Saturday, September 21, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Speaker? Berbicara mengenai speaker pasti semua orang tahu apa itu speaker. Alat yang biasa digunakan sebagai pengeras suara ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas. Di zaman modern dengan aneka perlengkapan canggih, banyak terobosan terbaru mengenai speaker.
Zaman sekarang ini peran speaker sangat penting sebagai pengeras suara, terlebih lagi untuk acara atau event-event yang besar. Tanpa adanya speaker tentu kesulitan untuk bisa mengeluarkan atau mengeraskan suara agar bisa di dengar oleh banyak audiens. Sudah banyak terobosan terbaru untuk speaker dalam memenuhi kebutuhan.
Earbud nirkabel Sennheiser
Earbud nirkabel Sennheiser

Terobosan terbaru mengenai speaker saat ini adalah speaker nirkabel. Terdapat 2 produk speaker nirkabel yang bersaing di kelasnya yaitu Alto Stealth Wireless dan Sennheiser. Kedua produk ini sama-sama berjuang untuk menjadi yang terbaik dikelasnya. Lalu mana yang terbaik dari kedua speaker nirkabel tersebut? Mari simak informasi berikut ini.

Alto Stealth Wireless Vs Sennheiser

Ada banyak perbandingan paling menonjol mengenai kedua produk tersebut. Dari perbandingan ini baru kita bisa bisa menentukan mana yang lebih baik dan lebih canggih. Berikut beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui.

Saluran

Salah satu perbandingan antara Alto Stealth Wireless dan Sennerheiser adalah jumlah saluran. Alto Stealth Wireless hanya mampu memuat 16 saluran yang bisa di dapatkan secara manual. Tentunya sangat disayangkan karena tidak bisa digunakan untuk memprediksi dan mengantisipasi gangguan yang nantinya akan terjadi.

Sedangkan untuk Sennheiser mempunyai 1600 frekuensi yang bisa Anda pilih secara bebas. Tentunya jarak yang sangat tinggi dengan Alto Stealth Wireless. Tidak heran jika saluran menjadi perbedaan paling mendasar diantara keduanya. Alasan inilah yang menentukan seseorang ingin menggunakan speaker apa.

Pemindai Frekuensi

Salah satu kelemahan Alto Stealth Wireless adalah tidak adanya sistem pemindai frekuensi. Sehingga apabila di sekitar Anda memiliki frekuensi yang lebih baik, hal ini akan bersaing dengan milik Anda. Tidak heran jika terkadang suara lain masuk ke dalam suara acara yang sebenarnya.

Itu merupakan obrolan RF dan hal ini akan membunuh rasa kepercayaan diri Anda. Hal ini sangat berbeda dengan Sennheiser. Sennheiser memiliki pemindai frekuensi yang bisa mengontrol kekuatan frekuensi untuk tetap menjadi baik dan stabil kapanpun.

Daya Keluaran

Daya keluaran antara Alto Stealth Wireless dan Sennheiser sangat jauh berbeda. Alto Stealth Wireless hanya mampu mengeluarkan daya di bawah 10mW sedangakan untuk Sennheister 30mW.

Disini Alto Stealth Wireless menjadi sangat pesimis karena perbedaannya yang sangat tinggi. Dalam segi ini Alto Stealth Wireless tidak bisa menyaingi Sennheister. Alasan ini juga lah yang membuat banyak orang lebih memilih Sennheiser.

Reproduksi Frekuensi

Banyak orang berdebat mengenai reproduksi frekuensi apakah penting atau tidak. Pada intinya, semakin besar respon frekuensi akan semakin baik pula speaker nirkabel tersebut. Alto Stealth Wireless memiliki reproduksi frekuensi hanya sebesar 50Hz-17kHz saja, untuk Sennheiser jauh berada di atasnya.

Satu Antena

Adanya satu antena di Alto Stealth Wireless membuatnya tidak ada keberagaman adaptif yang keluar. Namun bagaimana dengan Sennheiser yang juga memiliki 1 antena? Hal ini berbeda karena penerima portabel Sennheiser akan mengubah kabel yang ditancapkan ke antena kedua. Hal ini membuat penerima memiliki keragaman adaptif.

