Tuesday, November 5, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Speaker sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Speaker biasa digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain game, dan berkomunikasi melalui video conference. Fedora Audio akan memberimu rekomendasi merek speaker terbaik yang cocok menemani aktivitas Anda. Baik aktivitas dalam ruangan atau indoor dan luar ruangan atau outdoor. 
Speaker terbaik untuk penggunaan outdoor (lapangan)
Speaker terbaik untuk penggunaan outdoor (lapangan)

Tips Memilih Speaker yang Baik

Lihat Kebutuhan

Tentukan kebutuhan penggunaan speaker tersebut, apakah akan digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan, karena jenis untuk kedua hal tersebut berbeda. Pada speaker yang digunakan di luar ruang, pilih speaker jenis full range artinya semua nada akan diciptakan oleh speaker ini. Dengan menggunakan jenis full range ini, nada yang tercipta tidak akan hilang, baik itu nada rendah maupun nada tinggi. 

Pada speaker full range nada yang tercipta kurang empuk. Sedangkan jika anda ingin membeli speaker untuk digunakan dalam ruangan pilihkan jenis woofer (bukan subwoofer, karena berbeda jenis), dengan woofer maka nada rendah akan bisa terdengar dengan lebih empuk dan halus. Jenis ini saat digunakan diluar ruangan maka nada rendah akan hilang.

Perhatikan Diameter

Semakin besar diameter speaker, maka suara atau nada yang dikeluarkan semakin rendah, tetapi tentunya membutuhkan daya amplifier yang besar. Diameter 8-10 inchi sudah cocok untuk rumah Anda, tetapi ukuran 14 inchi masih kurang besar untuk penggunaan panggung kecil. Pada panggung kecil gunakan speaker dengan diameter minimal 18 inchi. Jadi sesuaikan saja, jika Anda ingin menggunakannya di dalam kamar, maka 10 inchi sudah lebih dari cukup, dari pada nanti malah dimarahi nyokap yang merasa brisik dengerin MP3 yang Anda putar.

Lihat Magnetnya

Speaker dengan ukuran magnet yang besar biasanya mempunyai kualitas yang bagus, tetapi harganya biasanya juga mengikuti, artinya lebih mahal. Semakin besar daya yang dimiliki sebuah speaker terutama speaker outdoor maka magnetnya pun semakin tebal karena memang untuk keperluan lapangan.

Perhatikan Besar Daya

Carilah speaker dengan daya yang besar. Jangan terkecoh dengan daya besar yang tercantum dilabel (stiker). Perhatikan dengan lebih jeli lagi. Ada speaker yang mencantumkan kemampuan daya langsung di magnetnya, tetapi banyak pula yang menyematkan di bagian atas kertas stiker. Carilah yang langsung tertulis di magnet, karena itulah daya asli dari speaker itu sendiri. 

Anda lebih baik memilih daya 150 watt yang tertulis langsung di magnet dari pada daya 300 watt tetapi tertulis di atas kertas stiker. Jika Anda membutuhkan speaker untuk luar ruangan pastikan untuk memilih speaker dengan daya yang besar yakni di atas angka 700 watt. 

Perhatikan Daun Speaker

Perhatikan kelenturan dari daun speaker, semakin lentur biasanya akan menghasilkan nada rendah yang semakin empuk dan halus.

Brand yang Ada Pada Speaker

Perhatikan juga merek. Usahakan untuk mencari merek yang memang sudah dipercaya untuk produsen speaker berkualitas. 

Ukuran Spul Speaker

Spul dengan ukuran yang besar mempunyai kualitas yang lebih bagus dan nantinya akan menghasilkan suara yang lebih keras. Ukuran spul yang bagus untuk speaker lapangan mencapa diameter di atas 3 inci. 

Nah jika sudah tahu bagaimana memilih speaker yang baik khusunya speaker untuk outdoor tidak ada salahnya untuk lebih mengenal jenis-jenis dari speaker itu sendiri bukan?

Jenis-jenis Speaker

Subwoofer

Subwoofer merupakan speaker penghasil suara dengan nada rendah. Speaker yang satu ini bekerja di frekuensi 20-200 Hz sehingga akan menghasilkan suara berat yang lebih sering disebut dengan bass.
Subwoofer merupakan ukuran paling besar dibanding jenis speaker lainnya, paling tidak sekitar 12 inci hingga 21 inci. Ukuran ini karena suara rendah yang dihasilkan bakal lebih optimal jika melalui speaker yang berdiameter besar.

