Sunday, July 21, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sebenarnya apapun bahan atau material yang digunakan untuk pembuatan triplex untuk box speaker pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tak terkecuali untuk bahan serbuk kayu yang akan kami ulaskan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Triplex untuk Box Speaker Berbahan Serbuk Kayu

Ya, di dunia sound system keberadaan box speaker ini pastinya memiliki peranan yang cukup penting sekali. Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa ada banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat box speaker, mulai dari triplex yang dibuat dari serbuk kayu, papan partikel mentah, partikel lapisan, MDF atau medium density fiberbroad, papan kayu asli, dan lain sebagainya.

Bahan yang digunakan untuk membuat box speaker ini nanti akan menentukan hasil suara dari speaker yang telah Anda buah. Makanya, sangat disarankan sekali agar Anda memilih bahan yang benar – benar terbaik, yakni tebal dan kokoh. Dengan begitu mampu menahan getaran dari speaker itu sendiri. Apabila box speaker yang Anda buat ternyata getar, maka sudah pasti hasil suara yang dikeluarkan akan terasa mengganggu telinga.

Kelebihan dan Kekurangan Triplex untuk Box Speaker Berbahan Serbuk Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Triplex untuk Box Speaker Berbahan Serbuk Kayu

Sebenarnya Anda lebih disarankan untuk memilih kayu dengan jenis multiplex. Sebab dipercaya lebih bagus dari bahan lainnya. Tetapi kayu dengan jenis tersebut ternyata dijual dengan harga mahal. Jika Anda memang tidak memiliki cukup uang untuk membelinya, maka Anda disarankan untuk memilih triplex dari bahan serbuk kayu.

Ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, penggunaan triplex untuk box speaker berbahan serbuk kayu ini tenryata juga cocok digunakan di lapangan dibandingkan jenis kayu yang lain. Menariknya, bahan sebuk kayu juga tahan hingga jangka waktu yang cukup lama.

Keuntungan triplex untuk box speaker berbahan serbuk kayu

•    Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan triplex berbahan sebruk kayu untuk pembuatan box speaker, salah satunya bahan tersebut diklaim lebih awet dan kokoh.

•    Tidak hanya itu, soal harga kayu berbahan serbuk kayu atau yang biasanya disebut dengan sowboad ini ternyata ditawarkan dengan kisaran harga lebih murah dari bahan multiplex atau bahan yang lainnya.

•    Penggunaan serbuk kayu untuk membuat box speaker juga lebih mudaah dibentuk. Sebab, kayu dengan bahan serbuk kayu ini tidak keras seperti multiplex sehingga mudah pada saat akan diukir.

Kekurangan triplex untuk box speaker berbahan serbuk kayu

•    Triplex yang dibuat dari serbuk kayu ternyata kurang cocok dipakai untuk pembuatan box speaker berdiameter besar. Alasannya, triplex dengan jenis ini tergolong cukup berat apabila diangkat, sehingga jika Anda membuatnya dengan diameter yang besar pastinya Anda akan sangat kerepotan pada saat akan mengangkatnya.

•    Tidak tahan air. Lalu untuk masalah satu ini Anda pastinya juga sudah tahu jika triplex yang dibuat dari bahan serbuk kayu memang tidak tahan air. Selain hal tersebut, pada saat terkena air maka beratnya sudah pasti akan bertambah hingga berlipat – lipat. Karena bahan tersebut memang bisa menyerap dan menyimpan air.

•    Tidak tahan hingga 10 tahun. Ya, triplex yang dibuat dari bahan serbuk kayu ternyata tidak bisa tahan hingga 10 tahun lamanya. Itu artinya, triplex tersebut akan hancur dengan sendirinya, sebab lem yang dipakai untuk membuat triplex tersebut memiliki masa atau umur.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan triplex untuk box speaker berbahan serbuk kayu. Semoga bisa bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post