Kekokohan Sensitivitas 

Kekokohan sensitivitas Alto Stealth Wireless tidak sekuat milik Sennheiser. Kekokohan sangat penting untuk jenis suara tinggi, terlebih lagi jika speaker tersebut harus berada di dekat secara langsung. Alto Stealth Wireless tidak bisa menangani hal tersebut, suara harus lebih dipelankan agar mikrofon tersebut bisa menanganinya. Jelas hal tersebut sangat tidak memungkinkan.

AF Out

AF Out tidak bisa disesuaikan dengan Stealth Wireless Expander Pack atau Alto Stealth. Hal ini sangat penting karena memiliki peran besar dalam memperhalus suara. Speaker nirkabel membutuhan banyak poin kemahiran untuk menjadi hebat. Salah satunya adalah mampu mengontrol suara pada akhir rantai sinyal. Meski pada umumnya hampir semua memiliki kontrol gain sendiri.

Lampu Indikator

Lampu Indikator LED yang digunakan untuk menunjukkan keberadaan AF dan RF sangat penting. Alto Stealth Wireless mempunyai lampu indikator dengan visual kurang bagus. Contohnya bila Anda berjarak 200 dengan penerima Stealth Alto, Anda bisa menyalakannya (lampu indikator RF ke Penerima), namun penerima tidak bisa melihat dan tergantung dengan sinyal tersebut.

Semakin banyak orang yang berdatang akan membuat sinyal menjadi menghilang. Berbeda dengan Sennheiser yang memiliki visual LED sangat jelas dan sinyal RF yang kuat. Anda akan melihat seberapa baik suara yang dihasilkan melalui AF ini. Umpan balik yang tepat sangat penting untuk speaker nirkabel saat bekerja.

Sistem Nirkabel

Salah satu kekurangan Alto Stealth Wireless adalah menggunakan daya AC bukan daya baterai. Hal ini tentu akan membuat Anda kesulitan dalam mencari tenaga listrik. Terlebih lagi jika Anda menempatkannya langsung di lorong, tripod, pohon atau tempat luar lainnya yang tidak ada daya (berada di luar ruangan).

Hal ini berbanding terbalik dengan Sennheiser yang memiliki sistem nirkabel baterai. Penggunaannya pun akan sangat fleksibel, baik digunakan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Inilah yang menjadi poin tambahan keunggulan Sennheiser dibandingkan yang lainnya.

Pemancar

Pemancar milik Alto Stealth Wireless terbilang besar, sehingga sulit untuk meletakkannya di sembarangan tempat. Pemancar milik Sennheiser terbilang lebih kecil dibandingkan milik Alto Stealth sehingga lebih memungkinkan untuk digunakan dimanapun sesuai kebutuhan Anda.

Alto Stealth Wireless merupakan produk yang bagus, namun masih ada produk yang lebih bagus lagi diatasnya yakni Sennheister. Banyak kekurangan yang dimiliki Alto Stealth Wireless namun untuk suara yang kecil, Alto Stealth Wireless sudah cukup mumpuni. Pemilihan antara keduanya tergantung dari pribadi Anda dan akan digunakan untuk apa.

Dari beberapa pernyataan di atas, Anda pasti sudah memiliki bayangan mana yang lebih cocok dan akan Anda gunakan. Pastikan Anda harus memilih dengan tepat agar acara yang dilaksanakan bisa lancar tanpa halangan apapun. Jika Anda masih bingung, bisa tanyakan kepada bagian karyawan toko atau orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia ini.

Jangan sampai Anda salah membeli karena akan sangat merugikan. Produk ini bukan produk sembarangan yang biasa atau dibutuhkan oleh khalayak ramai. Jadi harus benar-benar dengan pertimbangan yang sangat tepat.

Alto Stealth Wireless dan Sennheiser bukanlah nama produk, melainkan nama perusahaan pembuat speaker nirkabel. Sebenarnya bukan hanya mereka berdua, masih banyak lagi perusahaan yang terjun di dunia speaker. Namun di dunia speaker, kedua perusahaan tersebut paling banyak dibicarakan, itulah kenapa banyak orang mencari tahu mana yang lebih baik.

Itulah perbandingan antara Stealth Wireless dan Sennheiser. Anda memilih yang mana? Apapun pilihan Anda, semoga bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda saat ini. Semoga informasi tersebut diatas bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post