Tuesday, August 6, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagi Anda penikmat musik, tentu saja membutuhkan perlengkapan audio yang berkualitas. FIY, elemen audio yang baik terdapat pada speaker. Di dalamnya terdapat berbagai bagian seperti tweeter dan woofer.

Tweeter adalah tempat keluarnya suara. Kualitas tweeter yang baik akan menghasilkan suara yang jernih. Sementara woofer berfungsi untuk memperkuat dentuman bass yang keluar. Kedua elemen tersebut bisa disatukan ke dalam sebuah box speaker.

Cara membuat speaker box yang bagus
Tips dan cara membuat speaker box yang bagus


Cara & Tips Membuat Box Speaker yang Bagus

Membuat kotak untuk sound system sebetulnya tidak sulit. Asalkan mengikuti panduan dan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda untuk membuat box speaker berkualitas jernih:

1. Jenis Box Speaker

Terdapat cukup banyak jenis box speaker yang dikenal di pasaran. Sebut saja mini scoop, hogscoop, planar, dan lain sebagainya. Tetapi, pada umumnya semua jenis box speaker menggunakan prinsip kerja sealed atau ported.

Jenis sealed adalah kotak tertutup, sehingga resonansi suara hanya terjadi di dalam box saja. Karakter suara box jenis ini bisa menghasilkan bunyi bass yang natural.

Namun begitu, jenis sealed membutuhkan banyak daya, hal ini karena suara terperangkap di dalam box. Biasanya amplifier ditambahkan untuk box jenis ini.

Sementara jenis ported alias terbuka, menawarkan daya yang lebih ringan. Karakter suara yang keluar bisa diatur sesuai selera. Karena memiliki lubang, maka resonansi suara akan terdengar lebih ‘cempreng’, sehingga seringnya tidak membutuhkan bantuan amplifier.
Pengaturan khusus biasanya meliputi level treble dan bass.

2. Bahan dan Konstruksi

Pada dasarnya, pemilihan bahan untuk membuat box speaker hanya terkait tentang bobot dan daya tahannya saja. Kayu papan mempunyai kelebihan yang lebih banyak ketika dijadikan box speaker.
Namun karena harganya yang mahal, banyak orang kemudian beralih ke papan triplek, yang kualitasnya tak berbeda jauh.

Apa pun pilihan bahannya, yang terpenting adalah konstruksi kotak penyimpan sound system tersebut. Anda harus memastikan bahwa ruang di dalamnya kedap udara, tak boleh ada celah sedikitpun.

Prinsip ini berlaku untuk tipe box sealed. Karena tipe ported menyisakan lubang di salah satu sisinya, maka tak mungkin kedap udara.

Nah, sambungan di semua sisi harus disatukan menggunakan paku atau bisa juga dengan sekrup. Supaya lebih rapat, titik sambung semua bagian kemudian dilapisi lem. Bisa menggunakan lem kayu, atau lem kaca.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan adanya sela untuk masuknya udara.
Selain itu untuk dalam box, hindari sudut 90 derajat, terutama untuk box speaker jenis miniscoop. Untuk mengakalinya, Anda bisa menambahkan sekat berbentuk diagonal, yang dipasang di sudut siku.

Selain untuk memperkuat konstruksi, hal ini juga bermanfaat untuk aliran resonansi suara yang lebih baik.

3. Gunakan Peredam Suara

Untuk menjaga ruang dalam box agar tetap kedap, disarankan untuk menambahkan peredam. Bahan yang biasa dipakai adalah busa atau karpet peredam khusus studio.

Toko perlengkapan audio biasanya menjual bahan-bahan peredam yang dimaksud. Penggunaan peredam ini dapat membantu suara bass agar terdengar lebih lembut tetapi tetap powerfull.

4. Ukuran

Anda perlu mengetahui di mana box speaker tersebut akan diletakkan. Sebab, luas ruangan menjadi salah satu faktor kualitas suara yang keluar. Sebagai gambaran, woofer berukuran 4 sampai 8 inch cocok untuk ruangan seluas 3x4 m.

Untuk penggunaan home theater, sah-sah saja jika ingin menggunakan woofer yang lebih besar. Yang terpenting angka frekuensi harus disesuaikan serendah-rendahnya.

Tujuannya tentu saja agar oputput yang akan dihasilkan makasimal, yakni suara tetap tetap keras dan nyaman untuk di dengar.

5. Finishing

Bagian luar box bisa dicat sesuai selera. Selain untuk mempercantik penampilan, lapisan cat juga membantu box speaker agar lebih tahan terhadap cuaca maupun kelembaban.
Cat yang terbaik adalah jenis cat tekstur. Karena, bahan cat ini tergolong mudah untuk dibersihkan dan tahan cukup lama.

Nah, itu tadi beberapa tips ampuh untuk membantu Anda membuat box speaker yang berkualitas. Tentunya, sound system terbaik adalah pintu keluar suara yang terbaik. Sehingga Anda bisa menikmati musik maupun film dengan kualitas tinggi, dari segi suara. Ikuti panduan diatas dan dapatkan box speaker terbaik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post