Thursday, March 5, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagaimana sih cara menggunakan speaker bluetooth yang tepat? Mungkin sebenarnya yang sedikit membingungkan adalah proses penyambungan ke handphone pengguna. Padahal, jika tahu caranya, menyambungkan speaker dengan handphone melalui koneksi bluetooth tidaklah terlalu sulit.
ilustrasi speaker bluetooth nirkabel
Ilustrasi speaker bluetooth nirkabel

Nah, inilah cara menggunakan speaker bluetooth ke smartphone berbasis Android.

Aktifkan Speaker Bluetooth

Pastikan body speaker minimal memiliki 3 tombol. Tombol tersebut terdiri dari tombol untuk mengaktifkan speaker dan dua tombol lainnya untuk atur besar kecilnya volume. Jika terdapat tombol lainnya, mungkin memiliki fungsi mengatur playlist, play musik, pause musik.

Untuk mengaktifkan speaker, tergantung dengan bentuk tombolnya. Jika speaker yang Anda miliki adalah tombol biasa,maka Anda tinggal menekan tombol power. Namun jika bentuk tombol adalah switch maka Anda tingga menggeser tombol ke mode ON.

Biasanya di speaker juga terdapat lampu untuk memberi tanda agar Anda mengetahui bahwa speaker tersebut sudah aktif, maka lampu akan menyala. Setelah menekan tombol power tekan tombol bluetooth atau play pada speaker untuk mengaktifkan fungsi bluetooth.

Baca juga: Rekomendasi 5 Mini Speaker Bluetooth Terbaik

Mengaktifkan Bluetooth pada Handphone

Jika Anda sudah mengaktifkan bluetooth pada speaker, maka langkah selanjutnya adalah aktifkan bluetooth pada ponsel Anda untuk menyambungkan dengan speaker.

Hampir semua orang sudah mengetahui dan paham bagaimana cara menghidupkan koneksi bluetooth pada ponsel. Namun, untuk Anda yang belum mengetahui caranya mengaktifkan bluetooth adalah bukalah setelan handphone Anda, lalu pilih menu bluetooth dan aktifkan sampai ada tulisan on atau aktif.
Logo bluetooth pada device smartphone atau speaker
Logo bluetooth pada device smartphone atau speaker

Jika Anda ingin mengaktifkan dengan cara yang lebih cepat, Anda bisa mengaktifkan koneksi bluetooth melalui bar notifikasi dan cari simbol bluetooth dan tekan. Jika sudah aktif maka terdapat icon bluetooth di bagian atas layar ponsel Anda.

Menyambungkan Speaker ke Handphone

Cara untuk menyambungkan speaker dan handphone agar bisa berfungsi dengan baik adalah buka setelan handphone Anda. Kemudian pilih opsi bluetooth dan scan untuk mencari perangkat speaker Anda.

Setelah perangkat speaker ditemukan Anda tinggal menyambungkan saja dan tunggu beberapa saat sampai koneksi sukses tersambung. Namun, terkadang bisa terjadi masalah tidak sukses dalam menyambungkan speaker dengan perangkat handphone Anda.Maka coba Anda matikan koneksi bluetooth Anda dan coba hidupkan kembali bluetooth handphone.

Tes Speaker Bluetooth Anda

Cara ini paling mudah, harus Anda lakukan agar mengetahui apakah koneksi antara handphone dan speaker Anda bisa bekerja dengan baik. Anda bisa mencoba sekaligus dengan menggunakan speaker tersebut. Yaitu dengan cara play audio atau musik dari handphone Anda. Kemudian besarkan pelan-pelan volume speaker Anda

Jika suara di speaker sudah muncul, itu berarti handphone dan speaker Anda bisa terhubung dengan baik. Namun, jika speaker tidak mengeluarkan suara, Anda bisa mencoba untuk mengulangi langkah-langkah tersebut.

Karena tidak jarang speaker dapat mengalami kesalahan dan bermasalah. Anda bisa mencoba solusi menyambungkan speaker dengan handphone yang lain. Atau dengan cara lain Anda bisa coba mereset speaker Anda dan handphone Anda.

Jika disambungkan dengan handphone lain speaker tidak berfungsi dan sudah dicoba mereset speaker, dan kondisi speaker masih baru Anda bisa menukarkan kembali ke toko dimana Anda membeli speaker tersebut.

Itulah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan speaker bluetooth. Anda cukup membutuhkan waktu yang singkat untuk menyambungkan speaker dengan handphone Anda.
Pada zaman sekarang memang sudah banyak yang bisa dilakukan dengan sambungan melalui handphone.

Jadi Anda tidak perlu susah dan repot menggunakan kabel untuk menggunakan sound atau speaker. Selain bisa disambungkan dengan handphone, cara menggunakan speaker bluetooth juga bisa disambungkan dengan laptop yang memiliki fasilitas untuk koneksi bluetooth.

Next article Next Post
Previous article Previous Post