Saturday, August 3, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sudahkah Anda tahu seperti apa sih model box speaker ideal untuk mobil kesayanganmu? Menjadi salah satu sektor yang sering sekali dimodifikasi untuk mendapat kenyamanan dalam berkendara, tentu saja pemilihan model box speakernya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi di pasaran kini sudah banyak pilihan model dari berbagai merk box speaker yang bisa dijadikan pilihan, lengkap dengan fitur – fitur penunjangnya.
Model box speaker ideal untuk mobil
Model box speaker ideal untuk mobil

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mencari box speaker terbaik untuk mobilmu, berikut ada beberapa rekomendasi contoh box speaker yang bisa dipilih.

Contoh Model Box Speaker Ideal untuk Mobil

Model Box Speaker Isobaric

Model Box Speaker Isobaric

Rekomendasi pertama model box speaker yang diklaim paling ideal untuk aksesoris mobil kesayangan adalah Isobaric. Kenapa? Sebab, box speaker satu ini hadir dengan desain mini dan memiliki banyak sekali kelebihannya.

Box speaker tersebut tampil lebih sempurna dengan adanya dua buah subwoofer yang sengaja ditempelkan secara face to face. Tidak hanya itu, dengan satu system cable yang saling berlawanan box speaker ini dijamin akan mampu ciptakan suara yang lebih nendang dan mantap.

Secara garis besarnya, Isobaric terdiri dari dua buah subwoofer, dua amplifier dari setengah ukuran box. Dibilang ideal, sebab ukurannya yang mini dan memiliki distorsi rendah. Tapi sayangnya, box speaker tersebut memiliki efisiensi yang sangat kecil sekali, ukurannya pun lebih kecil dari ukuran box speaker yang dianjurkan dengan membuat dua buah subwoofer.

Model Box Speaker Acoustic Couple

Model Box Speaker Acoustic Couple

Lalu untuk selanjutnya ada model box speaker Acoustic Couple. Salah satu alasan kenapa Anda disarankan untuk memilih box speaker tersebut adalah Acoustic Couple memiliki dua buah subwoofer yang diletakkan di dalam box, sehingga hal tersebut mampu menambah volume audio.

Sama seperti pada box speaker di atas, Acoustic Couple juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah mudah dibuat sendiri bahkan Anda juga akan dimudahkan dalam membagi ukurannya. Tetapi demikian, box speaker ini juga tak luput dari kekurangan karena adanya perbedaan data output dari tiap – tiap driver. Model ini ternyata jauh lebih lentur tambah ada tambahan penguat.

Model Box Speaker Aperiodic

Model Box Speaker Aperiodic

Hadir dengan ukuran yang bisa dibilang ideal sekali untuk audio mobil kesayangan, tidak jarang banyak yang menggunakan box speaker Aperiodic. Selain lebih unggul dalam hal ukuran dan desainnya, box speaker tersebut juga mampu menghasilkan suara yang lebih ngebass dan nendang.

Salah satu alasan kenapa box speaker ini bisa hasilkan suara audio yang mantap adalah karena model tersebut menggunakan selaput luar. Tujuannya, untuk memperkecil subwoofer dan meratakan impedansi yang keluar. Kelebihannya sebetulnya tak ada ukuran yang pasti, tetapi responnya sangat tipis sekali.

Namun meskipun demikian ternyata box speaker ini memiliki efisiensi yang lebih rendah, biasanya butuh subwoofer yang besar. Cara membuat box speaker tersebut bahkan lebih sulit dan butuh tuning yang tepat.

Model Box Speaker Reflex Bandpass

Model Box Speaker Reflex Bandpass

Uniknya, model box speaker untuk mobil satu ini memiliki bentuk yang tak biasa, yakni berbentuk sealed yang dipasangkan menjadi bentuk port. Tujuannya, tidak lain agar mendapat penyaring lowpass yang lebih sempurna.

Hal tersebut tentu saja akan semakin menambah efisiensi sampai bandpass atau digunakan pada frekuensi dari modelnya sendiri. Model box speaker mobil ini terdiri dari single reflex bandpass dan dual reflex bandpass. Keduanya butuh tuning yang tidak sama.

Namun meskipun demikian, box speaker Reflex Bandpass sangat ideal sekali untuk bandpass, yang nanti akan dibuat untuk menambah frekuensi dan menambah tenaga yang dihasilkan. Menjadi pilihan yang paling pas untuk tenaga power yang rendah. Sayangnya, distorinya cukup tinggi, subwoofer yang dimilikinya pun mudah rusak.

Model Box Speaker Labyrinth

Model Box Speaker Labyrinth

Ini adalah model box speaker mobil terbaik dari transmission line, yang kerap kali disebut – sebut sebagai jenis box yang di dalamnya ada sekat untuk memberikan output yang besar. Labyrinth memiliki bentuk dengan menggunakan port.

Kelebihan box speaker tersebut adalah bisa menghasilkan output yang maksimal pada frekuensi tertentu. Tapi sayangnya, box speaker ini ternyata sulit dalam pembuatannya.

Nah, itulah beberapa contoh model box speaker ideal untuk mobil yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post