Monday, June 15, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Konversi dari teks ke sound bisa dilakukan dengan manual, begitu juga sebaliknya. Penemuan selanjutnya adalah konversi teks ke suara yang bisa dilakukan secara otomatis. Menariknya, hal tersebut sudah bisa dilakukan. Ada banyak program konversi ini yang beredar luas di internet, baik untuk PC/laptop maupun perangkat mobile. Tidak terbayang, hal ini hanya bisa diimajinasikan berpuluh-puluh tahun silam.

Diantara program yang bisa Anda gunakan untuk mengkonversi teks ke suara adalah Sound of Text. Program ini ringan dan sangat mudah digunakan. Perkembangan terbaru menunjukkan hal yang sangat menggembirakan. Sound of Text kini sudah berkembang menjadi brand baru bernama Hearling. Program dari pengembang yang sama ini lebih powerfull dari pendahulunya. Fitur yang disediakan pun lebih lengkap dan lebih kompleks.

Mengenal Sound of Text

Sound of Text mampu membuat file audio dengan format MP3 dari teks yang Anda tuliskan. Nantinya, Anda berkesempatan untuk sekadar memainkannya atau bisa mendownloadnya. Sound of Text mendukung beragam bahasa, dari Bahasa Inggris hingga Bahasa Indonesia. Bagaimana Sound of Text bisa melakukan hal tersebut? Ternyata, program ini menggunakan mesin text to speech dari Google Translate.

Sistem text to speed merujuk pada kemampuan komputer untuk membaca teks secara lantang. Sistem ini mampu mengkonversi teks tertulis ke presentasi phonemic. Setelah dikonversi menjadi presentasi phonemic, kemudian dikonversi lagi menjadi gelombang yang menghasilkan suara. Mesin atau sistem ini banyak digunakan oleh pengembang pihak ketiga, dimana salah satunya menjadi program bernama Sound of Text.

Cara Menggunakan Sound of Text

Tampilan Web Sound of Text
Tampilan Web Sound of Text

Cara menggunakan Sound of Text ternyata sangat mudah. Anda bisa menggunakannya dari perangkat mobile maupun dari PC atau laptop. Program ini pun tidak perlu diinstal terlebih dahulu. Untuk membuktikan betapa mudahnya menggunakan Sound of Text, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Akses website resmi Sound of Text.
  • Geser ke bawah dan temukan kolom konversi Text dan Voice.
  • Silakan tulis teks apapun pada kolom Text.
  • Kemudian, pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada kolom Voice.
  • Setelah mantap, klik Submit.
  • Tunggu hingga program selesai mengkonversi teks menjadi suara.
  • Setelah selesai, Anda memiliki 2 opsi.
  • Pertama cukup mainkan dengan klik PLAY.
  • Kedua, unduh ke perangkat mu dengan klik DOWNLOAD.
  • Teks yang Anda tulis telah berhasil dikonversi menjadi suara.

Bagaimana menurut Anda, mudah bukan? Ketika pertama kali mencoba, Anda mungkin bereksperimen dengan berbagai macam teks dan bahasa. Sejujurnya, untuk bahasa Indonesia memang masih terdengar kaku. Suaranya seperti suara di klik YouTube abal-abal. Tidak mengapa, mungkin di masa depan pembuat program ini bisa memberikan penyulih suara yang lebih baik dan terasa lebih memiliki soul.

Hearling: Sound of Text 2.0

Hearling adalah Sound of Text 2.0 dengan kemampuan yang lebih baik. Hearling menyediakan skema freemium, pertama edisi gratis dan kedua edisi Pro atau berbayar. Hearling dapat dikatakan memiliki fitur yang lebih lengkap dan lebih bisa diandalkan untuk berbagai keperluan, dari casual hingga komersil. Program ini masih bisa berkembang dengan menghadirkan beragam perbaikan dan fitur-fitur tambahan yang meningkatkan value aplikasi ini.
Tampilan Hearing Text-to-speech Online
Tampilan Hearing Text-to-speech Online 

Berikut adalah fitur-fitur keren yang ditawarkan Hearling untuk Anda.
  • Memiliki kemampuan untuk mengkonversi berbagai jenis teks. Memainkannya di tempat atau mengunduh nya untuk disimpan di perangkat yang Anda gunakan.
  • Mendukung puluhan bahasa dari seluruh dunia. Di masa depan, update alias penambahan bahasa baru sangat mungkin dilakukan. Bahkan dialek hingga bahasa daerah bisa ditambahkan.
  • Anda bisa memilih suara yang digunakan. Jika sebelumnya, suara yang tersedia hanya satu, maka melalui Hearling, Anda bisa memilih suara laki-laki dan perempuan dalam berbagai jenis suara.
  • Hearling mampu mengkonversi teks panjang dalam waktu yang cepat serta mampu membuat klik dalam jumlah banyak. Dukungan untuk multiple download pun sudah tersedia.
  • Sekali menggunakan maka data akan terekam dengan aman dan baik. Anda bisa kembali mengakses konversi lama Anda dengan mudah dan cepat.

Menyimak kapabilitas teknologi yang semakin canggih membuat merinding. Apalagi yang bisa muncul di masa depan yang akan membuat hidup semakin mudah untuk dijalani? Begitu kira-kira bagaimana banyak orang menerka teknologi di masa depan. Kehadiran aplikasi ini hanya permulaan untuk teknologi konversi teks ke suara yang mungkin lebih kompleks. Siapa tahu di masa depan, simbol pun bisa dikonversi menjadi suara.

Next article Next Post
Previous article Previous Post