Tuesday, April 21, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Speaker JIC barangkali sudah menjadi salah satu merk langganan penikmat audio di Indonesia. Namun bagi sebagian yang lain, nama JIC bisa jadi masih terkesan asing. Oleh karena itu, kali ini Fedora akan membahas keunggulan speaker JIC berikut varian produknya beserta harga.

JIC merupakan brand utama dari PT Ragam Citra Harmoni, perusahaan manufaktur speaker asal Surabaya yang sudah berdiri sejak tahun 2000. Dengan pengalaman hampir 20 tahun, JIC menghadirkan suara berkualitas sesuai kebutuhan para customer dan pendengarnya.

Dalam produksinya, perusahaan lokal ini berpegang teguh dengan standar manajemen mutu ISO 9001:2015. Hal ini menjadi jaminan standar dari produk-produk speaker yang dihasilkan oleh JIC. Menghasilkan produk speaker yang relatif awet dan jarang rusak.

Dengan motto “We Bring the Art to the Sounds”, JIC berusaha mengembangkan speaker yang mampu menghadirkan sentuhan seni pada suara yang dihasilkan. Karenanya, JIC terkenal dengan speaker yang mampu menghasilkan suara berkualitas prima dengan desain yang cocok ditempatkan di mana saja.
Tampak belakang speaker JIC LB 12050.
Tampak belakang speaker JIC LB 12050.

Jangan lupakan juga kalau speaker JIC ini merupakan produk anak bangsa. Sehingga harganya cenderung lebih murah dan tersedia di banyak toko speaker di Indonesia.

JIC sendiri membagi produk-produk speakernya kedalam 2 seri yaitu seri Pro dan seri Value. Berikut adalah ulasan singkat terkait perbedaan dari kedua seri tersebut.

Perbedaan Speaker JIC Pro Series dan Value Series

Speaker JIC Pro Series merupakan seri speaker yang dirancang untuk kebutuhan audio yang kuat, berjangka waktu lama, dan berskala besar. Sementara itu, speaker JIC Value Series diperuntukkan untuk kebutuhan audio dibawah Pro Series.

Pada diameter dan hambatan yang sama, speaker JIC Pro Series memiliki sensitivitas 1w/1m yang lebih tinggi daripada JIC Value Series. Hal ini berdampak pada kejernihan suara JIC Pro Series yang lebih baik ketimbang JIC Value Series.

Namun konsekuensinya JIC Pro Series juga membutuhkan konsumsi daya yang lebih besar. Sebagai contoh, JIC LA 08050 (Pro Series) membutuhkan daya 300 W. Padahal JIC LG 08025 (Value Series) yang memiliki diameter serupa hanya membutuhkan daya 120 W.
 
Tampak samping speaker JIC LA 08050.
Tampak samping speaker JIC LA 08050.

Terkait jangkauan frekuensi, JIC Pro Series bisa lebih tinggi atau pun lebih rendah ketimbang JIC Value Series. Hal ini sangat bergantung pada diameter koil yang berbeda-beda pada setiap varian diameter speaker JIC. Karenanya, Anda perlu mengecek lagi nilai jangkauan ini apabila Anda memiliki kebutuhan audio yang spesifik (khusus High atau Low).

Oleh karena JIC Pro Series dirancang untuk kebutuhan audioyang lebih kuat, amat wajar jika harga JIC Pro Series juga lebih tinggi ketimbang JIC Value Series. Speaker JIC Value Series pun kerap disebut sebagai JIC Economic Series dikarenakan harganya yang lebih ekonomis.

Cara Membaca Kode Nama Speaker JIC

JIC menggunakan nama yang cukup sederhana untuk produk-produk speakernya. Terdiri dari dua buah huruf yang diikuti oleh 5 digit angka.

Kedua huruf didepan menyatakan tipe bingkai speaker. Tipe LA dan LB sama-sama menggunakan bingkai cast aluminium. Perbedaan keduanya terletak pada bagian pusat speaker yang datar atau timbul. Adapun tipe LG menggunakan bingkai bertipe pressed steel.

Dua digit berikutnya menunjukkan besaran diameter speaker dalam inci dan tiga digit terakhir menunjukkan besar diameter koil dalam milimter. Digit-digit ini sangat membantu Anda dalam menemukan speaker yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, JIC LB 12050 berarti memiliki diameter speaker 12 inci dan diameter koil 50 mm dan JIC LA 12038 memiliki diameter speaker 12 inci serta diameter koil 38 mm. Pada diameter speaker yang sama, JIC Pro Series umumnya memiliki diameter koil yang lebih besar daripada JIC Value Series.

Varian Produk Speaker JIC Unggulan Beserta Harga

Dari varian Pro Series, produk yang paling diminati masyarakat ialah JIC LA 10050 dan JIC LA 10075. Keduanya sama-sama memiliki diameter 10 inci yang cocok ditempatkan di berbagai posisi.

Tampak belakang speaker JIC LA 10050 yang banyak diminati masyarakat.
Tampak belakang speaker JIC LA 10050 yang banyak diminati masyarakat.

JIC LA 10050 memiliki jangkauan frekuensi 55-5 kHz. Adapun JIC LA 10075 dapat menjangkau frekuensi yang lebih rendah pada rentang 38-4,3 kHz. Sensitivitas dan kebutuhan daya JIC LA 10075 juga lebih tinggi daripada JIC LA 10050. Masing-masing dibanderol dengan harga Rp350.000,- dan Rp551.000,-.

Sementara dari varian Value Series, unggulannya ialah JIC LB12050 dan JIC LB 12060. Keduanya cocok digunakan terutama untuk frekuensi rendah. Keduanya dibanderol dengan harga Rp255.000,- dan Rp420.000,-.

Varian JIC LB 06038 juga menjadi unggulan untuk frekuensi tinggi hingga 9 kHz. Speaker berukuran mini ini bisa Anda bawa pulang dengan harga hanya Rp190.000,-.

Speaker JIC varian mana yang menjad favorit Anda? Beritahu kami lewat kolom komentar di bawah.

Next article Next Post
Previous article Previous Post