Monday, August 5, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Beberapa orang ada yang merasa kurang puas dengan audio bawaan, alasannya tidak lain karena audio bawaan biasanya hanya mampu mengeluarkan suara yang kurang nendang. Bahkan bass-nya pun terbilang sangat standar sekali. Sehingga hal tersebut membuat sebagian orang harus mengganti speaker aktif lama dengan yang baru.

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil [Complete Guide]

Tak perlu khawatir, sebab sekarang sudah banyak dijual speaker aktif dari berbagai brand, bahkan apabila ingin yang lebih praktis kini Anda sudah bisa membelinya via online. Jika kebetulan Anda sudah membeli speaker aktif baru tetapi belum tahu bagaimana cara memasangnya, melalui artikel ini akan kami bagikan cara pasang speaker aktif di mobil yang mudah harus Anda tahu. Simak langkah - langkahnya di sini!

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil 

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil [Complete Guide]

Sebelum memulai memasang speaker aktif yang sudah Anda beli tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dulu beberapa komponen dan peralatan yang harus Anda siapkan, seperti head unit, power amplifier audio, subwoofer, obeng kembang, tang potong, selotip hitam, pengupas kabel, kunci bintang, pembuka listrik, dan kunci T insulox.

Jika semuanya sudah disiapkan, kini saatnya untuk mengikuti langkah memasang speaker aktif di mobil berikut ini. Tapi sebelumnya, pastikan Anda sudah mencari lokasi yang paling aman untuk meletakkan speaker aktif tersebut, bisa dibawah kursi jok mobil atau di bagasi mobil Anda.

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil [Complete Guide]

Langkah pertama

Langkah pertama cara pasang speaker aktif di mobil adalah dengan memastikan jarak antar kabel pada subwoofer amplifiernya memiliki ukuran yang pendek. Tujuannya, agar lebih mudah ketika proses pemasangan dilakukan.

Amplifier ini nanti akan mengambil arus daya yang cukup besar dari accu mobil atau sumber listrik. Makanya Anda harus memasangnya pada chasis mobil. Jika sudah, lanjutkan menghubungkan kabel remote dengan head unit dan kabel plus dengan accu mobil.

Langkah kedua

Untuk langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan head unit kemudian ikuti saja panduan pemasangan body kabel yang ada pada body head unit. Kemudian masukkan output audio dari head unit menuju power amplifier audio. Jika sudah, output dari power amplifier masuk ke pintu speaker dan subwoofer.

Jika Anda memang menginginkan suara yang lebih bagus lagi, maka Anda perlu melakukan penyettingan pada bagian power amplifier. Pertama – tama, power amplifier ini pada dasarnya punya empat buah channel, yang dibagi menjadi dua bagian, yakni dua front speaker dan dua rear speaker.

Sebagai langkah awalnya Anda perlu menyetting front speaker menggunakan high pass filter atau HPF, kemudian hubungkan saja dengan speaker mid range yang ada di pintu. Sehingga nanti akan ada empat buah speaker di tiap – tiap pintu mobil Anda. Sebab hanya ada dua output sehingga empat speaker di paralel menjadi dua channel.

Langkah ketiga

Apabila langkah tersebut sudah selesai Anda lakukan, maka selanjutnya adalah menyetting bagian rear speaker menggunakan low pass filter atau LPF. Kemudian hubungkan saja output dari rear speaker menggunakan speaker out woofer berukuran 12”.

Langkah keempat

Pada saat posisi head unitnya off atau mati, yakni ketika Anda tidak sedang mendengarkan musik, maka power amplifiernya pun harus dibuat off. Caranya mudah sekali, yakni dengan memperhatikan di bagian fitur head unit yang biasanya disebut dengan remote.

Remote di sini difungsikan sebagai alat untuk operasikan head unit dan power amplifier agar keduanya bisa selaras. Sehingga Anda harus memastikan bahwa kabel remote power amplifiernya sudah dihubungkan dengan benar ke power control yang ada di head unit.

Pada saat terubung, maka saat head unit dalam keadaan on atau hidup kabel tersebut secara otomatis kirimkan sinyal listrik yang berdaya rendah untuk memicu power amplifiernya agar ikut on.

Langkah kelima

Terakhir adalah memasang sekering atau fuse dari accu mobil. Pastikan jarak antara kabel sekering dan accu mobil adalah sekitar 30 cm. Usahakan agar jaraknya tidak terlalu dekat atau pun jauh dari lokasi panas mesin.

Apabila semua kabel sudah terpasang dengan baik dan benar, maka Anda harus mengikatnya dengan insulox agar tampak lebih rapi lagi.

Demikianlah cara pasang speaker aktif di mobil yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post