Monday, June 22, 2020

Daftar isi [Tampil]
Adobe Photoshop adalah penemuan luar biasa, kamu bisa mengasah kreativitas dengan foto-foto yang kamu ambil sekaligus meningkatkan kualitas foto tersebut.

Cropping adalah ketika kamu memotong sebagian gambar untuk membuat ukuran atau bentuk baru dan memotong ukuran untuk membuat gambar lebih estesis. Di dunia fotografi, cropping foto dapat didefinisikan sebagai menghilangkan area yang tidak diinginkan dari suatu gambar. Proses ini dilakukan untuk menghapus subjek yang tidak diinginkan atau detail yang tidak relevan dari foto, mengubah rasio aspeknya, atau untuk meningkatkan komposisi keseluruhan. Cropping foto yang baik dapat meningkatkan nilai estesis suatu foto.
Sampel foto untuk di-crop

Cropping pada Adobe Photoshop dapat didefinisikan sebagai mengubah piksel suatu gambar ataupun foto dengan cara memangkas piksel area sekitarnya. Piksel adalah kotak warna kecil yang membentuk foto kamu. Foto digital terdiri dari kisi-kisi piksel horizontal dan vertikal yang bekerja bersama untuk membentuk gambar. Saat foto kamu crop, kamu telah mengurangi jumlah piksel.

Proses cropping ini merupakan salah satu proses manipulasi foto paling dasar. Bagaimana cara cropping foto di Adobe Photoshop? Simak baik-baik penjelasannya sebagai berikut.

1. Buka folder di mana foto yang ingin kamu crop. Klik kanan > Open With > Adobe Photoshop. Foto yang saya pakai ini merupakan foto yang dapat diunduh secara gratis di Unsplash.
Buka foto menggunakan Adobe Photoshop
Buka foto menggunakan Adobe Photoshop

2. Klik ikon Crop Tool pada software Adobe Photoshop dan kemudian kamu bisa mulai cropping area yang tidak kamu butuhkan. Seleksi foto yang ingin kamu crop lalu Enter atau kamu bisa menggunakan perintah lain dengan memanfaatkan tab Image yang berada di bagian atas > Crop.  Foto pegunungan dengan jalan ini akan saya crop sehingga hanya meninggalkan bagian gunungnya saja. Hasil Akhirnya bisa kamu lihat di foto kedua di bawah ini.
Menu Crop Tool pada Photoshop
Menu Crop Tool pada Photoshop
Hasil Crop bagian Tengah Foto

3. Kamu bisa membuat kreasi dari hasil cropping foto dengan menambahkan objek, quote, atau semacamnya sehingga menghasilkan gambar yang estesis, dapat menceritakan momen dalam foto, dan sedap dipandang seperti yang saya buat berikut.
Tingkatkan faktor estetika foto

Saya menggunakan font Montserrat untuk teks di atas, bisa diunduh secara gratis.

Mudah sekali, bukan? Cukup dengan dua langkah mudah saja. Kalau kamu berpikir kreatif, kamu bisa membuat kreasi dari hasil cropping foto tersebut yang bisa saja menghasilkan karya yang memanjakan mata dan mempunyai keunikan tersendiri.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa tips untuk menghasilkan hasil cropping foto yang bagus dan tampak profesional. Berikut 6 tips sederhana untuk menghasilkan cropping foto yang profesional:
  1. Jangan crop bagian anggota gerak tubuh, pastikan kamu menghindari crop anggota tubuh orang lain karena tampak kurang bagus kalau dilihat. Sebagai gantinya, tinggalkan space agar kamu dapat mengambil semua detail yang ada. Jika kamu benar-benar harus crop bagian tersebut, ingatlah bahwa memotong tangan sehingga hanya menyisakan lengan pada model yang kamu foto akan menghasilkan hasil yang jelek jika tidak diimbangi komposisi yang bagus.
  2. Jangan crop tepat di bagian lutut, karena ketika memotong tepat di lutut maka model akan tampak pendek. Memotong bagian tengah paha terlihat secara visual lebih baik daripada melakukannya di lutut. 
  3. Hindari crop dagu dan jaga daerah mata di sepertiga bagian atas bingkai, menjaga bagian mata di sepertiga bagian atas bingkai secara visual lebih baik daripada memotong bagian dagu seseorang. 
  4. Crop foto untuk bercerita, orang-orang di luar sana mengatakan bahwa gambar bernilai seribu kata. Jadi pikir-pikir dulu nih, pesan apa yang ingin kamu coba sampaikan dari foto itu? Pastikan foto kamu tidak crop bagian-bagian detail apa pun yang dapat mengubah cerita atau pesan dari foto tersebut. 
  5. Jangan selalu letakkan subjek foto di bagian tengah, kecuali jika foto yang akan kamu crop adalah portrait. Tidak wajib untuk membuat subjek sepenuhnya terpusat di tengah dalam foto, terkadang membuat subjek berada di sisi bingkai baik kiri maupun kanan malah membuat hasil foto lebih menawan.
  6. Crop sesuai dengan kata hatimu,  ini yang paling penting. Crop foto sesuai dengan kata hati dan mata kamu. Mata kamu tidak bisa berbohong apa yang kamu lihat tersebut menarik secara visual atau tidak begitu pula hati. Pasti rasanya hati sakit bukan kalau melihat hasil cropping foto yang aneh banget?
Teknik crop yang tepat dapat membuat foto terlihat lebih menarik
Teknik crop yang tepat dapat membuat foto terlihat lebih menarik

Seperti yang dapat kamu lihat dari gambar di atas. Cropping foto yang tepat dapat menghasilkan foto yang bercerita dan memberikan efek visual tersendiri bagi yang memandangnya dan cropping foto yang tepat dapat bercerita sendiri tanpa kamu repot-repot perlu menulis caption.

O, iya, jangan terlalu terjebak dengan tips yang saya buat di atas ya, eksplorasi sendiri. Tips adalah tips, tetapi tips bisa dilanggar atau hanya sekadar dibaca. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post