Saturday, July 25, 2020

Daftar isi [Tampil]
Ada banyak aplikasi edit foto di luar sana, tetapi kebanyakan fotografer biasanya memakai Adobe Photoshop untuk pengeditan dasar. Software ini multifungsi, banyak tools bertebaran di software ini, namun mudah digunakan sehingga dapat membantu kamu mengeluarkan kemampuan terbaik editing foto kamu.
Cara edit foto dengan Adobe Photoshop
Cara edit foto dengan Adobe Photoshop

Ada beberapa kemampuan editing foto dasar yang harus kamu kuasai, seperti teknik cropping, teknik pencahayaan, teknik keseimbangan warna, teknik meningkatkan ketajaman dalam foto, dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini, tidak semua teknik editing foto dasar yang disebutkan di atas bakal dibahas kesemuanya, hanya akan beberapa saja yang paling sering digunakan: teknik kecerahan, ketajaman, dan cara menghapus objek yang mengganggu dengan Adobe Photoshop. Kenapa tidak membahas teknik cropping padahal paling sering digunakan? Karena teknik cropping bakal dibahas pada artikel yang berbeda.

1. Teknik Brightness

Bisa kamu lihat foto di bawah ini cerahnya kebangetan, maka perlu banget dilakukan perbaikan menggunakan Adobe Photoshop.
Teknik brightness Adobe Photoshop
Teknik brightness Adobe Photoshop

Caranya pertama adalah klik foto tersebut kemudian Open With > Adobe Photoshop, kemudian klik Image yang terletak pada bagian agak kiri atas, kemudian Adjustments > Brightness/Contrast
Cara adjustment brightness
Cara adjustment brightness
Kemudian akan muncul panel baru, nah atur kecerahan foto yang menurut kamu sudah pas. Hasil akhirnya bisa kamu lihat pada foto di bawah.
Meningkatkan kecerahan foto
Meningkatkan kecerahan foto
Bagaimana? Fotonya lebih bagus dan pencahayaannya lebih pas, bukan?

2. Teknik Sharpening

Teknik sharpening atau teknik bagaimana membuat foto menjadi lebih tajam, teknik ini berguna untuk membuat foto kamu lebih tajam daripada sebelumnya atau membuat foto lebih high resolution. Akan tetapi teknik ini tidak akan berhasil kalau foto yang kamu gunakan terlalu pecah atau memaksakan foto di bawah 60kb karena kemungkinan berhasilnya sangat kecil sekali. Foto di bawah ini akan saya buat lebih tajam. Simak tutorialnya di bawah ya!
Membuat foto lebih tajam dengan Photoshop
Membuat foto lebih tajam dengan Photoshop
Sama seperti sebelumnya, buka foto dengan klik kanan > Open With > Adobe Photoshop, kemudian pilih Filter > Sharpen > Shake Reduction.
Sharpen di Adobe Photoshop
Sharpen di Adobe Photoshop
Kemudian akan muncul panel baru, nah atur sharpening foto sampai yang menurut kamu sudah pas. Hasil akhirnya bisa kamu lihat pada foto di bawah.
Hasil penajaman foto di photoshop
Hasil penajaman foto di photoshop
Kebutuhan untuk mempertajam gambar tergantung pada di mana kamu akan melihat foto tersebut, apakah di layar komputer atau di media cetak. Ada satu aturan praktis dalam mengedit foto yakni selalu menerapkan perubahan minimal dalam foto yang akan diedit tersebut. Jika kamu ingin mempertajam suatu gambar/foto, buat penyesuaian kecil sehingga hasilnya tidak terlalu monoton kecuali kamu sedang belajar manipulasi foto. 

Bahkan jika gambar fotografi yang kamu hasilkan memiliki fokus yang hampir sempurna, kamu bisa mempertajamnya sedikit supaya hasilnya lebih detail dan lebih tegas daripada sebelumnya.

3. Menghapus Objek yang Mengganggu

Ada banyak cara untuk menghapus objek mengganggu dengaan Adobe Photoshop, dari cara yang termudah sampai yang tersulit bakal dikupas satu-satu di sini.

Spot Healing Brush

  • Pilih Spot Healing Brush Tool dari Toolbox. Pilih ukuran kuas yang kamu inginkan menggunakan menu drop-down di sudut kanan atas. Pilih jenis: Content-Aware atau Proximity Match. Klik pada tempat yang ingin kamu perbaiki.

Healing Brush Tool

  • Pilih ikon Healing Brush dari Toolbox. Pilih ukuran kuas yang kamu inginkan menggunakan menu tarik turun di sudut kanan atas. Pilih Sampled. Option+ klik pada titik yang ingin kamu gunakan sebagai source. Klik atau seret kursor di sepanjang tempat yang ingin kamu perbaiki.

Patch Tool

  • Pilih Patch Tool dari Toolbox (dikelompokkan bersama Spot Healing Brush). Pilih Source (di bawah taskbar). Gunakan kursor untuk mengelilingi tempat/bagian yang cacar. Seret pilihan ke tempat bersih yang paling dekat warna dan penampilannya ke tempat yang kamu coba perbaiki.

Clone Stamp

  • Pilih ikon Clone Stamp di Toolbox. Sesuaikan ukuran kuas dengan ukuran yang sesuai kamu inginkan. Alt + klik untuk "mengkloning" tempat bersih yang ingin kamu gunakan untuk menutupi noda/objek mengganggu tersebut. Sesuaikan Opacity jika perlu. Klik atau seret kursor di sekitar noda/objek mengganggu.

Content-Aware Fill

Versi terbaru Adobe Photoshop sekarang menampilkan opsi Content-Aware Fill. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menghapus objek yang tidak diinginkan. Berikut ini ringkasan singkat tentang bagaimana kamu dapat menggunakan Content-Aware Fill:

Pertama, buat seleksi di sekitar area atau objek yang ingin kamu ganti. Pastikan untuk membuat seleksi sedekat mungkin dengan objek mengganggu tersebut, tetapi sisakan ruang yang cukup.

Buka Content-Aware Fill taskspace (Edit > Content-Aware Fill). Ubah ukuran area pengambilan sampel dan pemilihan awal menggunakan Sampling Brush Tool dan Lasso Tool. Tweak pada Fill Settings uuntuk meningkatkan hasil akhir kamu. 
Hasil aware-fill di Photoshop
Hasil aware-fill di Photoshop
Mungkin teknik bagian akhir masih agak membingungkan, tapi kamu bisa coba-coba dengan cara trial-error, yang penting kamu berani mencoba.

Next article Next Post
Previous article Previous Post