Friday, May 24, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Pada saat Anda belajar tentang SEO, pastinya di dalamnya Anda juga harus mengenal backlink. Bagi Anda para pemula tentu saja bingung atau belum begitu paham mengenai apa yang disebut dengan backlink. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan pengertian backlink itu sendiri, disini Anda akan diajak untuk mengenal apa itu Backlink.
Mengenal jenis backlink
Mengenal jenis backlink

Mulai dari pengertian, kriteria backlink yang berkualitas dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apa lagi? Buat Anda yang baru saja belajar tentang SEO, berikut ini berbagai macam hal yang berkaitan dengan backlink.

Pengertian Backlink

Apa yang disebut dengan backlink? Pengertian dari backlink yakni sebuah tautan (link) yang berasal dari website lain dan menuju website milik Anda dengan memanfaatkan anchor text tertentu.

Adanya backlink tentu memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam penentu peringkat dari sebuah website pada SERPs Google. Satu hal yang sangat penting dan harus perhatikan ialah, supaya backlink yang Anda pasang dan gunakan tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap website, pastikan bahwa backlink yang digunakan berkualitas.

Itu dia pengertian dari backlink yang harus Anda pahami dengan baik dan benar. Saat ini, hadirnya Link Building memiliki peranan yang teramat sangat penting hingga waktu yang tidak bisa diperkirakan. Nah, agar Anda memahami bahwa penggunaan Link Building tersebut amat sangat penting, maka Anda harus memahami dengan baik bagaimana backlink itu dibuat.

Tak hanya itu, bahkan Anda juga harus memahami bagaimana mesin pencari yakni seperti Google dapat melihat backlink dan apa yang bisa diinterpretasikan oleh mesin pencari Google terhadap backlink yang Anda buat.

Oleh karena itu, ada banyak hal yang harus Anda pahami dengan baik dan benar tentang backlink. Inilah yang membuat mengenal apa itu Backlink merupakan hal yang wajib untuk dipelajari. Selain mengetahui dengan benar pengertiannya, Anda juga harus memahami komponen apa saja yang ada di dalam backlink. Ada apa sajakah itu? Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasannya untuk Anda.

Komponen-Komponen yang Ada di Backlink:

  • Tag Link
Komponen yang pertama yaitu adanya tag link. Tag link ini juga biasa disebut dengan tag anchor, yang mana umumnya dimulai dengan simbol atau huruf “<a”. tag link ini adalah bagian pembuka pada tag backlink yang mana berfungsi untuk memberikan informasi pada sebuah mesin pencari. Selain itu, komponen yang satu ini juga berguna untuk pergi ke halaman lainnya.

  • Anchor Text of
Apa yang disebut dengan anchor text of? Komponen tersebut adalah sebuah anchor yang tampak oleh pengguna dan berada di halaman website. Pada saat pengguna melakukan klik pada anchor tersebut, maka akan langsung diarahkan untuk menuju ke halaman link referral location.

Umumnya, bentuk dari anchor yang satu ini akan diberikan sebuah format dari teks biasa. Tak hanya itu, anchor tersebut juga berwarna biru dengan garis bawah. Nah,. Dengan adanya format tersebut ini membantu pengguna agar mengetahui jika anchor tersebut digunakan untuk menuju ke suatu halaman tertentu.

Untuk contoh dari anchornya seperti ini: “Belajar membuat website WordPress”. Nah, kata yang berada di dalam tanda kutip tersebut yang dinamakan dengan anchor. Anchor itu yang nantinya diklik oleh pengguna untuk bisa pergi ke halaman lain.

  • Link Referal Location
Jenis komponen ketiga adalah link referral location. Komponen tersebut umumnya diawali dengan sebuah kode “href”, yang merupakan singkatan dari “hyperlink referral”. Bentuk dari kode yang satu ini secara umum ialah sebagai berikut:

href="https://www.navi.id"

Kata yang berwarna biru dan bergaris bawah tersebut merupakan link rujukan atau link tujuan untuk bisa menuju ke halaman website lain. Kata yang berwarna biru dan bergaris bawah tersebut tidak selalu berupa link halaman. Akan tetapi, juga bisa berupa link video, gambar ataupun link download.

  • Closure of Link Tag
Komponen yang terakhir adalah closure of link tag. Apa yang dimaksud dengan komponen tersebut? Closure of link tag digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah mesin pencari dan memberitahu jika ini merupakan akhir dari backlink yang dipasang pada website tersebut. Umumnya, untuk closure of link tag tersebut  memiliki format seperti “</a>.

Dengan adanya keempat komponen tersebut tentu saja membuat  backlink menjadi bagian yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah website ataupun blog. Dalam mengenal apa itu Backlink, banyak hal yang harus Anda pelajari. Lalu, apalagi yang harus Anda pelajari dari backlink ini sendiri?

Kegunaan Backlink

Anda pasti sudah mengetahui kegunaan secara umum dari backlink yang satu ini, yaitu digunakan untuk menuju ke halaman website yang lain. Namun, apakah Anda juga mengetahui kegunaan lain yang dimiliki oleh backlink itu sendiri? Agar Anda lebih paham mengenai manfaat dari backlink, berikut pembahasannya.
  1. Digunakan untuk bisa menemukan halaman yang baru.
  2. Membantu untuk bisa menilai sebuah halaman serta memberikan peringkat yang tepat bagi halaman website yang sedang dibuka.
Namun, ada satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa sebelum memberikan peringkat terhadap suatu halaman, hal pertama yang akan dilakukan oleh Google ialah dengan melakukan penelusuran pada setiap halaman yang terhubung. Setelah itu, Google akan menyimpannya pada database.

Jika sudah, baru Google akan memutuskan mana halaman yang layak dan pantas untuk diberikan peringkat terbaik. Pada saat menilai sebuah halaman ini, mesin pencari seperti Google tentu saja tak cukup menilai tentang isi halaman, namun juga backlink (link internal) yang ditujukan untuk mengarah ke halaman yang berbeda.

Kriteria Backlink yang Berkualitas

  • Harus Relevan
Kriteria pertama yang harus dipenuhi oleh sebuah backlink ialah harus relevan. Mengapa? Domain serta halaman yang digunakan sebagai tempat backlink tersebut haruslah memiliki topik yang sama atau saling berkaitan dengan website yang Anda buat.

  • Backlink Berasal dari Real Website
Real website yang dimaksud ialah sebuah backlink yang berasal dari sebuah website dan mempunyai pengunjung. Pengunjung yang dimaksud baik dari halaman lain ataupun halaman tempat untuk memasang backlink.

  • Backlink Harus Berasal dari Website Authority
Ini juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan dan tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Jika Anda menggunakan backlink yang berasal dari website authority tersebut, maka hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan peringkat website yang ada pada SERPs.

Beberapa contoh backlink yang berasal dari website authority adalah Okezone, Detik, Wikipedia serta masih banyak yang lainnya.

  • Variasi dari Anchor Text
Kriteria keempat dari backlink yang berkualitas adalah anchor text yang bervariasi. Namun, jika Anda sembarangan dalam menggunakan anchor text tersebut, justru akan memberikan dampak yang buruk dan sangat beresiko untuk bisa mendapatkan hukuman dari Google. Jadi, Anda harus menggunakannya dengan porsi yang sesuai dan terukur.

Dengan mengenal apa itu Backlink tentu akan sangat membantu Anda terutama para pemula yang baru saja belajar tentang SEO. Nah, mudah bukan? Yang terpenting adalah Anda harus memahaminya dengan baik agar tidak mendapatkan hukuman dari Google.

Next article Next Post
Previous article Previous Post