapkan menjadi perhatian bagi pihak yang hendak melakukannya. Perlunya perhatian tersebut agar semua transaksi bisa dilakukan sesuai kesepakatan, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan apabila terjadi kesalahan di tengah-tengah transaksi, karena dijalankan tanpa ada paksaan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post