Tuesday, August 27, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Meskipun sudah ada banyak sekali cara membuat listrik dari magnet speaker di internet, tetapi faktanya beberapa panduan dalam pembuatan listrik dari magnet speaker tersebut tidak semuanya work. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami informasikan langkah mudahnya membuat listrik yang tentu saja bisa Anda coba praktekkan sendiri di rumah.
Cara Membuat Listrik dari Magnet Speaker
Menghasilkan listrik dari magnet speaker sederhana

Meskipun diantara Anda ada yang masih belum tahu cara membuat listrik menggunakan tenaga magnet speaker, tetapi kami yakin sekali Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis pembangkut listrik yang ada. Contohnya saja seperti pembakit listrik tenaga air atau yang disebut dengan PLTA, pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU, dan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS. Lantas, bagaimana mengenai pembangkit listrik dengan tenaga magnet satu ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Pada dasarnya pembangkit listrik tenaga magnet ini sudah ada dan dikenal sejak dulu. Meskipun untuk sekarang pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga magnet tersebut dalam penggunaannya masih ada dalam skala kecil, tetapi pada kenyataannya pembangkit listrik dari magnet masih sangat layak untuk digunakan. Tidak sama seperti pembangkit listrik jenis lain yang sudah dibuat dalam skala besar, atau massive untuk suplay listrik di beberapa tempat.

Makanya penting sekali bagi Anda untuk mengenai informasi lebih lengkapnya seputar pembangkit listrik tenaga magnet, sebelum akhirnya akan kami informasikan tentang cara membuat listrik dari magnet speaker yang mudah, dijamin 100% berhasil. Mulai dari prinsip kerja listrik tenaga magnet dan lain – lain. Jadi daripada semakin penasaran, baca dan simak informasi selengkapnya berikut ini.

Magnet memang menjadi bagian terpenting pada sebuah sistem pembangkit listrik. Tetapi meskipun demikian mungkin saja hanya pembangkit tenaga surya atau solar cell dan pembangkit listrik dari fuel cell saja yang sama sekali tidak menggunakan magnet dalam sistem pembangkitan listriknya. Alasannya, listrik akan langsung dihasilkan lewat proses fisis dan kimiawi pada material yang digunakannya.

Listrik dari tenaga magnet ini merupakan ide yang diciptakan oleh banyaknya peneliti asal Amerika dan Eropa, dimana mereka menyebutnya sebagai free energy generator. Sebab memang tidak butuh energi atau biaya cukup banyak untuk hasilkan listrik dan bisa berlangsung secara terus menerus diwaktu yang cukup lama pula.

Cara Membuat Listrik dari Magnet Speaker

Cara Membuat Listrik dari Magnet Speaker

Prinsip kerja dari pembangkit listrik menggunakan tenaga magnet tersebut terbilang sangat sederhana sekali. Intinya di sini adalah magnet digunakan untuk gerakkan turbin generator. Dengan begitu akan dihasilkan energi listrik dengan baik. Perputaran tersebut memanfaatkan gaya dari arah flux magnetik yang saling berlawanan, sehingga mampu membuat magnet lain bergerak.

Ketika flux magnet disusun sedemikian rupa, maka dapat memicu terjadinya pergrakan dari magnet lain. Sehingga yang demikian membuat perputaran yang terjadi bisa berlanjut secara terus – terusan. Dalam hal tersebut magnet berguna sebagai rotor, lalu magnet ini bisa disambungkan ke magnet lainnya yang berguna sebagai generator.

Lalu saat generator bekerja, energi dari putarannya akan dikonversikan menjadi energi listrik dalam jumlah tertentu. Besar energi listrik yang dihasilkan tentu sangat bergantung sekali dengan seberapa cepatnya putaran rotor magnet. Itu artinya semakin cepat putarannya, maka akan semakin besar energi listrik yang dihasilkan. Apabila Anda sudah tahu prinsip kerja pembangkit listrik dari magnet speaker, tentunya Anda juga bisa lebih mudah membayangkan bagaimana bentuk fisik alat tersebut.

Tetapi demikian, untuk memudahkan Anda dalam memahami pembangkit listrik dari magnet speaker, silakan simak panduan membuat pembangkit listrik dari magnet speaker berikut.

Bahan – bahan yang harus disiapkan

•    8 magnet bulat sebagai rotor, pilihlah ukuran paling ringan
•    1 magnet bekas speaker sebagai stator
•    1 rangka kincir, bisa dipilih yang dari aluminium atau kayu
•    1 LED
•    1 generator mini
•    Kayu
•    Kawat kumparan
•    Lem
•    Gunting

Langkah pembuata listrik dari magnet speaker

•    Pertama, silakan rangkai magnet rotor ke rangka kincir.
•    Jika sudah, pasangkan outputnya ke generator.
•    Untuk penyanggaannya Anda bisa menggunakan kayu atau aluminium.
•    LED bisa digunakan untuk mengetahui apa ada aliran listrik atau tidak.

Demikianlah cara membuat listrik dari magnet speaker yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post