Friday, June 19, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Setiap usaha pasti memiliki banner sebagai sarana untuk memberitahu konsumen. Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar kata banner? Spanduk besar berisi keterangan diskon besar-besaran yang terpasang di pusat perbelanjaan? Baliho yang terpasang di seberang jalan besar?
Billboard tempat memasang banner di jalan raya
Billboard tempat memasang banner di jalan raya

Benar, mereka berdua termasuk banner. Banner intinya merupakan spanduk yang isinya dapat berupa slogan, iklan, maupun berita yang perlu diketahui masyarakat umum. Banner merupakan salah satu dari sekian media promosi yang dicetak baik secara vertikal maupun horizontal.

Jenis-Jenis Banner

Dilihat dari ukuran dan fungsinya, banner dapat dikategorikan menjadi 5 macam:
  1. X-Banner, biasa disebut sebagai standing banner. X-Banner biasa ditempatkan di dalam ruangan lebih tepatnya di samping pintu masuk toko, kantor, dan ruang seminar. X-Banner tidak cocok apabila ditaruh di luar ruangan, dikarenakan X-Banner mudah jatuh tertimpa angin.
  2. Mini X-Banner, sama seperti X-Banner. Namun, ukurannya lebih kecil. Biasanya ditaruh di atas meja sebagai sarana pemberi informasi.
  3. Y-Banner, sama seperti X-Banner, tetapi terdapat tambahan penyangga yang menyerupai huruf Y. Walaupun memiliki penyangga yang lebih kuat, Y-Banner jarang digunakan karena kalah populer.
  4. Roll Banner, sesuai dengan namannya, banner ini dapat digulung. Roll banner lebih praktis dalam penggunannya, karena tinggal digulung dan ditarik jika ingin digunakan.
  5. Giant Banner, memiliki ukuran sangat besar. Biasanya digunakan di luar bangunan seperti mal, gedung perkantoran, dan bioskop.

Banner paling sering digunakan untuk periklanan. Biasanya paling sering untuk mepromosikan suatu produk baik itu ponsel bahkan mobil.

Membuat Banner Sederhana Menggunakan Adobe Photoshop

Kali ini kita akan belajar membuat banner sederhana dengan Adobe Photoshop. Tenang tutorialnya mudah sekali. Yuk, simak tutorialnya berikut ini:

1. Buka Adobe Photoshop, saya memakai Adobe Photoshop CC 2018, buat lembar kerja baru dengan klik File > New. Atur ukuran lembar kerja tersebut menjadi 1000 px untuk panjang dan 338 px untuk tinggi. Klik Create dan jadilah lembar kosong memanjang secara horizontal.
Buat lembar kerja baru di Photoshop
Buat lembar kerja baru di Photoshop

2. Beri warna layar kosong tersebut menggunakan Paint Bucket Tool. Caranya, pilih warna terlebih dahulu dengan klik bagian yang saya lingkari. Makan akan muncul panel warna, pilih warna dengan kode #FFA300, kemudian pilih ikon cat Paint Bucket Tool dan arahkan ke layar kosong tersebut. Klik bagian kiri mouse, hasilnya bisa dilihat di bawah.
Pilih Paint Bucket Tool
Pilih Paint Bucket Tool
Warna yang dipilih akan mengisi layer
Warna yang dipilih akan mengisi layer

3. Saya hendak membuat iklan showroom mobil pada desain banner ini. Pertama-tama adalah tentunya dengan memasang gambar mobil pada desain banner tersebut, caranya klik File > Place Embedded. Pilih gambar mobil yang kamu inginkan yang ada di galeri kamu.
Pilih objek untuk diembed ke dalam layer
Pilih objek untuk diembed ke dalam layer
Kamu bisa mengatur panjang lebar ukuran foto dengan cara CTRL+T. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah.
Adjust ukuran objek dengan CTRL+T
Adjust ukuran objek dengan shprtcut CTRL+T

4. Sekarang buat desain pemanis untuk banner iklan tersebut, buat bidang lingkaran dengan Ellipse Tool. Atur bidang lingkaran itu sehingga yang tampak hanya setengahnya saja.
Eclipse tool untuk buat layer berupa lingkaran
Eclipse tool untuk buat layer berupa lingkaran

5. Beri warna merah #ED1200 pada bidang lingkaran tersebut dengan klik Fill yang ada pada bagian atas. tetapi pastikan sebelum itu kamu tengah memakai Path Selection Tool. Dikarenakan Fill tidak akan muncul kalau kamu tidak menggunakan tool tersebut. 
Gunakan fill pada lingkaran yang dibuat
Gunakan fill pada lingkaran yang dibuat
Maka hasil jadinya akan seperti ini. O, iya, jangan lupa untuk mengatur Stroke menjadi 0 px.
Hilangkan stroke pada objek
Hilangkan stroke pada objek

6. Buat lingkaran lagi sebagai bayangan mobil, sama seperti sebelumnya, menggunakan Ellipse Tool. Atur lingkaran sehingga menjadi agak gepeng. Pilih bidang lingkaran dengan Path Selection Tool, jadikan Multiply dengan Opacity 30%. Hasilnya sebagai berikut:
Tambahkan efek bayangan dengan mode multiply
Efek bayangan yang dibuat secara manual
Efek bayangan yang dibuat secara manual

7. Buat kembali bidang lingkaran menggunakan Ellipse Tool. Kali ini jangan diberi warna, dan atur Stroke yang terdapat pada bagian atas berukuran 2 px. Beri warna ketebalan garis itu dengan warna merah yang sama dengan yang ada pada mobil.

Langkah selanjutnya dengan bantuan Direct Selection Tool, tekan titik bagian kiri bidang lingkaran, kemudian tekan Delete pada keyboard

Kurang lebih lingkaran tersebut akan berubah menjadi seperti ini.
Garis lingkaran untuk motif, gunakan stroke
Garis lingkaran untuk motif, gunakan stroke

Gandakan dengan cara CTRL+C dan CTRL+V. Atur sehingga tampak seperti gambar di bawah.
Garis lingkaran membuat highlight objek jadi lebih menarik
Setengah lingkaran membuat objek jadi lebih menarik

8.  Nah, berikut ini merupakan langkah paling penting. Membuat teks! Kamu harus kreatif dalam memilah kata untuk teks apalagi dalam pemilihan font yang digunakan. Pemilihan font dan efek yang tepat dapat menarik calon konsumen untuk menggali informasi lebih dalam pada desain yang kamu buat.

Saran saya, kamu bisa menggunakan Golden Ratio supaya font tampak seimbang dan estesis. Golden Ratio sendiri merupakan bidang matematis dari suatu perhitungan yang menghasilkan Bilangan Fibonacci. Golden Ratio biasa digunakan para desainer khususnya logo designer supaya menghasilkan desain yang sedap.

[Bonus Tips] Penggunaan Font yang Sesuai

Dalam langkah kedelepan ini saya menggunakan font Bebas Neue. Font ini gratis dan dapat kamu unduh secara bebas lewat mesin pencari Google.
Mainkan tipografi dalam banner
Mainkan tipografi dalam banner

Selain itu, saya memakai font Montserrat dan Yellowtail yang kesemuanya dapat diunduh sekarang juga. Sekian tutorial membuat banner menggunakan Adobe Photoshop kali ini dari Fedora. Semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post