Saturday, July 13, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagaimana cara membuat box speaker bass jauh? Sebenarnya untuk membuat box speaker bass jauh ini bukanlah perkara yang mudah. Namun demikian, pada kenyataannya sampai sekarang masih ada banyak orang yang tidak mengetahui cara – cara membuatnya. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, sebab melalui artikel ini akan kami bocoran langkah mudah dan benar membuat box speaker bass jauh.
Membuat Box Speaker Bass Jauh
Membuat Box Speaker Bass Jauh

Namun sebelumnya penting untuk Anda tahu pula bahwa box speaker atau yang juga disebut dengan loudspeaker enclosure ini merupakan sejenis elemen yang ada pada sistem suara. Memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya, karena berperan sebagai pendukung speaker. Keberadaan box speaker dijadikan sebagai ujung tombak agar audio bisa sampai ke telinga kita.

Intinya seperti ini, box speaker digunakan agar bisa mengatur suara yang diproduksi laudspeaker, khususnya untuk mencegah suara yang keluar dari diafragma belakang hingga akhirnya menyebar dan berinteraksi dengan gelombang suara yang keluar dari depan diafragma.

Cara Membuat Box Speaker Bass Jauh yang Benar

Penting sekali untuk Anda ketahui bahwa untuk cara membuat box speaker bass jauh ini ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Tetapi demikian, satu hal yang paling penting di sini adalah bagaimana cara dari box speaker tersebut dapat menangani gelombang suara yang ada di belakang loudspeaker. Tentu saja untuk mencapai tujuan diperlukan untuk memahami hal – hal yang ada kaitannya dengan box speaker bass jauh berikut ini.

Jenis box speaker bass jauh

Ada banyak sekali kreasi box speaker bass jauh yang biasanya digunakan, yakni mini scoop, hogscoop, planar horn, dan masih ada banyak lagi. Tetapi demikian pada dasarnya jenis tersebut lebih mengacu pada tipe dasar box, yakni sealed dan ported atau pun bass reflex.

Desain standar box speaker bass jauh

Tipe box sealed dan ported nanti akan menghasilkan karakter berbeda yang lebih mengacu pada bagaimana cara optimalisasikan frekuensi low yang dapat dihasilkan oleh loudspeaker. Tipe tersebut pada dasarnya punya kelebihan dan kekurangannya.

Volume box speaker bass jauh

Penting juga untuk Anda tahu bahwa volume box speaker ini sebetulnya tidak baku. Alasannya semakin besar box speaker tersebut maka gain suara low yang direproduksi tentu saja akan jadi semakin besar pula. Akan tetapi demikian tetap ada pertimbangan tertentu yang harus diperhatikan, tak terkecuali mengenai karakter yang diinginkan hingga mengenai masalah biaya.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, lantas bagaimana cara membuat box speaker bass jauh yang benar agar mendapatkan hasil yang bagus? Gelombang suara adalah bunyi dan tidak akan pernah bisa disimulasikan dengan mesin. Meksipun pada dasarnya ada banyak sekali software atau aplikasi tertentu yang dapat digunakan untuk hitung volume box speaker dalam menentukan gain frekuensi rendah, akan tetapi pada kenyataannya pengujian secara live tetap harus dilakukan.

Alasannya, sebab hanya telinga yang dapat menilainya secara akurat. Cara untuk mengujinya adalah dengan mengurangi volume box sedikit demi sedikit hingga akhirnya bisa temukan karakter suara yang diinginkan. Tetapi demikian, juga ada beberapa volume box speaker yang dapat disesuaikan dengan ukuran dari speaker yang kerap kali dianggap sebagai ukuran standar.


Dan berikut ini adalah cara mudahnya menghitung volume box speaker bass jauh yang penting untuk Anda ketahui. Misalnya saja dari daftar di atas box khusus untuk speaker 15” adalah 150 liter untuk karakter subwoofer. Maka didapatkan rumus menghitung volume atau isi sebagai berikut.

= panjang x lebar x tinggi
= 50 cm x 50 cm x 60 cm
= (50 x 50 x 50) dm3
= 150.000 dm3
= 150 liter

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membuat box speaker bass jauh yang benar. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post