Thursday, September 24, 2020

Daftar isi [Tampil]
Katakanlah kamu sudah berusaha belajar fotografi baik menggunakan kamera maupun smartphone. Katakanlah kamu telah bereksperimen dengan segala macam trik komposisi dan teknik pencahayaan dan yang terpenting, kamu akhirnya menguasai bagaimana menghasilkan foto yang luar biasa dari kamera/smartphone kamu.

Akan tetapi bagaimanapun, terlepas dari semua usaha yang sudah kamu lakukan, beberapa foto masih tidak seperti yang kamu inginkan. Untuk beberapa hal, foto itu tampak biasa olehmu padahal kamu sudah bereksperimen dengan berbagai macam trik komposisi maupun teknik pencahayaan.

Jadi, apa sebenarnya yang kamu lewatkan? Jawabannya cukup sederhana: kamu perlu meningkatkan kualitas foto kamu dengan Adobe Photoshop dan belajar editing foto seperti profesional.
menerangkan foto gelap dengan Photoshop
menerangkan foto gelap dengan Photoshop

Jika kamu melihat foto dedaunan di bawah ini, foto tersebut tampak seperti hasil mentah suatu pemotretan. Agak gelap dan suram, bukan? Foto tersebut kekurangan pencahayaan sehingga butuh diatur kecerahannya, tetapi sebelum itu, apa itu kecerahan? Kecerahan atau brightness merupakan atribut persepsi visual di mana suatu objek/sumber memancarkan cahaya. Dengan kata lain, kecerahan adalah persepsi yang ditimbulkan oleh pencahayaan dari target visual.
Foto gelap diambil dari kamera HP
Foto gelap diambil dari kamera HP

Kecerahaan dalam foto begitu penting, tidak bisa dipungkiri tanpa adanya pencahayaan yang tepat mengakibatkan suatu foto dapat menghasilkan hasil yang tidak maksimal. Kali ini kita akan belajar bagaimana menerangkan atau mencerahkan brightness foto menggunakan Adobe Photoshop. 

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menerangkan foto dengan Adobe Photoshop. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Langkah, buka folder tempat di mana foto yang ingin kamu terangkan berada. Klik kanan pada foto kemudian Open With > Adobe Photoshop
2. Kemudian pada tab bagian atas pilih Image > Adjusments > Brightness/Contrast. Maka akan muncul panel baru yang berisi pengaturan brightness.
Menu brightness di Adobe Ps
Menu brightness di Adobe Ps
Saya atur kecerahannya menjadi seperti di bawah. Ingat, kecerahan yang terlalu tinggi dapat menghasilkan foto yang buruk. Jadi atur kecerahannya menjadi secukupnya saja.
Tool pengaturan brightness/contrast
Tool pengaturan brightness/contrast
3. Berikut hasil akhirnya. Foto yang diedit tampak lebih baik, bukan? Dedaunan di belakangnya lebih berwarna daripada sebelumnya. Kamu bahkan bisa melihat jelas kuncup bunga warna kuning yang mulai mekar dari daun yang berada di ujungnya tanpa mengatur pencahayaan laptop/ponsel kamu.
Hasil foto setelah diterangkan
Hasil foto setelah diterangkan

Pengaturan pencahayaan/penerangan dalam editing foto apabila dilakukan secara tepat dapat membuat foto tampak lebih menyala dan nilai estesis foto dapat segera ditangkap oleh mata. 

Sesuai dengan yang saya katakan sebelumnya, ada beberapa cara untuk membuat foto lebih terang dengan Adobe Photoshop, simak baik-baik 3 cara lainnya berikut ini.

1. Menggunakan curves

Untuk menggunakan curve caranya adalah dengan klik Image > Adjusments> Curves, maka akan muncul panel baru berupa grafik kecil seperti tampak di bawah ini. Untuk mencerahkan foto, kamu cukup seret garis pada grafik menjadi sedikit lebih tinggi, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Kamu tidak perlu menyeret garis tersebut terlalu tinggi, terlalu tinggi garis hasilnya bisa jadi jelek. Seret garis tersebut pada posisi yang menurut kamu pas. Saat kecerahan dalam foto sudah cocok dengan kamu, klik OK.
Fitur curves warna pada Photoshop
Fitur curves warna pada Photoshop

2. Menggunakan brightness

Cara ini seperti tutorial di atas, jadi tidak perlu saya pasang gambar untuk memperjelas. Caranya adalah dengan klik Image > Adjusments> Brightness/Contrast, kemudian, seret skala brightness sedikit ke kanan hingga kamu merasa cocok dengan hasilnya. Kamu juga dapat menyesuaikan kontrasnya, jika perlu.

3. Memperbaiki warna

Bagian terakhir, ada beberapa warna yang semakin mati jika dihadapkan pencahayaan yang minim. Mungkin ini bisa jadi sebab foto kamu tampak gelap. Gambar yang saya edit di atas, baik sebelum dan sesudahnya tampak lebih biru. Kamu bisa menyeimbangkan warna yang tampak tersebut dengan cara pilih Image > Adjustments > Color Balance. Kemudian atur komposisi warna dalam foto tersebut hingga tampak pas secara visual.

Lalu, seret kursor menjauh dari warna yang ingin kamu coba kurangi. Dalam foto ini, saya ingin menghilangkan sedikit warna biru dan tosca di foto, jadi saya menyeret garis sedikit ke arah Red dan Yellow. Metode ini telah membuat foto saya menjadi lebih hangat daripada sebelumnya.
Cara merevisi warna foto di Photoshop
Cara merevisi warna foto di Photoshop

Akhirnya, sekian 3 tips sederhana di atas. Namun, ada tips lagi agar foto tampak lebih terang, caranya pilih Filter yang terletak pada bagian atas > Sharpen > Sharpen. Sharpen berfungsi mempertajam foto sehingga menghasilkan foto yang lebih tajam dan pencahayaan yang lebih tajam pula. Namun, saya sarankan untuk tidak terlalu mempertajamnya apabila foto yang dihasilkan sudah bagus.

Untuk masing-masing tips tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan foto kamu. Dengan kata lain, menggunakan angka dan pengaturan yang persis sama dengan yang saya gunakan dalam contoh di atas tidak akan ideal untuk gambar/foto kamu. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post