Friday, November 1, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Dewasa ini dunia kembali dihebohkan dengan munculnya berbagai mobil modern. Pasalnya mobil modern dibekali dengan berbagai perlengkapan yang sistematis. Kecanggihan mobil modern dengan kompleksitas yang dimilikinya membuat tuannya kadang bingung sendiri jika ada kesalahan kecil yang ada dalam mobil. Alih-alih bertujuan untuk memperbaiki alhasil membuat kerusakan semakin parah. Misalnya saja ketika speaker pintu mobil mati.
Ilustrasi speaker mobil yang mati
Ilustrasi speaker mobil yang mati

Speaker merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna mobil. Apalagi dikala macet speaker yang digunakan sebagai penghibur utama. Kebayangkan jika macet berjam-jam dan speaker mobil mati? Pasti akan sangat membosankan. Speaker yang ada pada mobil bertujuan untuk mengurangi kebosanan disaat macet ataupun pada saat sendiri dalam mobil. Berikut beberapa tips mengatasi speaker mobil yang mati.

Beberapa Tips Mengatasi Speaker Mati

Periksa keadaan speaker

Periksalah kondisi speaker terlebih dahulu untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan yang terjadi. Mendeteksi kerusakan ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan sebenarnya sehingga tindakan yang dilakukan tepat. Jika tindakan yang dilakukan tidak tepat bisa berakibat fatal atau terjadi kerusakan yang semakin parah. Diagnosa yang tepat pada kerusakan speaker juga dapat mempercepat perbaikan.

Eratkan kabel

Kabel yang terputus atau longgar dapat mengakibatkan speaker tidak menyala atau mati. Kerusakan yang diakibatkan kabel yang putus atau longgar dapat diperbaiki dengan cara mengeratkan kabel. Maka speaker akan normal kembali. Sebagai tambahan, juga dapat mengganti jeck atau socket dengan yang baru agar colokan tidak longgar atau bergoyang dan benar-benar fresh saat dicolokkan ke speaker. 

Solder ulang

Cara lain yaitu dengan cara mensolder ulang kabel yang menuju pada bagian magnet bagian tengah speaker. Solder ulang ini bertujuan untuk memastikan kabel-kabel terhubung dengan baik satu sama lain dan mencegah kemungkinan kabel kabel yang terlepas. Setelah itu Anda dapat mencoba speaker yang telah anda perbaiki.

Tes kontinuitas

Lakukanlah tes kontinuitas antar kutub negatif dan positif. Jika tidak ada kontinuitas maka kerusakan yang terjadi diakibatkan spul yang putus. Jika spul putus akibat terbakar ataupun konslet maka harus diperbaiki. Negatif dan positif tidak boleh terlalu jauh misal 2ohm. Apabila nilai yang terbaca adalah 2ohm maka spul tersebut telah rusak. Lalu apabila terdapat kontinuitas pastikan bahwa yang terbaca di skala ohm meter tidak jauh berbeda dengan impedansi. 

Lepaskan membran

Jika kerusakan yang terjadi akibat membran yang sobek atau jebol maka caranya adalah dengan melepaskan membran. Lepaskan membran lama dengan cara menetesi cairan pelarut sehingga membran dapat lepas dari kerangka. Kemudian ganti dengan membran baru dan masukkan gulungan spul diposisi tengah membran dengan hati-hati sampai tidak ada suara gesekan antara membran dan magnet.

Beberapa poin di atas adalah cara-cara mudah untuk memperbaiki speaker yang rusak. Ada berbagai masalah yang menjadi penyebab matinya speaker pada pintu mobil. Berikut beberapa penjelasan yang mungkin terjadi pada kesalahan yang dapat menjadikan speaker mati agar Anda tidak salah langkah dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

Penyebab Speaker Mobil Mati

Tegangan aki drop

Masalah ini terjadi apabila air aki berkurang. Penyebab lain yang juga dapat mengakibatkan tegangan aki drop adalah terminal pengisian longgar atau karena pengisiannya kurang sehingga suplai listrik terganggu. Hal ini dapat diatasi dengan penggantian aki secara berkala. Selain itu penggantian aki secara berkala juga akan merawat mesin mobil Anda.

