Friday, February 21, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Cara setting realtek hd audio manager digunakan untuk melakukan pengaturan pada jenis suara yang dihasilkan oleh sebuah sistem audio. Realtek hd audio manager sendiri merupakan software yang biasanya digunakan untuk audio pada PC atau laptop.

Bagi Anda pengguna Windows, software ini sudah terinstall secara otomatis pada perangkat. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini digunakan sebagai aplikasi default untuk kebutuhan audio Windows.

Cara Setting Realtek HD Audio Manager

Dengan menggunakan realtek HD audio manager, Anda bisa mengatur sendiri bagaimana suara yang akan dihasilkan. Anda bisa secara lebih leluasa untuk menaikkan atau menurunkan suara audio yang dihasilkan melalui aplikasi ini.
Dasbor realtek HD audio (gambar hanya ilustrasi)

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan konfigurasi pada bagian mikrofon untuk PC dan laptop. Berikut cara setting realtek hd audio manager.
  • Masuk ke bagian menu pengaturan equalizer. Pilih control panel. Kemudian pilih menu hardware and sound.
  • Pilih realtek hd audio manager. Klik bagian tab sound effects. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa klik pada menu bar bawah sebelah kanan yang terdapat pada desktop kemudian pilih icon speaker. Klik kanan pada ikon tersebut kemudian pilih buka pengaturan suara.
  • Pada bagian sound effect, terdapat beberapa equalizer yang bisa dipilih. Anda bisa klik pada bagian icon equalizer untuk memilihnya. Terdapat beberapa pilihan mode seperti pop, club, rock dan lain sebagainya. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui perbedaannya.
  • Jika tidak ada yang disukai, Anda bisa melakukan custom untuk membuat equalizer baru.
  • Anda bisa mengubah output suara dengan menggeserkan panel yang tersedia pada menu tersebut.
  • Klik pada bagian grafik audio untuk melakukan custom equalizer sendiri.
  • Pada menu tersebut Anda bisa menentukan sendiri tingkat bass, treble dan mid yang akan digunakan. Jika sudah menentukan jenis audio yang akan dihasilkan, Anda bisa klik OK untuk menyimpannya.
  • Untuk melakukan pengaturan pada audio yang akan dihasilkan oleh headset yang dihubungkan dengan PC atau laptop, Anda bisa menggunakan fitur enhancement bass boss. Klik pada icon speaker yang ada pada desktop. Kemudian pilih playback devices.
  • Akan muncul topup yang berisikan tentang hardware output audio yang ada pada perangkat. Kemudian klik default device. Pilih properties.
  • Kemudian pilih menu tab enhancements. Berikan ceklis pada bagian bass boost. Untuk mengatur kemampuan bass boost yang digunakan, Anda bisa klik bass boost kemudian pilih menu setting. Anda bisa menentukan sendiri besar suara bass yang diinginkan. Klik ok untuk menyimpan pengaturan yang sudah ditetapkan.
  • Coba gunakan speaker kembali, apakah hasil output audionya susah sesuai selera atau belum. Jika belum berubah, coba restart perangkat kemudian tunggu hingga menyala kembali. Setelah itu barulah coba kembali audio yang digunakan.
  • Anda bisa melakukan pengaturan secara berulang sesuai dengan kebutuhan ataupun selera. Untuk mengembalikan pengaturan seperti semula Anda bisa masuk ke menu pengaturan audio, kemudian pilih default. Seluruh pengaturan akan kembali seperti semula sesuai dengan pengaturan yang dilakukan oleh Windows.

Itulah cara setting realtek hd audio manager yang bisa Anda coba terapkan pada laptop atau PC. Dengan melakukan pengaturan tersebut, Anda bisa menyesuaikan sendiri kualitas audio sesuai dengan selera.

Dengan begitu suara yang dikeluarkan oleh perangkat bisa lebih jernih dan berkualitas. Apalagi bagi Anda yang suka menonton film atau mendengarkan musik, audio tentu menjadi komponen utama yang harus disesuaikan terlebih dahulu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post