Monday, June 29, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Rumah makan, kafe, maupun warung zaman sekarang membuat desain menu makanan mereka unik sekali. Baik dari yang tabrak warna sampai memiliki konsep yang tidak terpikirkan sama sekali. Desain menu restoran yang baik dapat membantu pelanggan membuat pilihan yang memuaskan dan merangsang nafsu makan.

Namun, menu lebih dari sekadar daftar hidangan yang tersedia di restoran; daftar menu restoran, kafe, dan warung merupakan alat iklan yang mampu mengkomunikasikan identitas restoran dan mendorong meningkatkan keuntungan jika dirancang dengan baik.  Desain menu restoran yang baik adalah kunci dari rencana pemasaran restoran mana pun. Saat kamu mendesain menu, menu itu harus mengekspresikan kepribadian restoran/rumah makan kamu.
contoh background menu makanan
contoh background menu makanan 

Berikut tutorial bagaimana merancang desain menu makanan yang sederhana, tetapi menggugah selera.

1. Buka Adobe Photoshop, buat lembar kosong dengan ukuran panjang 1080 piksel dan tinggi 1280 piksel.
Buat Lembar kerja baru di Photoshop
Buat Lembar kerja baru di Photoshop

2. Buat bidang segi empat menggunakan Rectangle Tool. Beri warna kuning dengan kode #F68E56, kemudian gandakan bidang segi empat tersebut dengan cara CTRL + C lalu CTRL + V, kecilkan kemudian beri warna hitam pekat seperti pada gambar di bawah ini.
Rectangel tool di Photoshop
Rectange tool di Photoshop

Buat kotak seolah menjadi border
Buat kotak seolah menjadi border

3. Pergi ke layer segi empat warna cokelat. Klik kanan layer > Blending Options. Maka akan muncul panel Layer Style, pergi ke Texture dan atur pengaturannya menjadi seperti gambar di bawah ini.
Atur blending options pada layer
Atur blending options pada layer
Atur Texture gambar
Atur Texture gambar

Klik OK, kemudian pada bidang segi empat tersebut akan muncul semacam motif garis-garis.

4. Tetap di layer yang sama, klik kanan lalu pilih Duplicate Layer. Kemudian klik kanan pada layer yang digandakan tersebut, atur jadi multiply.
Gunakan duplicate layer
Gunakan duplicate layer

5. Secara mentah, desain daftar menu makanan sudah jadi, sekarang tinggal ditambahkan teks yang menunjang antara lain seperti nama warung, harga, dan daftar makanan.
Tambahkan teks menu yang menarik
Tambahkan teks menu yang menarik

6. Kemudian tambahkan foto makanan sebagai penunjang dengan cara File > Place Embedded. Jadi deh! Kamu bisa mengatur fotonya itu di belakang teks atau di depan teks dengan memindah-mindahkan layer pada panel di sisi kanan. 

Saat merancang menu, atur item seperti foto pendukung secara berurutan sesuai kelompok makanan. Teknik-teknik merchandising akan membantu merancang daftar menu ini menjadi lebih menarik.
Menu makanan sudah jadi dibuat di Adobe Photoshop
Menu makanan sudah jadi dibuat di Adobe Photoshop 

Daftar menu makanan merupakan representasi dari sebuah restoran/rumah makan. Tidak ada yang benar atau salah ketika merancang menu. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, daftar menu makanan harus merupakan ekspresi kepribadian restoran. Dalam mendesainnya, pikirkan bagaimana hal tersebut akan mewakili citra dan tujuan kamu dalam menjalankan rumah makan. Apakah harus berkelas dan memberi kesan klasik? Elegan?

Menu dengan teks kecil dan sederhana dapat digunakan untuk meningkatkan kesan elegan atau kesederhanaan restoran. Menu tebal, mencolok, dan intensif dengan banyak gambar dapat menekankan sisi meriah suatu lokasi. Setelah menentukan kepribadian restoran, kamu dapat dengan mudah membuat konsep dan merancang daftar menu milikmu.

Ada 6 strategi merancang desain daftar menu makanan yang bagus sehingga lebih banyak menarik konsumen untuk kembali memesan:

  1. Analisa menu kamu, pertama analisa menu kamu mana yang paling laris di antaranya. Kamu bisa menonjolkan menu yang paling laris tersebut dengan foto yang agak lebih besar dari yang lain dan memberi tanda seperti produk paling laris. Hal tersebut akan menarik perhatian konsumen untuk menambah pesanannya lagi.
  2.  Tempatkan foto item pada tempat yang strategis, tempatkan menu secara strategis, jangan jauh-jauh dari nama itemnya. Kamu bisa mengelompokkan masing-masing menu paling favorit dari makanan utama, makanan pencuci mulut, dan minuman, kemudian menonjolkan item tersebu sebagai maskot dari masing-masing kelompok.
  3. Buat judul item yang imajinatif, buat judul menu yang imajinatif dan menarik minat konsumen. Contohnya untuk menu nasi goreng kamu bisa membuat judul Nasi Goreng Abang Suka, Nasi Mawut Lidah Bergoyang, dan lain-lainnya. Tebalkan juga judul menu tersebut.
  4. Hias desain daftar menu kamu, contohnya kamu bisa memanfaatkan elemen geometris untuk membuat desain mephis agar memberi kesan pada desain daftar menu kamu.
  5. Tata menggunakan box atau garis, menjaga informasi dalam menu agar tetap teratur adalah prioritas. Kelompok makanan pembuka, makanan penutup dan minuman contohnya dapat ditata dengan memanfaatkan elemen-elemen desain tersebut agar tertata apik dan rapi.
  6. Buat perpaduan warna, mungkin ini terkesan sederhana, tetapi perpaduan dan penggunaan warna yang tepat akan menarik lebih banyak konsumen. Warna yang paling sering digunakan pada restoran atau rumah makan antara lain:merah dianggap merangsang nafsu makan, misalnya. Hijau umumnya dikaitkan dengan pilihan sehat. Biru dianggap menekan keinginan untuk makan. Warna-warna berani dan cerah adalah pilihan yang paling sering digunakan, tapi hal tersebut tergantung dari representasi restoran/rumah makan.

Warna yang tidak saling berkesinambungan tentu membuat sakit mata. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post