Kepala aki berkerak

Kepala aki yang berkerak mengakibatkan kurangnya tegangan dan sistem akan terganggu. Selain itu juga main fuse dapat meleleh karena pengaruh panas pada  kompartemen mesin yang diakibatkan oleh bagian pelindung yang juga meleleh. Dengan begitu Anda dapat mengganti kepala aki.

Kerusakan pada pemutar CD

Kerusakan pada pemutar CD dapat ditandai dengan proses membaca CD yang cukup lama atau bahkan skip atau berhenti sebelum masuk ke track lagu. Permasalahan ini bisa disebabkan oleh pemakaian CD yang tidak sesuai. Gunakanlah CD yang sesuai dengan tipe mobil Anda. Pemakaian yang terlalu besar akan menjadikan kerusakan yang serius.

Tombol volume

Tombol volume yang kadang berfungsi kadang tidak sama sekali terjadi karena kabel fleksibel yang putus di dalam. Peristiwa ini dapat menimbulkan suara yang lemah bahkan tidak dapat menyala sama sekali. Pada kasus ini Anda cukup memperbaiki bagian volume saja sehingga tidak perlu repot-repot membongkar speaker pada pintu mobil.

Kabel ground RCA

Kasus kerusakan kabel RCA pada bagian dalam head unit dapat menyebabkan beberapa kesalahan. Kesalahan diantaranya gejala storing noise yang muncul dari speaker.

Suara pincang

Suara yang terjadi berat sebelah ini dapat diakibatkan speaker pada salah satu sisi mati. Kerusakan ini ditimbulkan karena solderan pada konektor speaker terlepas. Periksalah sisi mana yang rusak dan Anda dapat memperbaiki salah satu speaker yang rusak. 

Speaker berasap

Hubungan pendek arus listrik yang terjadi antara kabel speaker dan ground yang diakibatkan sambungan berkarat sehingga voice coil panas. Jika korsleting ini terjadi maka berpengaruh pada kinerja power hingga menyebabkan malfungsi atau tidak berfungsinya power ampilfier. Perbaikilah sebelum kerusakan merambat dan menyebar ke bagian lain.

Kerusakan tweeter

Kerusakan tweeter dapat menyebabkan nada high menjadi sember. Masalah tersebut terjadi karena faktor cuaca atau bisa jadi karena sering tersorot sinar matahari secara langsung. Maka hindari sinar matahari secara langsung.

Distorsi

Distorsi biasanya muncul bagian subwoofer bebarengan dengan bunyi bass. Tentunya akan membuat suara yang tidak enak didengar. Hal ini muncul karena subwoofer sudah lemah atau ada kotoran diantara magnet dan voice coil. Maka Anda dapat mengganti subwoofer atau membersihkan kotoran antara magnet dan voice coil.

Potensiometer rusak

Kerusakan yang terjadi pada potensiometer akan menyebabkan suara berat sebelah, hampir mirip dengan matinya tweeter sebelah. Karena kerusakan hampir mirip maka jangan sampai salah dalam penanganannya karena akan menimbulkan kerusakan yang lebih serius.

Kerusakan pada power

Kerusakan pada power akan berakibat konus pada speaker melotot saat difungsikan. Dimana arus yang seharusnya keluar adalah AC menjadi yang keluar adalah DC. Ini terjadi karena papan PCB kendor atau banyak kotoran yang menempel. Hal ini dapat dilakukan dengan mengeratkan papan PCB atau membersihkan kotoran yang menempel tersebut.

Mengingat betapa pentingnya unsur speaker dalam mobil, tindakan-tindakan harus dilakukan dengan sesuai agar tidak terjadi kerusakan semakin parah. Terutama pada mobil-mobil keluaran terbaru dengan sistem yang sangat rumit tidak seperti mobil manual. Mobil manual dengan kesalahan yang mudah dipahami sangat berbeda dengan mobil dengan sistem modern yang kadang cukup membuat pusing. 

Dari berbagai tips-tips perbaikan di atas dapat Anda coba dalam memperbaiki speaker pintu mobil yang rusak. Ingat, deteksi terlebih dahulu kesalahan yang terjadi sebelum Anda mulai memperbaiki agar kesalahan tidak semakin parah. Jika Anda ragu dalam memperbaiki speaker mobil Anda, alangkah baiknya jika perbaikan dilakukan oleh ahlinya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post