Thursday, July 18, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Jika berbicara mengenai fungsi Elektrolit Condensator atau yang juga dikenal dengan sebutan Elco ini ada banyak sekali. Tetapi demikian, tentu saja penting untuk Anda tahu terlebih dulu bahwa pada dasarnya kapasitor menjadi salah satu komponen elektronika pasif, yang umumnya digunakan di hampir semua rangkaian elektronika. Baik itu untuk jenis elektronika yang sederhana maupun elektronika yang rumit sekalipun. Yang demikian tersebut memang tidak heran sebab kapasitor merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan cukup penting sekali.

Mengetahui Fungsi Elektrolit Condensator (Elco) Lebih Lengkapnya

Apabila diperhatikan lebih jauh lagi dari segi bentuknya, kapasitor atau yang juga disebut dengan kondensator ini punya banyak macam atau jenisnya. Mulai dari yang punya bentuk tabung hingga yang berbentuk pipih. Sementara itu apabila dilihat dari segi bahan atau material pembuatnya sendiri, ternyata kapasitor terdiri atas beberapa jenis. Contohnya saja seperti kapasitor keramik, kertas, mika, dan masih ada banyak lagi lainnya.

Fungsi Elektrolit Condensator (Elco) Lebih Lengkapnya

Penting juga untuk Anda tahu bahwa kapasitor ternyata masih dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni kapasitor tetap dan kapasitor variabel. Untuk jenis kapasitor tetap ini memiliki artian sebagai kapasitor yang punya nilai kapasitansi tidak bisa diubah – ubah. Lain halnya dengan jenis kapasitor variabel, yang merupakan jenis kapasitor dengan nilai kapasitansi yang bisa diubah – ubah. Lalu untuk satuan nilai dari kapasitornya sendiri adalah Farad atau “F”.

Lalu apa hubungannya kapasitor tersebut dengan Elektrolit Condensator (Elco)? Elektrolit Condesator atau Elco ini ternyata salah satu jenis kapasitor yang memiliki dua buah kutup di bagian kaki – kakinya. Jenis kapasitor tersebut bahkan sering sekali disebut dengan kapasitor polar.

Sehingga untuk proses pemasangannya sendiri ternyata tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi jika sampai terbalik. Alasannya, karena kaki satu dengan kaki yang lain berbeda. Sebuah Elektrolit Condensator punya dua buah kaki, yakni kaki (-) dan kaki (+). Anda tentu saja dapat menemukan Elco dengan sangat mudah, misalnya saja pada rangkaian – rangkaian elektronika, seperti Power Supply dan masih ada banyak lagi.

Perlu untuk Anda tahu juga bahwa tiap Elco tentu saja memiliki tegangan masing – masing yang berbeda. Umumnya pada bagian bodinya sudah tertulis secara jelas batasan tegangan maksimalnya. Apabila tegangan yang mengalir ke Elco ternyata lebih dari batas yang telah ditentukan, maka kemungkinan Elco tersebut akan alami kerusakan. Buruknya lagi, Elco akan meledak. Jadi, sangat disarankan sekali agar Anda lebih memperhatikan dalam hal penggunaan komponen elektronika satu ini.

Lalu apa fungsi Elektrolit Condensator (Elco)? Biasanya sebuah Elco memiliki peranan penting atau fungsi untuk menyimpan arus listrik DC. Tetapi demikian, faktanya dalam prakteknya sendiri Elco ternyata punya fungsi yang lebih beragam, apa saja itu? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

•    Fungsi Elco yang pertama adalah sebagai filter atau penyaring yang sempurna. Umumnya Elco juga digunakan pada sistem radio, televisi, amplifier, dan lain sebagainya. Filter pada radio biasanya digunakan untuk menyaring atau pun menghambat gangguan – gangguan yang datangnya dari luar.

•    Sebagai kopling atau penghubung amplifier di tingkat yang rendah menuju ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

•    Lalu pada lampu neon sendiri ternyata Elco berfungsi sebagai kapasitor untuk menghemat penggunaan daya listrik.

•    Terakhir, dalam rangkaian antena, fungsi kapasitor ini adalah sebagai pembangkit frekuensi.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang fungsi Elektrolit Condensator (Elco) lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post