Tuesday, September 22, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Saat melihat beberapa box yang biasanya terletak di rumah atau tiang listrik dalam keadaan terbuka, tentu Anda akan tahu bahwa isinya berupa serangkaian jaringan penghubung arus listrik. Jaringan tersebut terbuat dari serangkaian kabel yang cukup berbahaya jika disentuh oleh sembarang orang. Aliran listrik dari berbagai sambungan kabel tersebut tetap aman jika berada di dalam box panel.

box panel kontrol listrik
box panel kontrol listrik

Deskripsi dan penjelasan di atas memberikan Anda gambaran bahwa secara umum box panel listrik merupakan wadah berbentuk kotak balok atau kubus yang di dalamnya terdapat sambungan kabel. Box tersebut sangat penting untuk melindungi kebocoran arus listrik yang berbahaya bagi manusia. Bagi Anda yang membutuhkan box ini, sebaiknya menyimak daftar harga sekaligus fungsinya berikut!

Fungsi Penting Box Panel Listrik dan Isinya

Fungsi utama box panel listrik sebagai pelindung kabel dan perantara untuk menghubungkan seluruh jaringan kabel listrik warga secara luas dari satu sumber arus. Box yang terbuat dari bahan plat besi umumnya memiliki ketebalan dari ukuran 0.5 milimeter hingga 1 milimeter. Bentuk box ini bisa bervariasi, namun kebanyakan adalah kubus.


Box panel listrik memiliki daun pintu untuk memudahkan Anda membuka atau menutup pelindung sambungan kabel di dalamnya. Daun pintu tersebut juga berfungsi sebagai sarana bagi Anda agar lebih mudah saat mengatur tegangan arus listrik atau beberapa sistem listrik yang sedang korslet dari sumbernya. Box juga dapat digunakan sebagai pelindung sambungan kabel dari koneksi wiFi.


Para ahli elektro menyebutkan bahwa fungsi box panel sangat penting karena sebagai wadah komponen listrik untuk mendukung operasi mesin listrik agar bekerja sesuai prinsipnya. Hal tersebut membuat mereka dapat mengoperasikannya mesin listrik lebih mudah di berbagai saat, terutama ketika terjadi korsleting, jaringan listrik yang terputus, dan sebagainya.

Aneka Jenis Box Panel Listrik Berdasarkan Bahan

Daftar harga box panel listrik sangat beragam karena didasarkan pada ukuran, jenis bahan, tipe, fungsi kontrol, dan penggunaannya. Anda dapat mengetahui beberapa kategori berdasarkan bahannya, seperti berikut:

· Box Panel Listrik dari Plastik

Anda harus berhati-hati ketika memilih box panel dari berbahan plastik karena jika salah menentukannya dapat berakibat fatal, bahkan bahan tersebut bisa meleleh. Box panel yang aman dari plastik terbuat dari jenis HDPE yang memiliki sifat kuat, tahan lama, keras, serta memiliki kekuatan menahan suhu tinggi dari arus listrik.

· Box Panel Listrik Berbahan Besi

Box panel besi merupakan alat yang paling banyak digunakan karena keamanannya telah terjamin. Besi yang dipilih berasal dari material logam berupa baja tuang atau plat. Proses pembuatan plat untuk box panel dilakukan dengan cara dipress, sehingga membentuk kepingan pipih yang luas. Kepingan plat besi tersebut dirangkai menjadi satu hingga menjadi balok atau kubus box.

Kategori Box Panel Listrik Berdasarkan Tipenya

Anda juga harus memilih box panel sesuai tipenya karena hal tersebut sangat berpengaruh pada tingginya kualitas box, ukuran, dan kegunaannya nanti. Berikut adalah beberapa tipe box panel listrik yang terbagi menjadi 3 bagian:

1. Tipe Wall Mounting Box

Wall Mounting box memiliki ciri khas berupa balok yang dapat ditempelkan di dinding dan memiliki lebih banyak kegunaan daripada tipe lainnya. Sifatnya yang multifungsi tersebut membuat wall mounting box menjadi pilihan utama oleh banyak orang.

wall mounting box
wall mounting box

Box panel tipe ini merupakan box berukuran kecil yakni sekitar 700x500x200 milimeter, 700x800x200 milimeter, dan 800x600x200 milimeter. Ukuran tersebut tergolong sebagai jumlah yang paling rendah jika dibandingkan tipe box panel lainnya.

2. Free Standing Box Panel

Free Standing box mempunyai kelebihan yakni dapat berdiri secara bebas, sehingga Anda dapat memanfaatkannya di berbagai bentuk ruangan dan tempat. Ukurannya jauh lebih tinggi dibandingkan wall mounting. Ukurannya secara umum sebesar 2200x1600x600 milimeter, namun ada beberapa variasi ukuran lain yang tidak terlalu populer peminatnya.

3. Switch Gear

Box panel listrik umumnya memiliki fungsi sebagai sumber pemberi utama arus listrik atau penyuplai jaringan beban akhir. Namun, panel box Switch Gear ini justru menjadi penyalur atau distributor energi dari sumber listrik pusat ke panel-panel lain dengan kapasitas tegangan listrik yang lebih kecil. Fungsinya menjadi pemutus sekaligus pembagi beban listrik ke berbagai panel secara menyebar.


Switch Gear dapat mendistribusikan listrik dengan kapasitas sebesar 3,3 KV, 24 KV, 6.6 KV, dan 20 KV melalui alat berupa trafo tegangan. Switch Gear fungsinya sangat penting bagi Anda yang berencana memiliki proyek berupa pembagian arus listrik ke beberapa tempat terpencil untuk sementara.

Daftar Harga Box Panel Listrik Aneka Ukuran

Jenis Box Panel ListrikUkuran Box Panel ListrikHarga Box Panel Listrik
Box Panel Indoor25x35x12Rp201.115,-
Box Panel Indoor30x40x15Rp244.815,-
Box Panel Indoor40x50x20Rp392.160,-
Box Panel Outdoor Topi Satu Sisi20x30x12Rp282.000,-
Box Panel Outdoor Topi Satu Sisi25x35x12Rp301.200,-
Box Panel Outdoor Topi Satu Sisi30x40x15Rp364.000,-
Box Panel Steel IP 55 TIBOX20x25x15Rp325.000,-
Box Panel Steel IP 55 TIBOX30x25x15Rp390.000,-
Box Panel Steel IP 55 TIBOX40x30x20Rp540.000,-

Box panel listrik kini bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau seperti pada tabel di atas. Anda bisa merencanakan proyek pembangunan jaringan listrik baru setelah mengetahui fungsi, jenis, sekaligus harganya. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan kriteria penting untuk mendapatkan box panel dengan kualitas terbaik, awet, dan terjamin keamanannya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post