Tuesday, November 5, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Amplifier dimana dalam bahasa Indonesia biasanya lebih sering disebut dengan Penguat Daya adalah sebuah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk memperkuat atau memperbesar sinyal masukan. Power Amplifier pada bidang audio fungsinya akan menguatkan sinyal suara yang berbentuk analog dari sumber suara (Input) menjadi sinyal suara yang lebih besar (Output). 
Rekomendasi amplifier terbaik untuk masjid

Penguat Daya ini sangat dibutuhkan bagi sistem audio atau suara yang ada pada sebuah masjid. Gunanya untuk memperkeras suara yang dihasilkan TOA yang dipasang pada masjid tersebut. Untuk merknya sendiri ada beberapa yang menjadi andalan masyarakat agar bisa memperkeras suara TOA yang ada di masjid masing-masing.

Rekomendasi Amplifier TOA Masjid

Paket Sound System Masjid TOA Horn ZH 5025 BM - TOA ZS 202 C

Untuk bisa mendapatkan suara yang nyaring namun tetap tidak cempreng, ada satu merk amplifier TOA yang bisa dijadikan pilihan. Satu paket sistem suara masjid ini menawarkan satu paket sound sistem Masjid maka akan lebih mudah menyusun dan merancangnya sehingga masjid memiliki sound sistem yang bagus. Paket sound sistem Toa Masjid yang satu ini sudah lengkap, terdiri dari:
  • 1x Amplifier TOA ZA-2120 -- 120 Watt
  • 2x Horn TOA ZH-5023BM – 25 Watt
  • 2x Colum TOA ZS-202C – 20 Watt
  • 1x Mic wireless shure UT-42 II (PJH)
  • 1x Mic Podium Krezt BM-301 Meja
Tipe amplifier yang digunakan yakni amplifier TTOA ZA-2120 dengan daya sebesar 120 watt. Dilengkapi dengan indikator antara lain Power LED, signal LED, dan peak LED untuk memudahkan penggunaan amplifier tipe satu ini. Frekuensi yang dihasilkan dimulai dari 50 sampai 20000 Hz atau kurang lebih 3dB. amplifier ini sangat umum digunakan di masjid-masjid

Amplifier TOA ZA-2240

TOA ZA- 2240 adalah power mixer kapasitas 240 watt, cocok dipergunakan untuk pengeras suara / paging telephone / pengumuman dll. amplifier satu ini sangat cocok dipergunakan untuk kantor, mall, supermarket, sekolah, masjid, musholla, pergudangan, dan pabrik.

Untuk spesifikasinya, amplifier TOA ZA-2240 ini mempunyai power source 220-240 V AC dengan rated output 240 W. Tipe amplifier TOA ini juga biasa digunakan untuk masjid yang bisa menghasilkan suara jernih dan keras.

Amplifier TOA  ZA-2060

ZA-2060 adalah penguat daya berkinerja tinggi yang cocok untuk menyiarkan paging atau musik latar di sekolah, kantor, toko, pabrik, masjid, dan kamar besar. Power sourcenya 220 - 240 V AC, or 24 - 30 V DC dengan rated output 60 watt. Juga termasuk salah satu ampli masjid yang dicari di pasaran.

Tidak sembarang amplifier cocok untuk alat yang ingin Anda tingkatkan daya suaranya. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan membeli perangkat yang salah. Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini sebelum membeli.

Sesuaikan Spesifikasi Amplifier dengan Kebutuhan

Tidak semua jenis amplifier dapat digunakan untuk berbagai macam alat. Misalnya saja ada amplifier yang dikhususkan untuk alat musik, speaker hingga audio kendaraan. Jika Anda bertujuan untuk menggunakan penguat daya ini sebagai kebutuhan speaker maka Anda dapat mencari ampliefier khusus speaker yang memiliki daya keluaran watt yang lebih tinggi dibandingkan untuk audio kendaraan.

Pertimbangkan Luas Ruangan atau Lokasi yang akan digunakan

Ruangan yang luas akan membutuhkan amplifier serta ukuran jumlah daya listrik (watt) yang lebih besar dibanding dengan ruangan yang sempit. Jika hanya akan digunakan di rumah, amplifier berkekuatan hingga 10 watt mungkin sudah cukup.

