Thursday, September 17, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Sudah pernah mendengar istilah gerbang logika? Sekilas istilah ini seperti merujuk pada pelajaran filsafat logika, kan? Padahal tidak sama sekali. Gerbang logika ini justru merupakan sesuatu yang berhubungan dengan piranti yang ada di dalam rangkaian listrik.

Ilustrasi gerbang logika kebenaran
Ilustrasi gerbang logika kebenaran

Bagaimana dengan tabel kebenaran gerbang logika, simbol, sampai pada fungsinya? Sama sekali tidak ada hubungannya dengan filsafat. Berikut pembahasan lebih lengkapnya:

Apa itu Gerbang Logika?

Kalau dilihat dari kacamata elektronis, gerbang logika atau yang juga disebut logic gates ini adalah sebuah piranti di dalam rangkaian elektronik, yang bertugas untuk membentuk sebuah sistem digital, kemudian ditugaskan untuk mengolah data input menjadi output, sehingga bisa diolah lagi.


Logic gates terbentuk dari sebuah rangkaian sederhana yang di dalamnya ada Integrated Circuit, dioda, dan juga transistor. Sinyal yang diproses oleh gerbang logika ini adalah biner, maka hanya ada 2 kode yang digunakan dalam gerbang logika, yakni 0 dan 1.


Lalu kalau berbicara soal jenis gerbang logika, sebenarnya ada 3 gerbang logika dasar, antara lain AND, OR, dan NOT. lalu ada 4 gerbang lain, yakni NOR, XOR, NAND, dan XNOR. Semuanya adalah turunan dari gerbang dasar ataupun hasil dari kombinasi gerbang dasar.

Mengenal Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Sementara tabel kebenaran gerbang logika merupakan tabel yang isinya variabel atau kemungkinan nilai logika biner, yang bisa jadi diberikan ke input dari gerbang logika. Kemudian hasilnya bisa digunakan untuk menganalisis nilai kebenaran. Tabel kebenaran juga disebut Truth Table.


Kalau dalam logika matematika biner, tabel ini dipakai buat menganalisis kebenaran dari sebuah pernyataan. Di dalam dunia elektronika, pernyataan itu identik dengan input. Ada 7 gerbang logika dan 7 tabel kebenaran.

Simbol-simbol di Dalam Gerbang Logika

Sementara jika kita bicara soal simbol dari gerbang logika sendiri, sebenarnya ada banyak sekali simbol dari gerbang logika tergantung pada jenis gerbang logikanya.

tabel kebenaran logika - researchgate
Tabel kebenaran logika - researchgate

1. NOT Gate

Pada gerbang logika jenis NOT ini simbolnya cukup sederhana, yakni segitiga dengan garis di tengahnya. Di ujung segitiga itu terdapat lingkaran kecil. Di tengah segitiga itu terdapat sebuah garis lurus. Di bagian kiri ada huruf A dan di bagian kanan ada A dengan garis di atasnya.

2. AND Gate

Gerbang AND memiliki bentuk seperti lampu. Di bagian belakang terdapat dua garis dengan masing-masing garis memiliki simbol A dan B. Lalu di bagian depan yang seperti peluru, terdapat satu garis di tengah dengan lambang AB.

3. OR Gate

OR gate mirip dengan AND gate, hanya saja bentuknya lebih tajam. Di bagian belakang tetap ada dua garis A dan B serta di bagian depan terdapat sebuah garis dengan lambang A+B.

4. NAND Gate

NAND memiliki bentuk yang sama persis dengan AND gate. Tapi di bagian depan terdapat sebuah lingkaran kecil dan lambang AB, di bagian belakang memiliki garis di atasnya.

5. NOR Gate

NOR juga sama dengan O. Tapi di depannya ada lingkaran kecil dan di lambang A+B ada garis yang berada tepat di atasnya.

6. XOR Gate

Pada gate yang ini bentuknya mirip dengan OR, hanya saja di bagian belakang ada garis melengkung mengikuti bentuk peluru utama. Lalu di bagian dengan pada tanda + ada lingkaran.

7. XNOR Gate

Terakhir pada gerbang logika XNOR lambang yang dimiliki pada dasarnya sama dengan OR. Tapi di belakang terdapat garis lengkung, lalu di depan ada lingkaran kecil. Kemudian pada lambang + terdapat lingkaran dan di atas A+B terdapat garis.

Fungsi dari Gerbang Logika


Setelah penjelasan panjang lebar di atas, sekarang mari bahas soal fungsi dari gerbang logika itu sendiri. Gerbang logika ini punya fungsi dasar untuk membuat sirkuit digital terintegrasi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, gerbang logika ini hanya terdiri dari 2 input saja, yakni 0 dan 1.


0 dan 1 itu juga disebut dengan false untuk 0 dan true untuk 1. Ada beberapa jenis komponen sederhana yang terdiri dari beberapa gerbang logika, seperti misalnya IC Logic TTL 7408.


Kalau melihat dari rangkaian elektronika sederhana, entah itu IC TTL atau juga CMOS yang ada beberapa gerbang logika dipakai di beberapa jenis rangkaian, seperti:


  • Flip Flop
  • Counter
  • Multiplexer
  • Demultiplexer
  • Pengaman dengan kunci rahasia
  • Encoder yang punya fungsi mengubah bilangan menjadi biner
  • Decoder yang mengubah biner ke bilangan yang lainnya


Sementara pada rangkaian yang lebih kompleks, seperti misalnya IC mikroprosesor bisa memiliki jutaan gerbang logika. IC Component itu juga disebut chip, misalnya seperti Chip INTEL Stratix 10GX yang memiliki 10.2 juta gerbang logika.


Ketika Anda mampu membuat ribuan atau bahkan jutaan gerbang logika dan mengkombinasikannya, maka operasi digital yang kompleks bisa dibuat. Kalau bertanya berapa banyak maksimal jumlah gerbang logika yang dipakai, maka itu tergantung pada ukuran chip yang digunakan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post