Thursday, September 5, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Hampir semua suara atau audio yang terdengar megah di telinga manusia dihasilkan oleh seperangkat sound sistem terlebih adalah speakernya. Coba perhatikan dengan seksama saat menonton acara baik itu secara langsung atau lewat layar televisi terkadang kita harus mendengar suara yang mengganggu telinga. Semua itu sangat mungkin terjadi karena kualitas sound sistem dan speakernya kurang mumpuni. Sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi pada acara-acara bagus dimana audio menjadi suguhan utamanya.
desain box speaker super bass
Desain box speaker super bass

Selain kualitas speaker yang memang harus bagus ada hal lain lagi yang juga ternyata akan membawa pengaruh pada audio yang keluar. Ya, kita juga tidak bisa melewatkan kualitas dari box speaker itu sendiri. Mengapa hanya sekedar kotak wadah speaker bisa mempengaruhi kualitas dari suara yang dihasilkan nantinya?. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut akan dijelaskan dengan lebih detail dalam sub-sub pembahasan berikut ini.

Fungsi Box Speaker

Melindungi Speaker

Fungsi yang sangat dasar sebagai sebuah casing atau wadah tentunya box speaker berguna untuk melindungi bagian permukaan dan komponen dari pengeras suara tersebut. Speaker yang digunakan terutama di arena outdoor seperti lapangan tentunya sangat rawan dari gesekan atau gangguan benda-benda sekitarnya. Itulah mengapa speaker memang harus diberikan wadah yang akan melindunginya sehingga bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Mengatur Suara Diafragma

Selain sebagai pelindung ternyata box speaker juga berperan dalam mengatur suara yang dihasilkan oleh diafragma depan dan belakang dari speaker. Adanya kotak atau box pada speaker akan mencegah adanya percampuran suara dari diafragma depan dengan suara yang berasal dari diafragma bagian belakang dari speaker. Desain dari box speaker juga akan mempengaruhi bagaimana pengaturan suara yang dihasilkan oleh speaker.

Melihat begitu pentingnya kegunaan dari box speaker terhadap kualitas suara yang nantinya akan dihasilkan oleh speaker maka sebaiknya jangan sembarangan dalam memilihnya. Sebelum memutuskan membeli ataupun membuat sendiri box speaker perhatikan dulu bagaimana seharusnya bahan yang digunakan agar mendapatkan box speaker yang bagus kualitasnya terutama dalam menangkap suara rendah atau bass.

Cara Memilih Bahan untuk Box Speaker Bass

Pilih Bahan yang Kuat

Untuk mendapatkan wadah atau box speaker yang mutunya terjamin Anda harus memilih suatu bahan yang memiliki kekuatan tertentu. Pilih bahan yang materialnya tidak lentur agar nantinya bisa untuk menahan getaran yang keluar dari speaker. Dengan demikian tidak akan terjadi resonansi yang tidak diharapkan pada suara.

Mudah Dipotong dan Mudah Direkatkan

Meskipun bahan untuk membuat box speaker haruslah material yang kuat serta tidak lentur tetapi ingat bahan tersebut haruslah mudah dipotong dan mudah untuk direkatkan satu sama lain. Kalau box speaker buatan pabrik biasanya mereka bukan memotong melainkan dengan cara mencetak, sedangkan bila membuat sendiri kita harus memotongnya agar sesuai dengan ukuran. 

Selain mudah dipotong bahan yang digunakan untuk membuat box speaker juga mestinya mudah untuk direkatkan satu sama lain. Tujuannya adalah agar kita bisa mendapatkan sambungan yang cukup kuat pada bagian-bagian box speaker tersebut. Tentunya jika sambungannya kuat box speaker akan lebih mampu bertahan lama dan tidak goyah karena getaran suara dari dalam speaker.

Kemampuan Meredam Suara Baik

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas ada satu lagi yang harus diperhatikan saat memilih bahan atau material untuk membuat box speaker yaitu kemampuan dari material tersebut dalam meredam suara. Tujuannya agar tidak terjadi keluarnya suara dari box.

