Saturday, July 4, 2020

Daftar isi [Tampil]
Apa itu logo? Logo adalah identitas suatu produk/perusahaan, logo berfungsi mengindetifikasi suatu produk/perusahaan tersebut supaya dikenal oleh masyarakat. Walaupu ukuran logo kecil, logo bertanggung jawab untuk beberapa fungsi penting yang menentukan kesuksesan perusahaan.
Logo Google
Logo Google
Logo yang baik akan membuat brand kamu menonjol. Logo merupakan hal pertama yang akan dilihat orang-orang ketika berkenalan dengan brand kamu. Bagaimana syarat-syarat pembuatan logo agar menghasilkan logo yang baik?
  1. Sederhana, semakin sederhana logo maka semakin mudah dikenali. Misalnya logo Nike dan Adidas, kamu akan langsung mengenal produk mereka ketika menjumpainya.
  2. Jangan terlalu banyak efek, Adobe Illustrator dan Photoshop, dan program desain grafis lainnya memiliki banyak filter dan efek, tapi jangan terkecoh! Kesederhanaan dalam sebuah logo adalah kuncinya.
  3. Gunakan desain lain sebagai inspirasi, jangan menyalin karya orang lain. Gunakan sebagai inspirasi saja.
  4. Perhatikan komposisi warna, komposisi warna di sini harus diperhatikan supaya tidak menghasilkan warna yang monoton dan tabrak warna. Kamu bisa mencari referensi warna yang tersebar di internet.

Sebagai latihan membuat logo dengan Adobe Photoshop. Kali ini kita akan membuat logo sederhana untuk tim basket.

1. Buka  Adobe Photoshop, buat halaman kosong dengan ukuran 2500 piksel x 2500 piksel.

2. Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool. Sambil menekan bagian kiri mouse saat membuat lingkaran, tahan tombol SHIFT supaya ukuran lingkaran sama, tidak panjang atau lebar salah satunya. Atur ukuran Stroke menjadi 20 px.
Eclipse tool di Photoshop
Eclipse tool di Photoshop
3. Duplicate lingkaran tersebut dengan cara CTRL+ C dan CTRL + V, perkecil ukuran lingkaran satunya dengan CTRL + T, taruh lingkaran kecil di bagian dalam lingkaran besar. Gandakan kembali lingkaran tersebut dan taruh ke dalam lingkaran yang lebih kecil.
Duplicate layer pada Photoshop
Duplicate layer pada Photoshop
4. Dengan memanfaatkan fitur Curvature Pen Tool buat garis-garis sehingga menyerupai bola basket pada lingkaran tersebut. 
Curvature pen tool
Membentuk bola basket dengan Photoshop
Membentuk bola basket dengan Photoshop

5. Beri teks pada bagian atas lingkaran. Buat teks tersebut melengkung dengan menggunakan Warp Text. Warp Text dapat diakses pada ikon yang saya lingkari, kemudian akan muncul panel seperti berikut. Pengaturan pada panel tersebut untuk mengatur kelengkungan teks.
Fitur warp text untuk tulisan melingkar
Fitur warp text untuk tulisan melingkar

Kemudian tambahkan bintang pada sisi kanan dan kiri lingkaran luar. Beri warna hitam pada bintang tersebut. Pada lingkaran kedua, beri warna hitam juga sehingga hasil akhirnya adalah sebagai berikut.
Tambahkan asesori untuk mempercantik logo
Tambahkan asesori untuk mempercantik logo
Kamu bisa memberi variasi warna pada bola basketnya. Cukup sekian tutorial kali ini, namun sebelum berakhir mari kita berkenalan dengan berbagai jenis logo. Beberapa sumber mungkin mengatakan hal yang berbeda-beda, setidaknya ada 5 jenis tipelogo yang perlu kamu ketahui!
Conoth beberapa logo perusahaan ternama
Contoh beberapa logo perusahaan ternama
  1. Abstract mark, sebuah simbol abstrak alih-alih menjadi gambar yang dapat dikenali, seperti apel atau burung, abstract mark merupakan bentuk geometris abstrak yang mewakili bisnismu. Abstract mark sangat konseptual. Logo jenis ini hanya akan mewakili ide atau nilai daripada memberikan pesan langsung. Abstract mark menggunakan bentuk visual khusus untuk menyampaikan ide atau atribut.
  2. Wordmark, adalah jenis logo yang berupa nama perusahaan/produk atau akronim perusahaan/produk yang telah didesain sedemikian rupa supaya menarik sehingga visual dan informasi perusahaan/produk tersampaikan kepada konsumen. Intinya wormark merupakan nama perusahaan/produk yang dibuat logo dalam bentuk teks bergaya.
  3. Pictorial mark, gambar yang mewakili nama produk/perusahaan yang langsung dikenali yang telah disederhanakan dan dibuat estesis. Pictorial mark sangat populer karena lebih banyak mengomunikasikan suatu merek daripada logo lainnya. Pictorial mark menampilkan gambar grafis atau ilustrasi sesuatu yang jelas mewakili perusahaan, produk, atau merek tertentu.
  4. Emblem, desain logo yang di mana nama perusahaan atau produk terhubung secara tak terpisahkan dengan elemen-elemen yang terdapat pada logo tersebut. Emblem sering digunakan untuk meningkatkan kualitas, suatu brand.
  5. Letterform, desain unik yang menggunakan satu atau beberapa bentuk huruf yang bertindak sebagai simbol nama suatu produk/perusahaan.

Selain kelima tipe logo di atas, ada juga logo kombinasi atau combination mark. Seperti namanya, logo jenis ini melibatkan kombinasi kata dan merek. Beberapa contoh terkenal yang termasuk jenis logo combination mark adalah Adidas dan Lacoste.
Combination mark pada logo Lacoste
Combination mark pada logo Lacoste
Ada banyak jenis logo yang bisa jadi  hanya nama yang diatur dalam jenis huruf yang dipilih dengan simbol. Logo dapat mengambil berbagai bentuk dan kepribadian yang hampir tak terbatas, dari yang biasa saja hingga simbolis, dari kata-kata hingga campuran gambar dan kata. 

Semuanya merupakan kombinasi tipografi dan gambar dan setiap jenis logo memberi tampilan dan nuansa yang berbeda dan karena logo adalah hal pertama yang akan dilihat para konsumen, maka pikirkan terlebih dahulu logo yang bagaimana yang sekiranya dapat menarik perhatian konsumen dan merupakan simbol dari perusahaan/produk kamu sebelum mulai membuat desainnya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, setiap jenis logo memberi tampilan dan nuansa yang berbeda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post