Friday, March 27, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Pada perangkat audio seperti laptop maupun headphone, sistem speaker yang terdapat pada dua sisi device (sisi kanan dan kiri) terkadang bisa saja mengalami kerusakan. Oleh karena itu, ada kalanya kita perlu menguji atau mengatur kecendrungan suara keluar melewati salah satu sisi speaker untuk mengetahui kondisi ataupun menyesuaikan keseimbangan suara yang keluar dari kedua speaker tersebut.
setting keseimbangan speaker pada sisi laptop
Setting keseimbangan speaker pada sisi laptop

Nah, pada tulisan ini, Fedora Audio akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara setting keseimbangan speaker kanan dan kiri pada sistem audio di sistem operasi Windows (khususnya Win 10). Karena OS Windows secara default sudah memungkinkan kita mengatur hal ini lewat setting control panel, praktis untuk melakukannya Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun.

Cara Setting Balance Speaker Win 10

  1. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan ialah dengan mencari logo speaker di pojok kanan bawah layar laptop Anda.
    Icon speaker di laptop Win 10

  2. Klik pada menu "Sounds" dan akan muncul box dioalog seperti di bawah ini.
    Dialog box sound system

3. Selanjutnya pilih tab "Playback" dan klik pada gambar icon speaker yang aktif dua kali atau klik di bagian Properties-nya persis seperti gambar di bawah ini
Klik gambar speaker yang aktif
Klik gambar speaker yang aktif
4. Tahap terakhir, setelah muncul box Speaker Properties, Anda perlu klik di bagian tab levels dan mengklik tombol balance disamping volume bar. Setelah semua tahap tersebut dilakukan, akan muncul box balance yang tampil persis seperti gambar di bawah ini.

Box Speaker properties dan pengaturan balance
Box Speaker properties dan pengaturan balance

5. Setelah muncul box balance seperti di atas, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan volume setiap sisi speaker sesuai dengan keinginan Anda. Volume bar yang ada di bagian L menunjukkan besar volume speaker di bagian kiri (left) sedangkan yang ada di bagian R untuk volume speaker di bagian kanan (right).

Oke itulah step-by-step untuk mengatur porsi balance speaker laptop Anda. Semoga dengan informasi ini Anda dapat mengatur bagaimana porsi yang paling sesuai di telinga Anda masing-masing. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post