Nah, dari beberapa syarat di atas inilah beberapa rekomendasi bahan atau material yang bagus untuk membuat box speaker bass.

Bahan Box Speaker Bass yang Bagus

Papan Partikel Mentah

Material yang dimaksud di sini adalah material yang terbuat dari bubuk kayu dicampurkan dengan lem kemudian dikompres sampai padat. Permukaannya halus dan lapisan dalam yang kasar relatif mampu meredam getaran suara lebih kuat namun mempunyai emanasi suara tinggi. Dalam membuat box speaker dengan partikel board mentah ini kita harus menggunakan lem kayu sebagai perekatnya. Sebagai finishing gunakan karet, pelapis atau dempul cat untuk melapisinya.

Veneered Partikel board

Pada prisipnya bahan ini sama dengan partikel board mentah tetapi menggunakan lapisan plastik di permukaannya. Kemampuannya juga hampir sama dengan bahan partikel mentah hanya saja dengan bahan veneer kita tidak perlu lagi melakukan pengecatan. Ukuran yang tersedia 15 mm dan 18 mm.

MDF

Adalah bahan yang dibuat dari serat kayu dicampur lem kemudian dikompres sampai padat menggunakan mesin. Dibandingkan dengan partikel mentah, MDF ini lebih rawan terhadap getaran namun emanasi suara bisa diredam dengan lebih baik.  Selain direkatkan dengan lem kayu bahan MDF ini juga menggunakan sekrup untuk menyatukan antar bagian.

Triplek dan Kayu 

Kita bisa memakai bahan triplek atau kayu juga untuk membuat box speaker. Tetapi yang perlu diingat jika memakai tripek harus diperhatikan cara memotongnya. Jika memilih kayu pilihlah jenis kayu yang ringan dan halus seperti kayu pinus misalnya.

Setelah bicara bahan sekarang akan dibahas tentang tipe atau desain box speaker untuk subwoofer.

5 Tipe dan Desain Box Speaker Super Bass

Planar Horn

Ini adalah tipe dan desain box speaker superbass yang tepat untuk keperluan outdoor seperti lapangan terbuka. Kemampuannya menjangkau jarak jauh juga sangat mendukung dan cocok digunakan dalam segala kondisi. Planar Horn akan menghasilkan suara sub low jika memakai speaker sebesar 18 inchi. Sedangkan jika kita memakai yang 15 inchi suara yang keluar akan mid low.

Vented 

Model ini memakai lubang-lubang atau port yang berfungsi untuk meningkatkan output suara frekuensi rendah (bass). Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan udara di dalam box seperti pada piston motor, ini yang akan menambah frekuensi pada subwoofer.

Infinite Baffle

Model infinite baffle ini pas untuk dipasang di kendaraan atau mobil Anda terutama pada sedan. Daya resonansinya yang termasuk sangat rendah dengan bentuk kecil yang tidak banyak memakan tempat sehingga pas dimasukkan ke sedan. Ini dikarenakan subwoofer yang langsung menempel pada permukaan.

Labirin

Model box speaker ini memakai lubang dan sekat di dalamnya. Jadi kotak speaker labirin ini desainnya memakai lubang-lubang atau port kemudian di dalamnya terdapat sekat-sekat sehingga mirip dengan labirin. Kelebihannya adalah bisa mendapatkan keluaran suara atau output secara maksimal dalam frekuensi tertentu, hanya saja box speaker ini ukurannya besar.

Sealed Box

Model box sealed ini diyakini bisa menghasilkan suara bass yang mantab, halus dengan respon yang tepat. Model ini memakai kalkulasi suara volume guna membantu mengontrol dan melakukan perubahan suara yang terjadi. Ukuran box kecil namun mampu menghasilkan suara bertenaga besar. Desain sealed box biasanya sangat disukai oleh mereka yang suka dengan kosmetik pada audio dengan menambahkan subwoofer terbalik.

Nah, sekarang tinggal pilih mana box speaker yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post