Monday, May 4, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sebagai perangkat yang frekuensi pemakaiannya paling tinggi, smartphone tentu menjadi gadget yang paling banyak mendapat perhatian. Karenanya, gangguan sedikit saja pada perangkat yang satu ini pasti dapat kita sadari dengan cepat dan mudah.

Termasuk jika gangguan itu datang dari bagian audio, seperti yang terjadi pada sebagian pengguna ponsel Redmi Note 7. Mereka kerap menemukan masalah tidak berfungsinya speaker Redmi Note 7 sebelah kiri. Padahal speaker sebelah kanannya dapat berfungsi normal tanpa gangguan apa-apa.
Speaker Xiaomi Redmi Note 7.
Speaker Xiaomi Redmi Note 7.
Beruntung masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Tetapi sebelum masuk ke solusi, mari kita bahas dulu ponsel yang satu ini secara singkat.

Sekilas tentang Redmi Note 7

Redmi Note 7 merupakan salah satu smartphone unggulan Xiaomi dari seri Redmi Note. Dirilis di Indonesia pada pertengahan Maret 2019, ponsel yang satu ini memiliki layar berukuran 6,3 inci dengan aspect ratio 19,5:9. Menghasilkan resolusi tampilan Full HD+ yang amat memanjakan para penggunanya. 
Xiaomi Redmi Note 7
Xiaomi Redmi Note 7

Xiaomi Redmi Note 7 yang dipasarkan di Indonesia didukung dengan chipset Snapdragon 660 AIE octa-core untuk melakukan pemrosesan hingga 2,2 GHz. Kapasitas baterainya mencapai 4000 mAh dan sudah memiliki teknologi pengisian cepat Qualcomm®️ Quick Charge™️ 4. Menjadikannya sebagai salah satu ponsel dengan kapasitas dan daya tahan baterai terbaik di pasaran.

Smartphone yang memiliki fitur dual kamera belakang Al berukuran 48MP+5MP ini juga terbilang sangat terjangkau. Varian RAM 3 GB/ROM 32 GB dibanderol dengan harga mulai Rp1.999.999,- sementara varian RAM 4 GB/ROM 64 GB dibanderol dengan harga hanya Rp2.599.999,- saja. Tak ayal kalau ponsel yang satu ini mampu menembus angka 20 juta unit penjualan di seluruh dunia hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Alasan Mengapa Speaker Redmi Note 7 Mati Sebelah Kiri

Tidak berfungsinya speaker Redmi Note 7 sebelah kiri sesungguhnya bukan masalah sama sekali. Pasalnya, lubang di sebelah kiri tersebut memang bukan merupakan lubang speaker. Lubang tersebut justru merupakan lubang mikrofon yang dapat digunakan ketika menelepon.

Tetapi mengapa Xiaomi sampai repot-repot membuat lubang mikrofon banyak-banyak sejumlah lubang speaker?

Alasannya, karena Xiaomi menginginkan desain ponsel yang simetris antara bagian kiri dengan bagian kanan. Alih-alih harus menempatkan speaker di kanan dan kiri, mereka pun memilih untuk menambahkan lubang di bagian yang sebenarnya tidak ada speakernya.
Speaker Redmi Note 7 sebelah kiri ternyata adalah mikrofon.
Speaker Redmi Note 7 sebelah kiri ternyata adalah mikrofon.
Lantas apakah hal ini berarti bahwa Xiaomi Redmi Note 7 hanya memiliki satu speaker saja?

Jawabannya, bisa jadi tidak. Karena Xiaomi Redmi Note 7 memang memiliki 2 buah speaker. Speaker pertama terletak di bagian bawah sebelah kanan, sementara speaker kedua terletak persis di dekat kamera depan. Speaker kedua ini dimaksudkan untuk dapat menjadi speaker telinga.

Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir jika mendapati speaker Redmi Note 7 Anda mati sebelah kiri. Hal itu sama sekali bukan merupakan kesalahan produksi pabrikan, melainkan memang sengaja didesain seperti itu untuk memenuhi kenyamanan tampilan.

Ponsel Xiaomi yang Memiliki Dual Speaker

Sampai disini kita sudah mengetahui kalau Redmi Note 7 tidak dilengkapi oleh dual speaker. Meskipun begitu, jika Anda adalah penggemar audio yang membutuhkan speaker berganda, Xiaomi tetap memiliki jawabannya.

Adalah ponsel Xiaomi Mi 6 yang memiliki dual speaker di bagian atas dan bawah perangkatnya. Suara yang dihasilkan pun dapat menjadi stereo, menyerupai speaker aktif kebanyakan.

Selain Mi 6, ponsel Xiaomi yang memiliki speaker stereo adalah Xiaomi Mi 10. Ponsel yang satu ini digadang-gadang sebagai seri ponsel Xiaomi yang mampu menghasilkan kualitas suara terbaik. Jauh di atas Mi 6 yang sudah memiliki kualitas audio jempolan.


Sayangnya, Xiaomi Mi 10 sampai saat ini belum dirilis di Indonesia. Awalnya Xiaomi berencana merilis ponsel flagship yang satu ini pada April 2020. Tetapi rencana itu harus mundur akibat pandemi virus corona yang sedang terjadi.

Itulah ulasan mengenai masalah tidak berfungsinya speaker Redmi Note 7 sebelah kiri. Hikmahnya, jangan cepat panik jika menemui masalah pada perangkat audio Anda. Cari tahu dulu penyebab dan cara mengatasinya di internet. Ketahui lebih banyak seputar dunia audio hanya di Fedora.

Next article Next Post
Previous article Previous Post