Sebaliknya, apabila akan dipergunakan untuk pertunjukkan atau acara besar lain, maka kekuatan 100 watt atau lebih akan lebih berfungsi. Jumlah amplifier tergantung pada seberapa banyak speaker atau alat lainnya yang dipasang, karena umumnya satu amplifier memiliki kapasitas maksimal tertentu.
Fitur Suara yang dihasilkan (tempo output) Sesuai Kebutuhan

Masing-masing produsen amplier memiliki ciri khas karakter suara output yang dihasilkan. Anda dapat terlebih dahulu mencari referensi amplifier mana yang sesuai dengan preferensimu. Sebagai contoh amplifier asal Inggris, Marshall yang memiliki ciri khas suara klasik untuk gitar listrik dan Roland yang terkenal dengan hasil keluaran suara yang jernih.

Bentuk dan Tipe

Saat ini ampliefier tidak hanya berbentuk tabung kotak besar berat yang sulit untuk dibawa. Adapula yang berukuran mini dan portable, sehingga memudahkan untuk dibawa kemanapun dan digunakan kapanpun. Namun, tentu saja kekuatannya tidak akan sebesar yang berukuran normal, akan tetapi cukup untuk kebutuhan personal Anda.

Memang tidak mudah untuk mencari amplifier yang sesuai khususnya untuk masjid. Masih saja banyak yang melakukan perombakan untuk bisa menghasilkan suara yang lebih keras namun tetap jernih. Entah dengan menambah jumlah TOA atau memilih amplifier dengan daya yang lebih besar. Tentunya hal tersebut tidak perlu dilakukan jika amplifier yang digunakan sudah menghasilkan suara lantang dan jernih sesuai kebutuhan.

Banyak yang menanyakan sebetulnya amplifier yang baik itu seperti apa. Pertanyaan ini terus saja muncul karena tentunya masyarakat terus mencari amplifier terbaik agar tidak perlu melakukan perombakan atau perakitan ulang. Jawaban dari pertanyaan tersebut semua dikembalikan pada kebutuhan dan juga budget. 

Jenis amplifier yang sering atau umum digunakan biasanya ada amplifier dengan transistor penguat, amplifier dengan mosfet, dan amplifier dengan IC power. Biasanya ada juga yang membutuhkan amplifier yang dilengkapi dengan IC Power sekaligus trafo.

Power Amplifier Model Terkini

Amplifier TOA jenis lama umumnya sudah dilengkapi dengan bagian mixing audio untuk saluran MIX dan juga AUX. Sementara amplifier TOA yang sekarang ini beredar sudah mengalami perubahan dimana tidak ada lagi saluran MIX dan AUX yang disediakan. Tombol yang tersedia pada amplifier dengan model terbaru hanya sebatas level control dan tone control.

Selain itu dalam menggunakan amplifier model terbaru jauh lebih baik Anda menggunakan limiter untuk melindungi corong dari kerusakan karena dengan limiter bisa menghindari overload suara yang nantinya bisa merusak corong jika dibiarkan begitu saja. 

Pasalnya ada orang yang adzan dengan pelan tapi ada pula orang yang adzan dengan suara yang amat keras bahkan dekat dengan mikrofon. Hal ini akan membuat corong bisa rusak serta suara yang dihasilkan juga nantinya tidak enak didengar.

Well, itu adalah sedikit ulasan tentang amplifier yang biasa digunakan pada sound sistem masjid. Amplifier menjadi salah satu komponen yang terbilang wajib untuk masjid karena amplifier bisa membuat suara yang dihasilkan bisa lebih kuat namun tetap terdengar jernih. 

Pilihlah amplifier TOA sesuai kebutuhan agar tidak sampai melebihi budget yang ada karena semakin besar daya yang dimiliki amplifier tersebut tentu semakin mahal pula harga yang dikantongi. Jika suara adzan sudah terdengar cukup lantang dan jernih dengan daya yang sedang tidak perlu menambah daya lagi sehingga harus merogoh kocek lagi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post