Untuk menunjang kerjanya, subwoofer akan diletakkan di sebuah boks khusus yang dilengkapi dengan lubang sehingga suara bass yang dihasilkan akan terdengar lebih maksimal.

Woofer

Seperti halnya subwoofer, speaker woofer juga bekerja untuk menghasilkan suara rendah atau bass. Frekuensi kerjanya berada di kisaran 40-1000 Hz. Perbedaannya ada pada ukuran. Woofer ini sendiri pada umumnya memiliki diameter mulai dari 4 inci hingga 12 inci.

Mirip subwoofer, speaker woofer pun biasanya dipasang pada satu boks khusus, bahkan tak jarang digabungkan langsung dengan speaker midrange dan tweeter sehingga speaker woofer masuk dalam sistem 3 way dan membutuhkan crossover sebagai pemisah frekuensi suara yang berbeda yang muncul dari setiap speaker.

Mid Range

Diameter speaker midrange umumnya berada di kisaran 4 sampai 6 inci saja. Frekuensi kerjanya berada di antara 500-5000 Hz. Suara yang muncul terdengar jelas dan terfokus. Speaker dengan model atau tipe ini merupakan bagian dari sistem 3 way bersama woofer dan tweeter.

Ukurannya memang tidak terlalu besar sehingga membuat speaker midrange tidak akan menghasilkan nada rendah seperti woofer atau subwoofer. Speaker ini tidak juga menghasilkan suara nada tinggi seperti yang dilakukan tweeter.

Speaker midrange memiliki fungsi yakni menyempurnakan kedua jenis speaker lainnya dalam sistem 3 way, yaitu membantu memunculkan suara vokal dan suara di frekuensi menengah lainnya agar terdengar lebih jelas.

Tweeter

Tweeter Ini termasuk jenis speaker paling kecil jika digolongkan dalam rangkaian jenis speaker terbaik yang ada saat ini. Bagaimana tidak, speaker tweeter berukuran antara 0,5 inci hingga maksimal 4 inci saja. 

Ukurannya yang kecil memang menyesuaikan dengan tugasnya untuk menghasilkan suara berfrekuensi tinggi. Tweeter ini dapat menghasilkan frekuensi suara yang berada di kisaran 3500 Hz hingga 20 Khz. 

Suara melengking dan juga suara tinggi seperti yang dihasilkan oleh pukulan pada cymbals drum merupakan suara yang mampu diakomodir oleh speaker tweeter. Beda dengan subwoofer yang harus dipasang pada boks khusus, tweeter bisa langsung dipasang karena sudah membentuk semacam boks sendiri yang berbentuk setengah lingkaran atau yang berbentuk corong.

Full Range

Speaker jenis fullrange memang bekerja di frekuensi yang sangat lebar, dimulai dari 40 Hz hingga 2 Khz. Selain itu, fullrange mampu mengeluarkan suara rendah hingga tinggi sekaligus. Sayangnya, suara yang dihasilkan tidak semaksimal jenis speaker yang menghasilkan suara pada frekuensi tertentu.

Speaker yang satu ini biasa digunakan dalam panggung musik di lapangan, acara nikahan, hingga karaoke. Speaker fullrange ini masih membutuhkan satu tempat agar bisa disusun dengan speaker sejenis lainnya ketika digunakan di tempat terbuka atau lapangan.

Merk Speaker Terfavorit

Jika membicarakan merk atau brand apa yang merupakan brand dari speaker lapangan terbaik ada beberapa macam. Untuk speaker aktif sound yang dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang canggih serta menjadi minat masyarakat adalah Huper, JBl, dan Betha 3.

Sebetulnya masih ada beberapa merk speaker ternama yang merupakan produsen terbaik untuk speaker. Berikut ini adalah daftar nama merk speaker yang bisa dikatakan terbaik:
  • Bowers and Wilkins
  • Bose Corporation
  • Klipsch Audio Technologies
  • Harman Kardon
  • Pioneer
  • KEF
  • Polk AudM
  • Infinity
  • Sennheiser
Jika Anda membutuhkan produk speaker yang berkualitas tinggi dan merupakan produk kelas atas beberapa merk tersebut bisa menjadi opsi Anda saat akan membeli speaker hingga earphone.

Next article Next Post
Previous article Previous Post